بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ
اللهُم َّصلِّ علٰى سَيِّدنا مُحَمّدٍ عبدِكَ وَنبيِّكَ ورسولِكَ النَّبيِّ الاُمِيّ وَعلٰى اٰلهِ وَصَحْبِهِ وسَلِّم تسليماً بقدرِ عظمةِ ذاَتِكَ في كـُلِّ وَقتٍ وَحيـنٍ
{ وَإِذَا قِيلَ لَهُمْ
تَعَالَوْاْ إلى مَا أَنزَلَ الله } في القرآن من الحكم { وَإِلَى الرسول } ليحكم
بينكم { رَأَيْتَ المنافقين يَصُدُّونَ } يعرضون { عَنكَ } إلى غيرك { صُدُوداً }
.
061. (Dan apabila dikatakan kepada mereka, marilah kamu kembali kepada
apa yang diturunkan Allah) dalam Alquran berupa hukum-hukum (dan kepada rasul)
agar dapat mengadili kamu (maka kamu lihat orang-orang munafik berpaling
daripadamu) kepada yang lain (sejadi-jadinya.)
{ فَكَيْفَ } يصنعون { إِذَا
أصابتهم مُّصِيبَةٌ } عقوبة { بِمَا قَدَّمَتْ أَيْدِيهِمْ } من الكفر والمعاصي أي
أيقدرون على الإعراض والفرار منها؟ لا { ثُمَّ جَاءوكَ } معطوف على ( يصدّون ) {
يَحْلِفُونَ بالله إِنْ } ما { أَرَدْنَا } بالمحاكمة إلى غيرك { إِلاَّ إِحْسَاناً
} صلحاً { وَتَوْفِيقاً } تأليفاً بين الخصمين بالتقريب في الحكم دون الحمل على
مُرِّ الحق .
062. (Maka betapa jadinya) dan apa yang akan mereka perbuat (jika mereka
ditimpa oleh musibah) atau hukuman (disebabkan perbuatan tangan mereka) berupa
perbuatan-perbuatan maksiat dan kekafiran, apakah mereka mampu berpaling dan
melarikan diri daripadanya? Tentu saja tidak! (Kemudian mereka datang kepadamu)
diathafkan kepada yashudduuna (sambil bersumpah atas nama Allah, "Tidaklah kami
kehendaki) dengan bertahkim kepada orang lain (kecuali penyelesaian) atau
perdamaian (dan kerukunan) di antara dua pihak yang bermusuhan dengan mengadakan
pendekatan-pendekatan terhadap hukum dan bukan menyamarkan perkara yang
benar."
{ أُولَئِكَ الذين يَعْلَمُ
الله مَا فِى قُلُوبِهِمْ } من النفاق وكذبهم في عذرهم { فَأَعْرِضْ عَنْهُمْ }
بالصفح { وَعِظْهُمْ } خَوِّفْهُم اللهَ { وَقُل لَّهُمْ فِى } شأن { أَنفُسِهِمْ
قَوْلاً بَلِيغاً } مؤثراً فيهم أي ازجرهم ليرجعوا عن كفرهم .
063. (Mereka itu adalah orang-orang yang diketahui Allah isi hati
mereka) berupa kemunafikan dan kedustaan mereka dalam mengajukan alasan (maka
berpalinglah kamu dari mereka) dengan memberi mereka maaf (dan berilah mereka
nasihat) agar takut kepada Allah (serta katakanlah kepada mereka tentang)
keadaan (diri mereka perkataan yang dalam) artinya yang berbekas dan
mempengaruhi jiwa, termasuk bantahan dan hardikan agar mereka kembali dari
kekafiran.
{ وَمَا أَرْسَلْنَا مِن
رَّسُولٍ إلاَّ لِيُطَاعَ } فيما يأمر به ويحكم { بِإِذُنِ الله } بأمره لا
ليُعْصَى ويُخَالف { وَلَوْ أَنَّهُمْ إِذ ظَّلَمُواْ أَنفُسَهُمْ } بتحاكمهم إلى
الطاغوت { جاءُوك } تائبين { فاستغفروا الله واستغفر لَهُمُ الرسول } فيه التفات عن
الخطاب تفخيماً لشأنه { لَوَجَدُواْ الله تَوَّاباً } عليهم { رَّحِيماً } بهم
.
064. (Dan Kami tidak mengutus seorang rasul kecuali untuk ditaati)
segala yang diperintahkan dan diputuskannya (dengan izin Allah) dengan
perintah-Nya; jadi bukan untuk ditentang atau didurhakai. (Dan sekiranya mereka
ketika menganiaya kepada diri mereka itu) dengan bertahkim kepada tagut (segera
datang kepadamu) dengan bertobat (lalu memohon ampun kepada Allah dan rasul pun
memohonkan ampun untuk mereka) di sini terdapat peralihan arah pembicaraan demi
meninggikan kedudukannya (tentulah akan mereka temui Allah Maha Penerima tobat)
terhadap mereka (lagi Maha Penyayang) kepada mereka.
{ فَلاَ وَرَبّكَ } «لا» زائدة
{ لاَ يُؤْمِنُونَ حتى يُحَكّمُوكَ فِيمَا شَجَرَ } اختلط { بَيْنَهُمْ ثُمَّ لاَ
يَجِدُواْ فِى أَنفُسِهِمْ حَرَجاً } ضيقاً أو شكاً { مّمَّا قَضَيْتَ } به {
وَيُسَلّمُواْ } ينقادوا لحكمك { تَسْلِيماً } من غير معارضة .
065. (Maka demi Tuhanmu) la menjadi tambahan (mereka tidaklah beriman
sebelum menjadikanmu sebagai hakim tentang urusan yang menjadi pertikaian) atau
sengketa (di antara mereka kemudian mereka tidak merasakan dalam hati mereka
suatu keberatan) atau keragu-raguan (tentang apa yang kamu putuskan dan mereka
menerima) atau tunduk kepada putusanmu itu (dengan sepenuhnya) tanpa bimbang
atau ragu.
{ وَلَوْ أَنَّا كَتَبْنَا
عَلَيْهِمْ أَنِ } مفسِّرة { اقتلوا أَنفُسَكُمْ أَوِ اخرجوا مِن دياركم } كما
كتبنا على بني إسرائيل { مَّا فَعَلُوهُ } أي المكتوب عليهم { إِلاَّ قَلِيلٌ }
بالرفع على البدل والنصب على الاستثناء { مِّنْهُمْ وَلَوْ أَنَّهُمْ فَعَلُواْ مَا
يُوعَظُونَ بِهِ } من طاعة الرسول صلى الله عليه وسلم { لَكَانَ خَيْراً لَّهُمْ
وَأَشَدَّ تَثْبِيتاً } تحقيقاً لإيمانهم .
066. (Dan seandainya Kami wajibkan kepada mereka) an sebagai penafsiran
("Bunuhlah dirimu," atau, "Keluarlah kamu dari kampungmu,") sebagaimana telah
Kami lakukan terhadap Bani Israel (tidaklah mereka akan melakukannya) apa yang
diharuskan itu (kecuali sebagian kecil) dibaca marfu` sebagai badal dan manshub
sebagai mustatsna (di antara mereka. Dan sekiranya mereka melakukan apa yang
dinasihatkan kepada mereka itu) yakni menaati Rasul (tentulah hal itu lebih baik
bagi mereka dan lebih menguatkan) lebih memantapkan keimanan mereka.
{ وَإِذَاً } أي لو ثبتوا {
لأتيناهم مّن لَّدُنَّا } من عندنا { أَجْراً عَظِيماً } هو الجنة .
067. (Dan jika demikian halnya) artinya jika mereka teguh dalam
pendirian (tentulah akan Kami berikan kepada mereka dari sisi Kami pahala yang
besar) yakni surga.
{ ولهديناهم صراطا
مُّسْتَقِيماً } قال بعض الصحابة للنبي صلى الله عليه وسلم : كيف نراك في الجنة
وأنت في الدرجات العلا ونحن أسفل منك؟ فنزل .
068. (Dan tentulah akan Kami bimbing mereka ke jalan yang lurus). Kata
sebagian sahabat kepada Nabi saw., "Betapa caranya kami dapat melihat baginda
dalam surga padahal baginda berada pada tingkat yang tinggi sedangkan kami di
tingkat bawah?" Maka turunlah ayat:
{ وَمَن يُطِعِ الله والرسول }
فيما أمر به { فَأُوْلَئِكَ مَعَ الذين أَنْعَمَ الله عَلَيْهِم مّنَ النبيين
والصديقين } أفاضل أصحاب الأنبياء لمبالغتهم في الصدق والتصديق { والشهداء } القتلى
في سبيل الله { والصالحين } غير من ذكر { وَحَسُنَ أُولَئِكَ رَفِيقاً } رفقاء في
الجنة بأن يستمتع فيها برؤيتهم وزيارتهم والحضور معهم وإن كان مقرّهم في الدرجات
العالية بالنسبة إلى غيرهم .
069. (Dan siapa yang menaati Allah dan Rasul) tentang apa yang
dititahkan keduanya (maka mereka itu bersama orang-orang yang diberi karunia
oleh Allah, yaitu golongan nabi-nabi dan shiddiqin) sahabat-sahabat utama dari
para nabi-nabi dan rasul-rasul yang membenarkan dan amat teguh kepercayaan
kepada mereka (para syuhada) orang-orang yang gugur syahid di jalan Allah (dan
orang-orang saleh) yakni selain dari yang telah disebutkan itu. (Dan mereka
itulah teman-teman yang sebaik-baiknya) maksudnya teman-teman dalam surga karena
dapat melihat wajah mereka, berkunjung dan menghadiri majelis mereka walaupun
tempat mereka jika dibandingkan dengan golongan-golongan lainnya lebih tinggi
dan lebih mulia.
{ ذلك } أي كونه مع مَنْ ذكر
مبتدأ خبره { الفضل مِنَ الله } تفضل به عليهم لا أنهم نالوه بطاعتهم { وكفى بالله
عَلِيماً } بثواب الآخرة أي فثقوا بما أخبركم به { وَلاَ يُنَبّئُكَ مِثْلُ خَبِيرٍ
} .
070. (Demikian itu) artinya keadaannya bersama orang-orang yang
disebutkan itu, menjadi mubtada sedangkan khabarnya ialah (karunia dari Allah)
yang dianugerahkan-Nya kepada mereka, jadi bukan hasil dari ketaatan mereka
sendiri. (Dan Allah cukup mengetahui) tentang pahala-pahala di akhirat, maka
percayalah kamu kepada-Nya karena tak ada lagi yang lebih berwenang dalam
penyampaian berita itu daripada-Nya.
{ ياأيها الذين ءامَنُواْ
خُذُواْ حِذْرَكُمْ } من عدوّكم أي احترزوا منه وتيقظوا له { فانفروا } انهضوا إلى
قتاله { ثُبَاتٍ } متفرّقين سرية بعد أخرى { أَوِ انفروا جَمِيعاً } مجتمعين
.
071. (Hai orang-orang yang beriman, waspadalah kamu) terhadap
musuh-musuhmu; artinya bersiap-siaplah dan berhati-hatilah menghadapi mereka
(dan majulah kamu secara berkelompok-kelompok) atau terpisah-pisah pasukan demi
pasukan (atau majulah secara bersama-sama) dalam satu pasukan besar.
{ وَإِنَّ مِنْكُمْ لَمَن
لَّيُبَطّئَنَّ } ليتأخرنّ عن القتال كعبد الله بن أُبيّ المنافق وأصحابه وجعله
منهم من حيث الظاهر واللام في الفعل للقسم { فَإِنْ أصابتكم مُّصِيبَةٌ } كقتل
وهزيمة { قَالَ قَدْ أَنْعَمَ الله عَلَىَّ إِذْ لَمْ أَكُنْ مَّعَهُمْ شَهِيداً }
حاضراً فأُصاب .
072. (Dan sungguh di antara kamu ada orang yang berlambat-lambat) atau
bersikap lamban menghadapi peperangan, seperti Abdullah bin Ubai si munafik dan
kawan-kawannya itu. Dia dianggap termasuk golongan munafik melihat sikap dan
tindakan-tindakannya. Lam yang terdapat pada kata kerja berarti sumpah. (Jika
kamu ditimpa musibah) seperti terbunuh atau kekalahan (maka katanya,
"Sesungguhnya Allah telah memberi nikmat kepadaku sehingga aku tak ikut hadir
bersama mereka) yang akan menyebabkanku ditimpa musibah pula.
{ وَلَئِنِ } لام قسم { أصابكم
فَضْلٌ مِنَ الله } كفتح وغنيمة { لَّيَقُولَنَّ } نادماً { كَأنَ } مخففة واسمها
محذوف أي كأنه { لَمْ يَكُنِ } بالياء والتاء { بَيْنَكُمْ وَبَيْنَهُ مَوَدَّةٌ }
معرفة وصداقة وهذا راجع إلى قوله : « قَدْ أَنْعَمَ الله عَلَىَّ » اعتُرِضَ به بين
القول ومقوله وهو { يَا } للتنبيه { لَيْتَنِى كُنتُ مَعَهُمْ فَأَفُوزَ فَوْزاً
عَظِيماً } آخذ حظاً وافراً من الغنيمة .
073. (Dan sungguh jika) lam menunjukkan sumpah (kamu beroleh karunia
dari Allah) seperti kemenangan atau harta rampasan (tentulah dia akan berkata)
sambil menyesal (seolah-olah) ditakhfifkan sedangkan isimnya dibuang dan
diperkirakan berbunyi kaannahu artinya seolah-olah (belum pernah ada) pakai ya
atau ta (di antaramu dengannya kasih sayang) artinya perkenalan dan
persahabatan. Dan ini kembali kepada ucapannya tadi, 'Aku telah memberi nikmat
kepadaku,' yang diselangnya di antara ucapan itu dengan perkataannya sekarang
ini, yaitu (Wahai) sebagai kata peringatan (sekiranya aku berada bersama mereka
tentu aku akan mendapat keberuntungan yang besar pula.") maksudnya beroleh harta
rampasan yang banyak. Firman Allah swt.:
{ فَلْيُقَاتِلْ فِى سَبِيلِ
الله } لإِعلاء دينه { الذين يَشْرُونَ } يبيعون { الحياة الدنيا بالاخرة وَمَنْ
يقاتل في سَبِيلِ الله فَيُقْتَلْ } يستشهد { أَو يَغْلِبْ } يظفر بعدوّه {
فَسَوْفَ نُؤْتِيهِ أَجْراً عَظِيماً } ثواباً جزيلاً .
074. (Maka hendaklah berperang di jalan Allah) demi untuk meninggikan
agama-Nya (orang-orang yang membeli) artinya menukar (kehidupan dunia dengan
akhirat. Siapa yang berperang di jalan Allah lalu ia gugur) mati syahid (atau
memperoleh kemenangan) terhadap musuhnya (maka nanti akan Kami beri ia pahala
yang besar.)
{ وَمَا لَكُمْ لاَ تقاتلون }
استفهام توبيخ أي لا مانع لكم من القتال { فِى سَبِيلِ الله } في تخليص {
المستضعفين مِنَ الرجال والنساء والولدان } الذين حبسهم الكفار عن الهجرة وآذوهم
قال ابن عباس رضي الله عنهما : كنت أنا وأمي منهم { الذين يَقُولُونَ } داعين يا {
رَبَّنَا أَخْرِجْنَا مِنْ هذه القرية } مكة { الظَّالِمِ أَهْلُهَا } بالكفر {
واجعل لَّنَا مِن لَّدُنْكَ } من عندك { وَلِيّاً } يتولى أمورنا { واجعل لَّنَا
مِن لَّدُنْكَ نَصِيراً } يمنعنا منهم وقد استجاب الله دعاءهم فيسر لبعضهم الخروج
وبقي بعضهم إلى أن فتحت مكة وولى صلى الله عليه وسلم عتاب بن أُسيد فأنصف مظلومهم
من ظالمهم .
075. (Mengapa kamu tak hendak berperang) pertanyaan yang berarti celaan;
maksudnya tak ada halangannya bagi kamu untuk berperang (di jalan Allah dan)
untuk membebaskan (golongan yang lemah baik laki-laki, wanita maupun anak-anak)
yakni yang ditahan oleh orang-orang kafir buat berhijrah dan yang dianiaya
mereka. Berkata Ibnu Abbas r.a., "Saya dan ibu saya termasuk golongan ini,"
(yang mengatakan) atau berdoa, "Wahai (Tuhan kami! Keluarkanlah kami dari negeri
ini) Mekah (yang penduduknya aniaya) disebabkan kekafiran (dan berilah kami dari
sisi-Mu seorang pelindung) yang akan mengatur urusan kami (dan berilah kami dari
sisi-Mu seorang pembela.") yang mempertahankan kami terhadap mereka. Allah telah
mengabulkan permohonan mereka ini, maka dimudahkan-Nya sebagian mereka itu untuk
keluar sedangkan sisanya tinggal di Mekah sampai kota itu berhasil dibebaskan
lalu Nabi saw. mengangkat Itab bin Usaid sebagai penguasa di Mekah, maka
dibelanya orang-orang teraniaya dari penganiaya-penganiayanya.
{ الذين ءَامَنُواْ يقاتلون فِى
سَبِيلِ الله والذين كَفَرُواْ يقاتلون فِى سَبِيلِ الطاغوت } الشيطان { فقاتلوا
أَوْلِيَاءَ الشيطان } أنصار دينه تغلبوهم لقوتكم بالله { إِنَّ كَيْدَ الشيطان }
بالمؤمنين { كَانَ ضَعِيفاً } واهياً لا يقاوِم كيد الله بالكافرين .
076. (Orang-orang yang beriman berperang di jalan Allah sedangkan
orang-orang kafir berperang di jalan tagut) setan. (Maka perangilah anak buah
setan itu) maksudnya penyokong-penyokong agamanya niscaya kamu akan beroleh
kemenangan karena kekuatanmu dengan Allah. (Sesungguhnya tipu daya setan)
terhadap orang-orang beriman (adalah lemah) tidak akan dapat mengatasi siasat
Allah terhadap orang-orang kafir itu.
{ أَلَمْ تَرَ إِلَى الذين
قِيلَ لَهُمْ كُفُّواْ أَيْدِيَكُمْ } عن قتال الكفار لما طلبوه بمكة لأذى الكفار
لهم وهم جماعة من الصحابة { وَأَقِيمُواْ الصلاوة وَءَاتُواْ الزكاوة فَلَمَّا
كُتِبَ } فرض { عَلَيْهِمُ القتال إِذَا فَرِيقٌ مّنْهُمْ يَخْشَوْنَ } يخافون {
الناس } الكفار أي عذابهم بالقتل { كَخَشْيَتِ } هم عذاب { الله أَوْ أَشَدَّ
خَشْيَةً } من خشيتهم له ونصب «أشد» على الحال وجواب «لما» دل عليه ( إذا ) وما
بعدها أي فاجأتهم الخشية { وَقَالُواْ } أي جزعاً من الموت { رَبَّنَا لِمَ
كَتَبْتَ عَلَيْنَا القتال لَوْلا } هلاَّ { أَخَّرْتَنَا إلى أَجَلٍ قَرِيبٍ قُلْ
} لهم { متاع الدنيا } ما يتمتع به فيها أو الاستمتاع بها { قَلِيلٌ } آيل إلى
الفناء { والاخرة } أي الجنة { خَيْرٌ لّمَنِ اتقى } عقاب الله بترك معصيته { وَلاَ
تُظْلَمُونَ } بالتاء والياء تنقصون من أعمالكم { فَتِيلاً } قدر قشرة النواة
فجاهدوا .
077. (Tidakkah kamu perhatikan orang-orang yang dikatakan kepada mereka,
"Tahanlah tanganmu) dari memerangi orang-orang kafir tatkala hal itu mereka
tuntut di Mekah disebabkan penganiayaan orang-orang kafir terhadap mereka. Dan
mereka ini ialah segolongan sahabat (dan dirikanlah salat serta bayarkanlah
zakat." Maka setelah diwajibkan atas mereka berperang tiba-tiba sebagian dari
mereka takut kepada manusia) maksudnya kepada orang-orang kafir disebabkan
tindakan dan keberanian mereka dalam peperangan itu (seperti menakuti) siksa
(Allah bahkan lebih takut lagi) daripada itu. Asyadda dibaca manshub karena
menjadi hal juga sebagai jawaban terhadap apa yang ditunjukkan oleh idzaa dan
yang sesudahnya artinya tiba-tiba mereka didatangi oleh ketakutan. (kata mereka)
karena cemas menghadapi maut ("Wahai Tuhan kami! Kenapa Engkau wajibkan atas
kami berperang? Kenapa tidak Engkau tangguhkan agak beberapa waktu lagi?"
Katakanlah) kepada mereka ("Kesenangan dunia) maksudnya apa-apa yang disenangi
dan dinikmati di dunia ini (hanya sebentar) dan akan kembali lenyap (sedangkan
akhirat) maksudnya surga (lebih baik bagi orang yang takwa) yakni yang menjaga
diri dari siksa Allah dengan menjauhi larangan-Nya (dan kamu tidak akan
dianiaya) dibaca dengan ta dan ya artinya tidak akan dikurangi amalmu (sedikit
pun.") artinya walau sebesar kulit padi sekali pun, maka berjihad atau
berusahalah.
{ أَيْنَمَا تَكُونُواْ
يُدْرِككُّمُ الموت وَلَوْ كُنتُمْ فِى بُرُوجٍ } حصون { مُّشَيَّدَةٍ } مرتفعة فلا
تخشوا القتال خوف الموت { وَإِن تُصِبْهُمْ } أي اليهود { حَسَنَةٌ } خصب وسعة {
يَقُولُواْ هذه مِنْ عِندِ الله وَإِن تُصِبْهُمْ سَيّئَةٌ } جدب وبلاء كما حصل لهم
عند قدوم النبي صلى الله عليه وسلم المدينة { يَقُولُواْ هذه مِنْ عِندِكَ } يا
محمد أي بشؤمك { قُلْ } لهم { كل } من الحسنة والسيئة { مِنْ عِندِ الله } من قبله
{ فَمَالِ هَؤُلاءِ القوم لاَ يَكَادُونَ يَفْقَهُونَ } أي لا يقاربون أن يفهموا {
حَدِيثاً } يُلقى إليهم و «ما» استفهام تعجيب من فرط جهلهم ونفي مقاربة الفعل أشد
من نفيه .
078. (Di mana pun kamu berada, pastilah akan dicapai oleh maut sekalipun
kamu di benteng yang tinggi lagi kokoh) karena itu janganlah takut berperang
lantaran cemas akan mati. (Dan jika mereka ditimpa) yakni orang-orang Yahudi
(oleh kebaikan) misalnya kesuburan dan keluasan (mereka berkata, "Ini dari
Allah." Dan jika mereka ditimpa oleh keburukan) misalnya kekeringan dan bencana
seperti yang mereka alami sewaktu kedatangan Nabi saw. ke Madinah (mereka
berkata, "Ini dari sisimu,") hai Muhammad artinya ini karena kesialanmu!
(Katakanlah) kepada mereka (Semuanya) baik kebaikan atau keburukan (dari sisi
Allah) berasal daripada-Nya. (Maka mengapa orang-orang itu hampir-hampir tidak
memahami pembicaraan) yang disampaikan kepada Nabi mereka. Mengapa pertanyaan
disertai keheranan, melihat kebodohan mereka yang amat sangat. Dan ungkapan
"hampir-hampir tidak memahami" lebih berat lagi dari "tidak memahaminya sama
sekali."
{ مَا أَصَابَكَ } أيها الإنسان
{ مِنْ حَسَنَةٍ } خير { فَمِنَ الله } أتتك فضلاً منه { وَمَا أصابك مِن سَيّئَةٍ
} بلية { فَمِن نَّفْسِكَ } أتتك حيث ارتكبت ما يستوجبها من الذنوب { وأرسلناك } يا
محمد { لِلنَّاسِ رَسُولاً } حال مؤكدة { وكفى بالله شَهِيداً } على رسالتك
.
079. (Apa pun yang kamu peroleh) hai manusia (berupa kebaikan, maka dari
Allah) artinya diberi-Nya kamu karena karunia dan kemurahan-Nya (dan apa pun
yang menimpamu berupa keburukan) atau bencana (maka dari dirimu sendiri) artinya
karena kamu melakukan hal-hal yang mengundang datangnya bencana itu. (Dan Kami
utus kamu) hai Muhammad (kepada manusia sebagai rasul) menjadi hal yang
diperkuat. (Dan cukuplah Allah sebagai saksi) atas kerasulanmu.
{ مَّنْ يُطِعِ الرسول فَقَدْ
أَطَاعَ الله وَمَن تولى } أعرض عن طاعته فلا يهمنك { فَمَا أرسلناك عَلَيْهِمْ
حَفِيظاً } حافظاً لأعمالهم بل نذيراً وإلينا أمرهم فنجازيهم وهذا قبل الأمر
بالقتال .
080. (Siapa menaati Rasul, maka sesungguhnya ia telah menaati Allah, dan
siapa yang berpaling) artinya tak mau menaatinya, maka bukan menjadi urusanmu
(maka Kami tidaklah mengutusmu sebagai pemelihara) atau penjaga amal-amal
perbuatan mereka, tetapi hanyalah sebagai pemberi peringatan sedangkan urusan
mereka terserah kepada Kami dan Kami beri ganjaran dan balasannya. Ini sebelum
datangnya perintah berperang.
Silahkan Bagikan Artikel ini
Mohon Maaf, Atas Ketidak Nyamanannya, Dengan adanya Shortener Di Link Download. Mohon Keridhoannya. Terima Kasih. Apabila kesulitan Download Silahkan buka/klik gambar (Cara Download) dibawah postingan. apabila masih kesulitan, silahkan copy paste link download yang ada kebrowser anda.*** Apabila ada link Download yg rusak/mati, mohon beritahu kami lewat komentar dibawah ini.
Related Posts :