بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ
اللهُم َّصلِّ علٰى سَيِّدنا مُحَمّدٍ عبدِكَ وَنبيِّكَ ورسولِكَ النَّبيِّ الاُمِيّ وَعلٰى اٰلهِ وَصَحْبِهِ وسَلِّم تسليماً بقدرِ عظمةِ ذاَتِكَ في كـُلِّ وَقتٍ وَحيـنٍ
BAB SEMBILAN
At-Tanwir fi-Isqothi at-Tadbir
Syeikh Ibn ‘Atho’illah as-Sakandary ra
فان ادخر السابقون فلا لأنفسهم، ولكن
ادخار أمانة، لأنهم خزان أمناء، وعبيد كبرا، أن امسكوا الدنيا امسكوها بحق، وإن بذلوها
بذلوها بحق. وليس الممسك لها بحق بدون الباذل لها بحق، ولا يشهدون أنهم مع الله
مالكون، بل ما في أيديهم يشهدونه، من ودائع الله، ويتصرفون فيها بالنيابة عن الله،
سمعوا قوله تعالى: {وأنفقوا مما جعلكم مستخلفين
فيه} فعلموا انه لا ملك لهم مع الله، وإنما هي نسبة
أضيفت إليك، وإضافة منة من بها عليك، ليرى كيف تعمل وهو العليم الخبير.
أتقف مع ظاهرها أم تتفقد إلى أسرارها؟ ولذلك كان الأنبياء عليهم الصلاة والسلام
لا تجب عليهم الزكاة لأنهم لا ملك لهم مع الله حتى تجب عليهم الزكاة فيه، وإنما
تجب عليك زكاة ما أنت له مالك. إنما يشهدون ما في أيديهم من ودائع الله تعالى لهم،
يبذلونه في أوان بذله، ويمنعونه من غير محله. ولأن الزكاة إنما هي طهرة لما عساه
أن يكون ممن وجبت عليه، لقوله تعالى: {خذ من أموالهم صدقة تطهرهم
وتزكيهم بها}.
والأنبياء عليهم الصلاة والسلام مبرؤون من
الدنس، لوجود العصمة ولأجل ذلك لم يوجب أو حنيفة رحمه الله على الصبيان زكاة، لعدم
دنس المخالفة، والمخالفة لا تكون إلا بعد جريان التكليف وذلك بعد البلوغ.
وافهم هاهنا قوله صلى الله عليه وسلم: (نحن معاشر الأنبياء، لا نورث ما
تركناه صدقة). يتبين ما ذكرناه ويتضح ما قررناه.
Sikap
Para Nabi Terhadap menyimpan Harta
Para Nabi menyimpan
harta bukan untuk kepentingan diri mereka sendiri, namun mereka menjaganya
sebagai amanat. Mereka adalah para penjaga yang amanah dan para hamba yang
agung dan mulia. ketika menggenggam dunia mereka menggenggamnya dengan benar,
dan ketika mengeluarkannya, mereka mengeluarkannya dengan benar.
Seseorang dikatakan
menggenggam dunia dengan benar jika ia mengeluarkannya secara benar. Bagi
mereka, hanya Alloh satu-satunya pemilik harta tersebut, bahkan, apa yang ada
ditangan mereka pun diakui sebagai titipan Alloh swt. dan mereka
mempergunakannya sebagai amanah dari Alloh. mereka memahami firman Alloh,
“Keluarkanlah sebagian hartamu yang Alloh kuasakan kepadamu”.
Mereka sadar, mereka
tak punya apa-apa. Kepemilikan atas harta itu hanyalah penisbatan, bukan
kepemilikan mutlak. Harta itu hanyalah anugerah yang diberikan kepada mereka
agar Dia -Dzat yang maha mengenal dan Maha Mengetahui- bisa melihat perbuatan
mereka, apakah mereka puas dengan tataran lahiriyahnya atau menyadari rahasia
dan hakikatnya?.
Karena itulah para Nabi
tidak mesti berzakat, karena disisi Alloh mereka tidak memiliki apa-apa. Zakat
diwajibkan atas dirimu hanya atas sesuatu yang kau miliki. Mereka sadar bahwa
apa yang ada digenggaman mereka hanyalah titipan Alloh. Mereka mengeluarkan
ketika tiba waktunya dan menahannya ketika saat mengeluarkannya belum tiba.
Selain itu, zakat
merupakan pembersih jiwa yang wajib dikeluarkan. Alloh menegaskan fungsi zakat
ini dalam firman-Nya, “Ambillah zakat dari sebagian harta mereka yang dengan
itu kalian membersihkan dan mensucikan mereka”.
Zakat tidak diwajibkan
atas para nabi karena mereka suci dari kotoran dosa. Sesungguhnya Alloh menjaga
mereka. Karena itulah Imam Abu Hanifah rohimahulloh tidak mewajibkan zakat atas
anak-anak karena kotoran dosa/maksiat baru menempel setelah manusia menerima
beban taklif, yaitu setelah usia baligh.
وافهم هاهنا قوله صلى
الله عليه وسلم: (نحن معاشر الأنبياء، لا نورث ما تركناه صدقة). يتبين ما ذكرناه ويتضح ما قررناه.
وإذا كان أهل المعرفة
بالله تعالى المشاهدون لأجديته، لا يشهدون لهم مع الله ملكا، فما ظنك بالأنبياء
والرسل؟ صلوات الله وسلامه عليهم أجمعين. وأهل التوحيد والمعرفة: إنما غرفوا من
بحارهم، واقتبسوا من أنوارهم.
يحكى أن الشافعي واحمد
رحمهما الله كانا جالسين إذ اقبل شيبان الراعي رحمه الله، فقال احمد للشافعي أريد
أن أسألك هذا المشار إليه في هذا الزمن. فقال الشافعي: لا تفعل.
فقال: لا بد من ذلك. فقال: يا شيبان، ما تقول: فيمن نسي أربع سجدات
من أربع ركعات؟ فقال: يا احمد هذا قلب
غافل عن الله عز وجل، يجب أن يؤدب حتى لا يعود إلى مثل ذلك.
فخر احمد مغشيا عليه، ثم سأله فقال: ما تقول: فيمن له أربعون
شاه، ما زكاتها؟ فقال: على مذهبنا أو على
مذهبكم؟ فقال: وهما مذهبان؟ قال: نعم. قال: إما على مذهبكم ففي الأربعين شاة
شاه، وأما على مذهبنا فالعبد لا يملك مع سيده شيئا. وقد جاء في الحديث: أن النبي صلى الله عليه وسلم ادخر قوت سنة،
فأما أن يكون ذلك لما قلناه أولا، من أن ادخار الأنبياء عليهم الصلاة والسلام،
إنما هو إمساك بالأمانة مختارين له وقتا يصلح إنفاقه وإنما ادخر رسول الله صلى
الله عليه وسلم لأجل عائلته، أو ليبين جواز الادخار لامته، فانه إذا لم تقع
الحوالة عليه لنا في التوكل، ومما يدلك على أن المراد إنما كان ليبين جوازه انه
كان عليه الصلاة والسلام اغلب أحواله عدم
الادخار، وإنما ادخر توسعة على أمته، ورحمة بهم، وإشفاقا على الضعفاء منهم. إذ لو
لم يدخر، لم يكن المؤمن أن يدخر بعده، ففعل ذلك ليبين حكمه، وقد قال عليه الصلاة
والسلام أني لا أنسى أو أنس لأسنّ. فبين
لك صلى الله عليه وسلم أن النسيان ليس من شأنه، ولا من وصفه، وإنما يدخل فيه،
ليبين حكمه وما يتعلق به لامته، فافهم الحديث.
Tentang
hal ini fahamilah sabda Nabi saw. “Kami para Nabi tidak meninggalkan warisan.
Apa yang kami tinggalkan menjadi sedekah”.
Hadits
tersebut memperjelas uraian kami. Apabila kaum ‘Arif yang menyaksikan
keesaan-Nya tidak merasa memiliki apa-apa karena semuanya merupakan milik
Alloh, apalagi para Nabi dan rosul. Para ahli tauhid dan kaum ‘Arif mereguk
dari lautan mereka dan menyerap cahaya mereka(Nabi dan Rosul).
Dikisahkan,
bahwa Imam Syafi’ie dan Imam Ahmad ibn Hambal rohimahumallloh sedang
duduk-duduk. Tiba-tiba datang Syaiban ar-ro’iy rohimahulloh menemui mereka.
Imam Ahmad berkata pada Imam syafi’ie, “Aku ingin bertanya kepada orang yang
menjdi rujukan pada masa ini”.
Imam syafi’iy menjawab “jangan lakukan” “Aku
harus bertanya” tutur Imam Ahmad seraya bertanya, “Wahai Syaiban, Apa
pendapatmu tentang orang yang lupa dengan empat sujud dari empat rokaat
sholatnya?” Syaiban menjawab, “Wahai Ahmad, Hatinya lalai dari Alloh azza
wajalla. ia harus didik agar tidak lupa sehingga tidak mengulangi lagi”.
Mendengar
jawaban itu, Imam Ahmad jatuh pingsan. Tak lama berselang ia tersadar dan
kembali bertanya, “Bagaimana pendapatmu tentang orang yang memiliki empat puluh
ekor kambing? Apa zakatnya?” Syaiban menjawab, “Menurut madzhab kami atau medzhabmu?” “Memangnya ada
dua madzhab?” “Ya” jawab Syaiban. “Menurut madzhabmu, Zakat untuk setiap empat
puluh ekor kambing adalah seekor kambing. Dan menurut madzhab kami, seorang
hamba tidak memiliki apa-apa disamping Tuhannya”.
Sebuah
hadits menyebutkan bahwa Nabi saw. pernah menyimpan makanan selama satu tahun.
Pemahaman hadits ini bisa jadi seperti yang sudah kami paparkan sebelumnya,
yakni, para nabi menyimpan harta sebagai amanat seraya memilih waktu yang tepat
untuk mengeluarkannya. Atau, hadits itu merupakan petunjuk bahwa tindakan itu
dibolehkan untuk kepentingan umat. Buktinya, dalam sebagian besar kehidupannya,
Rosululloh saw. tidak menyimpan harta. Beliau hanya menyimpan harta sebagai
bentuk kelapangan dan rahmat bagi umatnya serta sebagai bentuk kasih sayang
kepada mereka yang lemah. Sebab, apabila Rosululloh tidak menyimpan harta,
tidak seorang mukmin pun yang akan menyimpan lagi sesudahnya. Karena itu, Ia
melakukan hal itu unuk menjelaskan hukumnya.
Nabi
saw. bersabda, “Aku tidak lupa. atau kelupaanku adalah contoh untuk umatku”.
Nabi menjelaskan bahwa lupa bukanlah keadaannya dan sifatnya. Lupanya
rosululloh adalah untuk menjelaskan hukumnya kepada umatnya beserta apa yang
terkait dengannya. Pahamilah hadits diatas dengan baik.
Silahkan Bagikan Artikel ini
Mohon Maaf, Atas Ketidak Nyamanannya, Dengan adanya Shortener Di Link Download. Mohon Keridhoannya. Terima Kasih. Apabila kesulitan Download Silahkan buka/klik gambar (Cara Download) dibawah postingan. apabila masih kesulitan, silahkan copy paste link download yang ada kebrowser anda.*** Apabila ada link Download yg rusak/mati, mohon beritahu kami lewat komentar dibawah ini.
Related Posts :