بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ
اللهُم َّصلِّ علٰى سَيِّدنا مُحَمّدٍ عبدِكَ وَنبيِّكَ ورسولِكَ النَّبيِّ الاُمِيّ وَعلٰى اٰلهِ وَصَحْبِهِ وسَلِّم تسليماً بقدرِ عظمةِ ذاَتِكَ في كـُلِّ وَقتٍ وَحيـنٍ
Syeikh K.H Muslih Abdurrahman
=============================
Perintis Jam’iyyah Ahlith Thoriqoh Al-Mu’tabaroh di Indonesia
Syeikh K.H Muslih Abdurrahman adalah ulama allamah yang pernah mengasuh pon-pes
Futuhiyyah Mranggen sejak tahun 1936-1981 Masehi. Beliau sangat berjasa dalam
mengembangkan dan membesarkan pon-pes Futuhiyyah Mranggen brkat fodlol dan
rahmat Allah s.w.t hingga dapat melahirkan banyak kiai dan ulama yang terbesar
di Jawa khususnya di Indonesia umumnya.
Dan Beliau berjasa pula dalam menyebarkan thoriqoh Qodiriyyah wa
Naqsyabandiyyah di Jawa / Indonesia, hingga melahirkan banyak Kiai dan Guru
Mursyid Thoroqoh tersebut. Disamping berjasa sebagai salah seorang pendiri dan
salah seorang Ro’is Jam’iyyah Ahlith Thoriqoh Al-Mu’tabaroh di Indonesia yang
di kenal sekarang dengan jam’iyyah ahlith Thoriqoh Nahdriyyah itu beliau juga
ikut aktif mengembangkan dan membesarkan Jam’iyyah tersebut hingga akhir hayat
pada tahun 1981 Masehi.
Oleh karena itu beliau dapat disebut sebagai Abul Masyayekh dan Syeikhul
Mursyidin. Ghofarollohu wa Rohimah wa Qoddasallohu Asroroh wa yamidduna bi
asrorihi wa barokati wa ulumihi wa karomatihi wa maunatihi wa syafa’atihi wa
jami’i ahli silsilatihim wa usuluhim wa yulhiquna bihim fi khoirin wa sa’adatin
wa salamah. Allahumma amiin.
Beliau berjasa pula dalam mengusir penjajah Belanda dan Jepang, baik anggota lasyikar
hizbulloh yang berlatih kemiliteran bersama Syeikh K.H Abdulloh Abbas Buntet
Cirebon dalam satu regu di Bekasi Jawa Barat dan menjadi komando pasukan
sabilillah yang beranggotakan para kiai/ulama’ di wilayah Demak selatan atau
front Semarang wilayah Tenggara.
Beliau wafat dan di makamkan di ma’la Makkah al Mukarromah di pemakaman yang
kebetulan berdampingan dengan makam Sayyidatina Asma’ binti Sayyidina Abu Bakar
Ash-Shiddiq r.a, dekat/di depan kompleks makam Sayyidatina Khodijah r.a, istri
Rosulillah s.a.w. Jama’ah haji Indonesia dari Mranggen dan Demak banyak yang
ziarah kepada beliau dengan bantuan mukimin setempat.
Beliau wafat pada bulan syawal 1981 Masehi, dengan mewariskan pon-pes
Futuhiyyah yang besar untuk di lestarikan dan di kembangkan lebih lanjut. Dan
Al-hamdulillah pon-pes Futuhiyyah Mranggen tetap lestari dan berkembang hingga
saat ini. Semoga demikian seterusnya hingga akhir masa.Allahumma amiin.
I. Identitas Diri dan Keluarga
Syeikh K.H Muslih bin Syeikh K.H Abdurrohman dan Hj. Shofiyyah, asli/kelahiran
suburan Mranggen Demak,pada tahun 1908 Masehi. Beliau adalah adik kandung dari
Syeikh K.H Ustman bin Syeikh K.H Abdurrohman.
Silsilah Syeikh K.H Muslih
Dari Ayah :
Muslih bin Abdurrohman din Qosidil haq bin R. Oyong Abdulloh Muhajir bin Dipo
Kusumo bin P.Wiryo Kusumo / P.Sedo Krapyak bin P.Sujatmiko atau Wijil II /
Notonegoro II bin P. Agung atau NotoProjo bin P.Sabrang bin P. Ketib bin P.
Hadi bin K. S. Kali jogo,hingga Ronggolawe adipati Tuban I atau Syeikh Al-Jali
/ Syeikh Al-Khowaji, yang berasal dari Baghdad keturunan Saayyidina Abbas r.a
paman Rasulullah s.a.w.
Dari Ibu :
Muslih bin Shofiyyah binti Abu Mi’roj wa binti Shodiroh hingga bersambung pada
ratu Kalinyamat binti Trenggono Sultan Bintoro Demak II bin Sultan Bintoro I /
R. Fatah bin R. Kertowijoyo / Darmokusumo Brawijaya I Raja Majapahit.
Ratu Kalinyamat istri Sultan Hadliri yang berasal dari Aceh dan menjabat
sebagai adipati Bintoro Demak di Jepara. Sedangkan istri Sultan Trenggono
adalah puteri K. S Kalijogo dan istri Sultan Fatah / Ibu Sultan Trenggono
adalah putri K.S Ampel Surabaya, Dzuriyyah Rasulullah s.a.w.
Syeikh K.H Muslih Abdurrahman menikah dengan Nyai Marfu’ah binti K.H Siroj dan
berputra :
1. Al-Inayah, istri Syeikh K.H. Mahdum Zein.
2. K.H. M.S. Luthfi Hakim Muslih Bc.Hk sebagai pengasuh utama I pon-pes
Futuhiyyah sejak tahun 1971 Masehi.
3. Faizah, istri Syeikh K.H. Muhammad Ridhwan.
4. K.H Muhammad Hanif Muslih L.c sebagai pengasuh utama II pon-pes Futuhiyyah
sejak tahun 1985 Masehi.
5. Putra-putra lainnya meninggal sejak kecil.
Setelah Nyai Marfu’ah wafat tahun 1959 Masehi, Syeikh K.H. Muslih Abdurrohman
menikah lagi dengan Nyai Mu’minah Al-Hafidhoh / Al-Hamilah bin K.H. Muhsin (
ayah K.H. Muhibbin Al-Hafid, pengasuh pon-pes Al-Badriyyah Mranggen ) dan berputra
:
1. Qoni’ah istri K.H. Masyhuri, B.A.
2. Masbahah, istri Syeikh K.H Abdurrahan Badawi / Syeikh Dur.
Setelah Nyai Mu’minah wafat pada tahun 1964 Masehi, Syeikh K.H Muslim
Abdurrahman menikah lagi dengan Nyai. Sa’adah binti H. Mahhmud, Randusari Semarang
sampai sekarang beliau masih hidup, semoga thowil umur allah husnil khotimah fi
tho’atillah fil alwi wal afiyah wassalamah was sa’adah fi daruun-min fadllillah
wa rohmatillah Allahuma amiin.Begitu pula keluarga dan dzuriyyah syeikh K.H
muslih, bani Abdurrohman dan para santri dan alumni pon-pes Futuhiyyah Mranggen
dan cabang- cabangnya, para muhibbin beliau beliau erikut para pejuang Fi
Sabillillah termasuk K.Habdurrahman Wahid (GUS Dur Presiden R.I ) dan keluarga
masing-masing. Allahumma amiin.
II. PENDIDIKANNYA
Pendidikan Syeikh K.H. Muslih bin Abdurrahman, diperoleh dari :
1. Belajar pada orang tua sendiri, yaitu Syeikh K.H. Abdurrahman bin Qosidil
Haq.
2. Belajar di pondok pesantren termasuk madrasahnya Syeikh K.H. Ibrohim Yahya
Brumbung Mranggen, disamping belajar pula saat pergi Haji bersama beliau.
3. Belajar di pondok pesantren Mangkang kulon.
4. Belajar di pondok pesantren Sarag Rembang milik Syeikh K.H. Zuber dan Syeikh
Imam, disini beliau sambil belajar / santri kalong kepada Syeikh K.H Maksum,
Lasem Rembang.
5. Belajar-mengajar di pondok pesantren Termas Pacitan.
6. Belajar ilmu thoriqoh dan bai’at mursyid di banten yaitu Syeikh Abdul Latif
Al- Bantani
7. Belajar kepada Syeikh Yasin Al-Fadani Al- Makky di Mekah.
8. Belajar ilmu Ekonomi dan dagang.
9. Belajar ilmu kemiliteran.
Dari hasil pendidikannya tersebut Syeikgh K.H.Muslih bin Aburrahman termasuk
Ulama’ Allamah Ahli ilmu-Kalam Bahasa Arab (Nahwu, Shorof, Balaqhoh, hingga
ilmu Mantiq dan Arudh) Ahli Ilmu-Klam /Tauhid., Ahli Ilmu Tasawwuf –Ahli Ilmu
Thoriqoh Mu’tabaroh hingga ahli pula dalam Ilmu Kepemimpinan Ilmu Kependidikan,
Ilmu Siasah, Ilmu Hikmah Ilmu Jihad fi sabillillah termasuk Ilmu Kemiliteran.
Oleh ksrns itu beliau sangat pantas menjadi Guru Mursyid Thoriqoh Qodiriyyah wa
Naqsyabandiyyah Bahkan menjadi Syeikhul Mursidin atau guru para mursyid, sebab
beliau telah memenuhi peryaratan sebagai guru Guru Mursyid sebagai mana yang
dianjurkan oleh syyaidina Syeikh Abdul Qodir Al –Jaelani, r.a, yang mana
seorang mursyid itu seharusnya :
1. Memiliki Ilmu Ulam’ ( Ahli Agama Islam )
2. Memiliki Ilmu Siasah ( Politik Pemerintahan ).
3. Memiliki Ilmu Hikmah ( Kebijaksanaan Ahli Hukum Islam ).
Syeikh K.H. Muslih teryata belajar dan mengajar sebagaimana tersebut dalam
manaqib As-Syeikh Abdul Qodir Al-Jaelani r.a, yaitu Tafsir dan ilmu Tafsirnya,
Hadist dan ilmu Muthola’ah Hadistnya ilmu fiqh dan Hilafayahnya, ilmu Usuluddin
( ilmu kalam ) dan ilmu Ushulul Fiqh, ilmu Qiro’ah / Tawid, ilmu Nahwu, ilmu
Shorof, ilmu Ma’ani, ilmu Bayan Badi’, ilmu arudl, ilmu Qowafi, ilmu Matiq dan
ilmu tasawwuf / ilmu Thoriqoh. Ilmu – ilmu tersebut semuanya diajarkan di
pon-pes madrasah, kecuali ilmuthoriqoh / ilmu Tasawwuf. Disamping ilmu-ilmu
tersebut Syeikh K.H. Muslih Abdurrohman diwaktu mudanya juga rajin belajar
ilmu-ilmu kanuragan dan ketabitan Islamy maupun do’a-do’a / aurrod yang khusus,
tersasuk aurod khusus untuk memdapatkan Ilmu yang bermanfa’at lagi barokah.
Ilmu yang manfa’at ialah ilmu yang dapat diamalkan sendiri ( dirinya dapat
beribadah billah sesuai dengan ilmu yang diperolahnya, sebab fadlol dan rhmat
Allah s.w.t ). Sedang ilmu yang barokah ialah ilmu yang sudah dapat ditularkan
kepada orang lain, baik melalui pendidikan dan pengajaran maupun nasehat, baik
secara langsung maupun tidak langsung ( melalui tulisan dalam buku / kitab yang
disusun, digandakan dan dibaca oleh orang lain ). Selain belajar ilmu-ilmu
tersebut beliau sempat belajar bagaimana cara mengajar yang baik ( guru yang
berhasil ) dan bagaimana menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran sistem
klasikal ( madrasah ) saat beliau mondok di Termas, Pacitan. Sebelum beliau di
Termas, sepulang dari pondok Sarang beliau bersama kakaknya, yaitu Syeikh K.H.
Utsman bin Abdurrohman sempat belajar dagang pakaian jadi di pasar
Mranggen,selama satu tahun, atas perintah orang tuanya agar merasakan bagaimana
susahnya orang bekerja mencari rejeki ( dalam setahun kerja, teryata tidak laba
dan tidak rugi ) setelah itu beliau berangkat ke Terma memenuhi perintah Syeikh
K. H. Maksum Lalem sekalian ingin menambah ilmu dan pengalaman.
III. PERJUANGAN
Syeikh K.H. Muslih Abdurrohman selain berjuangan demi terwujudnya suatu pribadi
yang baik serta menjadi ulama pejuang islami, ternyata beliau juga berjuang
fisabilillah di sisi yang lain, yaitu :
1. Menjadi pengasuh pendidikan pesantren, termasuk Pengajian dan Bai’at
Thoriqoh Qodiriyyah wa Naqsyabandiyyah .
2. Mendirikan / menyelenggarakan Pendidikan Masdrasah/ Sekolah Futuhiyyah
3. Menjadi Pengasuh Utama Pon-Pes Futuhiyyah
4. Memperluas lokasi / Areal Pondok Pesantren
5. Merehab dan membangun Prasarana Pondok Pesantren, termasuk membangun Masjid
An-Nur dikonplek Pon-Pes Futuhiyyah.
6. Menjadi Anggota Pengurus G.P Ansor Mranggen dan Lasykar Hizbullah Mranggen
7. Menjadi Pengurus Jam’iyyah N.U
8. Menjadi Komandan Barisan Sabilillah, sektor Semarang Timur.
9. Ikut Mendirikan dan menjadi pengurus Jam’iyyah Thoriqoh Mu’tabaroh
Indonesia.
10. Mendirikan dan menjadi Pengurus Jam’iyyah Thoriqoh Nahdiyyah
11. Mendirikan Madrasah Aliyah Persiapan F.H.I UNNU Mranggen
12. Mendirikan F.H.I UNNU Fikal Surakarta di Mranggen
13. Mendirikan atau menyelenggarakan Madrasah dan Sekolah Formal.
IV. MENJADI PENGASUH PON-PES FUTUHIYYAH
Sebelum Syeikh K.H. Muslih mondok kembali di Pondok Pesantren Termas, beliau
sempat mukim dirumah yaitu Suburan Mranggen kira-kira pada tahun 1931 Masehi
selama satu tahun, setelah kembali dari mondok di Pondok Pesantren Sarang.
Pondok Pesantren yang telah direhabilitasi pada tahun 1927 Masehi, atas
perintah Syeikh K.H. Abdurrohman, telah berhasil menampung puluhan santri,
namun aktifitas Madrasah tersebut menjadi berhenti, setelah diminta oleh N.U
cabang Mranggen .
Akhirnya Syeikh K.H. Muslih berusaha mendirikan kembali Madrasah Diniyyah
Awaliyyah Futuhiyyah di konplek Pon-Pes Futuhiyyah dengan tikat tidak boleh
diminta oleh N.U lagi. Jika N.U ingin mengelola Madrasah lagi supaya mendirikan
sendiri.
Selang beberapa waktu, Pon-Pes Futuhiyyah mendirikan Madrasah dua kali pada
tahun 1927 dan 1929 Masehi. Selama dua kali mendirikan, dua kali pula diminta
oleh N.U. Cabang Mranggen dengan cara Bedol Madrasah, Murid dan Gurunya di
pindah tempat, yang kemudian dikelola oleh N.U Cabang Mranggen dan dua Kali
pula terhenti.
Setelah Madrasah yang didirikan oleh Syeikh K.H. Muslih berjalan lancar, satu
tahun kemudian diserahkan oleh adik beliau, yaitu Syeikh K.H. Murodi setelah
mukim kembali dari mondok di Lasem dan para gurunya, dengan pesan agar tak
boleh dipindah lagi, karena beliau akan Mondok lagi ke Termas.
N.U. cabang Mranggen, akhirnya mendirikan sendiri Madrasah Diniyyah Awaliyyah
dan dapat hidup hingga sekarang, di Kauman Mranggen, yang dikenal kemudian
dengan nama Madrasah Ishlahiyyah.
Syeikh K.H. Muslih saat datang di Termas, langsung diminta oleh Syeikh K.H. Ali
Maksum (Krapyak Yogya), selaku kepala Madrasah di Termas saat itu, untuk
mengajar kelas di ajar oleh Syeikh K.H. Ali Maksum (kelas Alfiyyah Ibnu Malik).
Semula Syeikh K.H. Muslih menolak, dengan alasan belum mampu mengajar Alfiyyah.
Beliau tetap dipaksa dan dibujuk dengan kata-kata nanti saya ajari oleh Syeikh
K.H. Ali Maksum. Setelah itu, Beliau akhirnya bersedia. Namun Ternyata Syeikh
K.H. Ali Maksum hanya sekali mengajar Syeikh K.H. Muslih sebagai persiapan
mengajar Alfiyyah, yaitu pada malam sebelum esok harinya mengajar, laalu beliau
menghilang.
Dengan berat hati Syeikh K. H. Muslih mengajar dikelas yang ditinggalkan Syeikh
K.H . Ali Maksum. Dan kira-kira setengah bulan kemudian, Syeikh K.H. Ali Maksum
Baru muncul dan bertanya kepada murid – murid kelas tersebut, bagaimana hasil
kerja Ustadt baru, murid-murid menjawab baik dan puas, setelah itu Syeikh K.H.
Muslih di tetapkan guru kelas tersebut.
Suka duka Syeikh K.H. Muslih tidak menghalangi untuk berenovasi menjadi guru
yang baik dan ini terbukti saat dimana santri-santri senior yang ada di Termas
tidak disuruh mengajar, justru santri barunya yang disuruh mengajar, yaitu
Syeikh K.H. Muslih, maka oleh santri-santri senior tersebut, kursi tempat
duduknya di rawe ( diberi bulu buah rawe agar gatal-gatal, hingga tidak jadi
mengajar ). Dengan berbekal Ilmu yang lebih luas dan pengalaman selama menjadi
guru madrasah Tsanawiyyah di Termas itulah akhirnya Syeikh K.H. Muslih pulang
dan mukim kembali di Suburan Mranggen kira-kira pada tahun 1935 Masehi, dengan
tekad akan mengembangkan pondok pesantren Futuhiyyah Suburan Mranggen. Dan
Al-Hamdulillah pada tahun 1936 Masehi berdirilah Madrasah Ibtida’iyyah yang
bukan M.I, karana pelajarannya sudah setingkat dengan Madrasah Wustho dan
Madrasah Tsanawiyyah yang diselenggarakan pada pagi hari.
Mengenai bagaimana tekhnis pengumuman P.M.B yang dilakukan saat itu, sementara
saat itu tidak ada radio, tidak ada stensil, tidak ada mesin tulis apalagi
fotocopy, tetapi yang jelas, madrasah tersebut penuh dengan murid dan pondoknya
semakin banyak jenis santri mukimnya, baik yang berasal dari desa-desa wilayah
kecamatan Mranggen dan sekitarnya hingga Gubug-Purwodadi, hal ini terjadi
karena tersiarnya berita bahwa di pondok Suburan Mranggen telah muncul Kiai
yang alim.
Sesudah tahun 1950 Masehi pon-pes Futuhiyyah semakin berkembang santri mukimnya
semakin bertambah ( antara 300 – 400 orang ), di samping santri lajo yang masih
belajar di madrasah maupun sambil mengaji wetinan, berikut datangnya santri
pengajian thoriqoh yang dibuka mulai tahun 1950 Masehi. Adapun penyebabnya adalah
bervariatif, mungkin Syeikh K.H. Muslih dikenal sebagai Kiai yang enak
ngajinya, atau karena adanya aktivitas da’wah dari para mubalighin, termasuk
Syeikh K.H. Abdul Hadi yang malang melintang berda’wah seantero Jawa Tengah,dan
sebagainya.
Singkatnya, apa yang telah terwujud itu adalah fadlol dan rohmat Allah s.w.t.
yang harus diyakini berkat syafa’at ahli silsilah Ilmu Islami aurod mujahadah
dan riyadloh, termasuk dzikir thoriqoh, khususnya Syeikh K.H. Ibrohim. Yahya
Brumbung, Syeikh K.H. Abdurrohman wa ushulih, Syeikh K.H. Hadi Giri Kusumo,
Syeikh Abu Mi’roj Sapen, serta para auliya’-syuhada’ tanah Jawa hingga
Walisembilan dan K.S. Fatah beserta pengikutnya, Syeikh Abdul Qodir Al0Jaelani
r.a dan ahli silsilahnya hingga Rasulullah s.a.w.
Syeikh K.H. Muslih Abdurrohman selaku pimpinan / pengasuh pon-pes Futuhiyyah
harus berjuang pula mencukupi kebutuhan Prasarana dan Sarana pondok pesanten
termasuk keperluan dalam menyelenggarakan madrasah, seiring pribadi beliau
menggerakkan pulapartisipasi aktif dalam pembangunan pondok pesantren
futuhiyyah baik dari santrinya, para wali santri maupun masyarakat baik dalam
bentuk sumbangan tenaga, material maupun uang. Adapun sumber – sumber yang lain
berasal dari sumbangan pemerintah.
Pada masa hidup beliau, partisipasi santri besar sekali dalam pembangunan
pondok pesantren Futuhiyyah, sebagai pengalaman ilmu, ikut andil dalam
jariyyah, bersatu dan bergotong royng secara ikhlas merealisasi program
pembangunan sekaligus nyadong berkah dari Allah s.w.t. Untuk keperluan hidupnya
di dunia dan akhirat kelak.
Silahkan Bagikan Artikel ini
Mohon Maaf, Atas Ketidak Nyamanannya, Dengan adanya Shortener Di Link Download. Mohon Keridhoannya. Terima Kasih. Apabila kesulitan Download Silahkan buka/klik gambar (Cara Download) dibawah postingan. apabila masih kesulitan, silahkan copy paste link download yang ada kebrowser anda.*** Apabila ada link Download yg rusak/mati, mohon beritahu kami lewat komentar dibawah ini.
Related Posts :