بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ
اللهُم َّصلِّ علٰى سَيِّدنا مُحَمّدٍ عبدِكَ وَنبيِّكَ ورسولِكَ النَّبيِّ الاُمِيّ وَعلٰى اٰلهِ وَصَحْبِهِ وسَلِّم تسليماً بقدرِ عظمةِ ذاَتِكَ في كـُلِّ وَقتٍ وَحيـنٍ
المقالة السادسة
فـي
الـفـنـاء عـن الـخـلـق
قـال رضـي الله تـعـالى عـنـه و أرضـاه : افن عن الخلق بإذن الله تعالى, عن هواك بأمر الله
تعالى وَعَلَى اللّهِ فَتَوَكَّلُواْ إِن كُنتُم مُّؤْمِنِينَ.المائدة23. وعن
إرادتك بفعل الله تعالى. وحينئذ تصلح أن تكون وعاء لعلم الله تعالى, فعلامة فنائك
عن خلق الله تعالى انقطاعك عنهم وعن التردد إليهم واليأس مما في أيديهم، وعلامة
فنائك عن هواك ترك التكسب والتعلق بالسبب في جلب النفع والضرر, فلا تحرك ولا تعتمد
عليك ولا لك ولا تذب عنك ولا تنتصر لنفسك، تكل ذلك كله إلى الله تعالى لأنه تولاه
اولاً فيتولاه آخراً, كما كان موكولاً إليه في حال كونك مغيباً في الرحم، وكونك
رضيعاً طفلاً في مهدك, وعلامة فنائك عن إرادتك بفعل الله أنك لا تريد مراداً قط ,
ولا يكون لك غرض, ولا يبقى لك حاجة ولا مرام, فإنك لا تريد مع إرادة الله سواها,
بل يجري فعل الله فيك, فتكون أنت عند إرادة الله وفعله ساكن الجوارح مطمئن الجنان
منشرح الصدر منور الوجه عامر البطن غنياً عن الأشياء بخالقها, تقلبك يد القدرة,
ويدعوك لسان الأزل, ويعلمك ربُّ الْمِلَلْ, ويكسوك أنواراً منه والحلل, وينزلك من
أولي العلم الأول, فتكون منكسراً أبداً, فلا يثبت فيك شهوة وإرادة كالإناء المنثلم
الذي لا يثبت فيه مائع وكدر, فتنقى عن أخلاق البشرية, فلن يقبل باطنك شيئاً غير
إرادة الله عزَّ وجلَّ, فحينئذ يضاف إليك التكوين وخرق العادات, فيرى ذلك منك في
ظاهر الفعل والحكم, وهو فعل الله وإرادته حقاً في العالم, فتدخل حينئذ في زمرة
المنكسرة قلوبهم الذين كسرت إرادتهم البشرية وأزيلت شهواتهم الطبيعية فاستؤنفت لهم
إرادة ربانية كما قال النبي صلى الله عليه وسلم : (حبب
إليّ من دنياكم ثلاث : الطيب ، والنساء , وجعلت قرة عيني في الصلاة) فأضيف
ذلك بعد أن خرج منه وزال عنه تحقيقاً بما أشرنا, وتقدم. قال الله تعالى في حديثه
القدسي : "أنا عند المنكسرة قلوبهم من أجلي"
فإن الله تعالى لا يكون عندك حتى تنكسر جملة هواك وإرادتك, فإذا انكسرت ولم يثبت
فيك شيء ولم يصلح فيك شيء, أنشأك الله فجعل فيك إرادة, فتريد بتلك الإرادة, فإذا
صرت في الإرادة المنشأة فيك، كسرها الربّ تعالى بوجودك فيها, فتكون منكسر القلب
أبداً, فهو لا يزال يجدد فيك إرادة ثم يزيلها عند وجودك فيها هكذا إلى أن يبلغ
الكتاب أجله, فيحصل اللقاء, فهذا هو معنى "عند
المنكسرة قلوبهم من أجلي" ومعنى قولنا عند وجودك فيها هو ركونك وطمأنينتك
إليها. قال الله تعالى في حديثه القدسي , الذي يرويه صلى الله عليه وسلم : (لا يزال عبدي يتقرب إليّ بالنوافل حتى أحبه , فإذا أحببته كنت
سمعه الذي يسمع به ، وبصره الذي يبصر به ، ويده التي يبطش بها ، ورجله التي يمشي
بها) وفي لفظ آخر "فبي يسمع ، وبي يبطش
وبي يعقل". وهذا إنما يكون في حالة الفناء لا غير, فإذا فنيت عنك وعن
الخلق, والخلق إنما هو خير وشر, فلم ترج خيرهم ولا تخاف شرهم بقي الله وحده كما
كان, ففي قدر الله خير وشر, فيؤمنك من شر القدر ويغرقك في بحار خيره, فتكون وعاء
كل خير, ومنبعاً لكل نعمة وسرور وحبور وضياء أمن وسكون، فالفناء والمنى والمبتغى
والمنتهى حد ومرد ينتهي إليه مسير الأولياء, وهو الاستقامة التي طلبها من تقدم من
الأولياء والأبدال أن يفنوا عن إرادتهم وتبدل بإرادة الحق عزَّ وجلَّ, فيريدون
بإرادة الحق أبداً إلى الوفاة، فلهذا سموا أبدالاً رضي الله عنهم, فذنوب هؤلاء
السادة أن يشركوا إرادة الحق بإرادتهم على وجه السهو والنسيان وغلبة الحال والدهشة,
فيدركهم الله تعالى برحمته بالتذكرة واليقظة, فيرجعوا عن ذلك ويستغفروا ربهم, إذ لا
معصوم عن الإرادة إلا الملائكة, عصموا عن الإرادة، والأنبياء عصموا عن الهوى,
وبقية الخلق من الإنس والجن المكلفين لم يعصموا منها غير أن الأولياء بعضهم يحفظون
عن الهوى, والأبدال عن الإرادة, ولا يعصمون منهما على معنى يجوز في حقهم الميل
إليهما في الأحيان, ثم يتداركهم الله عزَّ وجلَّ باليقظة برحمته.
Risalah 6
Mutiara karya Syeikh Abdul Qadir Jailani
Lenyaplah dari
(pandangan) manusia, dengan perintah Allah, dan dari kedirian, dengan
perintah-Nya, hingga kau menjadi bahtera ilmu-Nya. Lenyapnya diri dari manusia,
ditandai oleh pemutusan diri sepenuhnya dari mereka, dan pembebasan jiwa dari
segala harapan mereka. Tanda lenyapnya diri dari segala nafsu ialah, membuang
segala upaya memperolehi sarana-sarana duniawi dan berhubungan dengan mereka
demi sesuatu manfaat, menghindarkan kemudharatan; dan tak bergerak demi
kepentingan peribadi, dan tak bergantung pada diri sendiri dalam hal-hal yang
berkenaan dengan dirimu, tak melindungi atau membantu diri, tetapi memasrahkan
semuanya hanya kepada Allah, kerana Ia pemilik segalanya sejak awal hingga
akhirnya; sebagaimana kuasaNya, ketika kau masih disusui.
Hilangnya
kemahuanmu dengan kehendakNya, ditandai dengan ketak-pernahan menentukan diri,
ketakbertujuan, ketakbutuhan, kerana tak satu tujuan pun termiliki, kecuali
satu, iaitu Allah. Maka, kehendak Allah mewujud dalam dirimu, sehingga kala
kehendakNya beraksi, maka pasiflah organ-organ tubuh, hati pun tenang, fikiran
pun cerah, berserilah wajah dan rohanimu, dan kau atasi kebutuhan-kebutuhan
bendawi berkat berhubungan dengan Pencipta segalanya. Tangan Kekuasaan
senantiasa menggerakkanmu, lidah Keabadian selalu menyeru namamu, Tuhan Semesta
alam mengajarmu, dan membusanaimu dengan nurNya dan busana rohani, dan
mendapatkanmu sejajar dengan para ahli hikmah yang telah
mendahuluimu.
Sesudah ini, kau selalu berhasil menaklukkan diri, hingga
tiada lagi pada dirimu kedirian, bagai sebuah bejana yang hancur lebur, yang
bersih dari air, atau larutan. Dan kau terjauhkan dari segala gerak manusiawi,
hingga rohanimu menolak segala sesuatu, kecuali kehendak Allah. Pada maqam ini,
keajaiban dan adialami akan ternisbahkan kepadamu. Hal-hal ini tampak
seolah-olah darimu, padahal sebenarnya dari Allah.
Maka kau diakui
sebagai orang yang hatinya telah tertundukkan, dan kediriannya telah musnah,
maka kau diilhami oleh kehendak Ilahi dan dambaan-dambaan baru dalam kemaujudan
sehari-hari. Mengenai maqam ini, Nabi Suci saw, telah bersabda: "Tiga hal yang
kusenangi dari dunia - wewangian, wanita (isteri solehah) dan shalat - yang pada
mereka menyejukkan mataku." Sungguh, hal-hal dinisbahkan kepadanya, setelah
hal-hal itu sirna darinya, sebagaimana telah kami isyaratkan. Allah berfirman:
"Aku bersama orang-orang yang patah hati demi Aku."
Allah Yang Maha
Tinggi takkan besertamu, sampai kedirianmu sirna. Dan bila kedirianmu telah
sirna, dan kau abaikan segala sesuatu, kecuali Dia, maka Allah menyegarbugarkan
kamu, dan memberimu kekuatan baru, yang dengan itu, kau berkehendak. Bila di
dalam dirimu masih juga terdapat noda terkecil pun, maka Allah meremukkanmu
lagi, hingga kau senantiasa patah-hati. Dengan cara begini Ia terus menciptakan
kemahuan baru di dalam dirimu, dan bila kedirian masih maujud, maka Dia
hancurkan lagi, sampai akhir hayat dan bertemu (liqa') dengan Tuhan. Inilah
makna firman Allah: " Aku bersama orang-orang yang putus asa demi Aku, " Dan
makna kata: "Kedirian masih maujud" ialah kemasih-kukuhan dan kemasih puasan
dengan keinginan-keinginan barumu. Dalam sebuah hadits qudsi, Allah berfirman
kepada Nabi Suci saw: "Hamba-Ku yang beriman senantiasa mendekatkan diri
kepada-Ku, dengan mengerjakan shalat-shalat sunnah yang diutamakan, sehingga Aku
mencintainya, dan apabila Aku telah mencintainya, maka Aku menjadi telinganya,
dengannya ia mendengar, dan menjadi matanya, dengannya ia melihat, dan menjadi
tangannya, dengannya ia bekerja, dan menjadi kakinya, dengannya ia berjalan."
Tak diragukan lagi, beginilah keadaan fana.
Maka Dia menyelamatkanmu dari
kejahatan makhluq-Nya, dan menenggelamkanmu ke dalam samudera kebaikanNya;
sehingga kau menjadi pusat kebaikan, sumber rahmat, kebahagiaan, kenikmatan,
kecerahan, kedamaian, dan kesentosaan. Maka fana (penafian diri) menjadi tujuan
akhir, dan sekaigus dasar perjalanan para wali. Para wali terdahulu, dari
berbagai maqam, senantiasa beralih, hingga akhir hayat mereka, dari kehendak
peribadi kepada kehendak Allah. Kerana itulah mereka disebut badal (sebuah kata
yang diturunkan dari badala, yang bererti: berubah). Bagi peribadi-peribadi ini,
menggabungkan kehendak peribadi dengan kehendak Allah, adalah suatu
dosa.
Bila mereka lalai, terbawa oleh tipuan perasaan dan ketakutan, maka
Allah Yang Maha Besar menolong mereka dengan kasih sayangNya, dengan
mengingatkan mereka sehingga mereka sedar dan berlindung kepada Tuhan, kerana
tak satu pun mutlak bersih dari dosa kehendak, kecuali para malaikat. Para
malaikat senantiasa suci dalam kehendak, para Nabi senantiasa terbebas dari
kedirian, sedang para jin dan manusia yang dibebani pertanggung jawaban moral,
tak terlindungi. Tentu, para wali terlindung dari kedirian, dan para badal dari
kekotoran kehendak. Kendati mereka tak bisa dianggap terbebas dari dua keburukan
ini, kerana mungkin bagi mereka berkecenderung kepada dua kelemahan ini, tapi
Allah melimpahi rahmatNya dan menyedarkan mereka.
Silahkan Bagikan Artikel ini
Mohon Maaf, Atas Ketidak Nyamanannya, Dengan adanya Shortener Di Link Download. Mohon Keridhoannya. Terima Kasih. Apabila kesulitan Download Silahkan buka/klik gambar (Cara Download) dibawah postingan. apabila masih kesulitan, silahkan copy paste link download yang ada kebrowser anda.*** Apabila ada link Download yg rusak/mati, mohon beritahu kami lewat komentar dibawah ini.
Related Posts :