بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ
اللهُم َّصلِّ علٰى سَيِّدنا مُحَمّدٍ عبدِكَ وَنبيِّكَ ورسولِكَ النَّبيِّ الاُمِيّ وَعلٰى اٰلهِ وَصَحْبِهِ وسَلِّم تسليماً بقدرِ عظمةِ ذاَتِكَ في كـُلِّ وَقتٍ وَحيـنٍ
المقالة التاسعة
فـي
الـكـشــف و الـمـشـاهـدة
قـال رضـي الله تـعـالى عـنـه و أرضـاه : يكشف للأولياء والأبدال من أفعال الله ما يبهر
العقول ويخرق العادات والرسوم فهي على قسمين : جلال وجمال, فالجلال والعظمة يورثان
الخوف المقلق والوجل المزعج, والغلبة العظيمة على القلب بما يظهر على الجوارح, كما
روي عن أن النبي صلى الله عليه وسلم " كان يسمع
من صدره أزيز كأزيز المرجل في الصلاة من شدة الخوف " لما يرى من جلال
الله عزَّ وجلَّ وينكشف له من عظمته، ونقل مثل ذلك عن إبراهيم خليل الرحمن صلوات
الله عليه وعمر الفاروق رضي الله عنه.
أما مشاهدة الجمال : فهو التجلي للقلوب بالأنوار
والسرور والألطاف, والكلام اللذيذ والحديث الأنيس, والبشارة بالمواهب الجسام
والمنازل العالية, والقرب منه عزَّ وجلَّ مما سيئول أمرهم إلى الله عزَّ وجلَّ,
وجف به القلم من أقسامهم في سابق الدهور فضلاً منه ورحمة, وإثباتاً منه لهم في
الدنيا إلى بلوغ الأجل وهو الوقت المقدور, لئلا تفرط بهم المحبة من شدة الشوق إلى
الله تعالى فتنفطر مرائرهم, فيهلكون ويضعفون عن القيام بالعبودية إلى أن يأتيهم اليقين
الذي هو الموت، فيفعل ذلك بهم لطفاً منه ورحمة ومداراة لها إِنَّهُ حَكِيمٌ عَلِيمٌ.الأنعام١٣٩.الحجر٢٥. لطيف بهم
رَؤُوفٌ
رَّحِيمٌ.التوبة١١٧.+١٢٨.النور٢٠.الحشر١٠.
ولهذا روي عن النبي صلى الله عليه وسلم أنه كان يقول لبلال المؤذن رضي الله عنه (أرحنا بها يا بلال) أي بالإقامة لندخل في الصلاة
لمشاهدة ما ذكرناه من الحال, ولهذا قال صلى الله عليه وسلم : (وجعلت قرة عيني في الصلاة).
Risalah 9
Mutiara karya Syeikh Abdul Qadir Jailani
KehendakNya
terwujud, secara kasyaf (penglihatan ruhani) dan musyahida
(pengalaman-pengalaman ruhani), pada para wali dan badal, yang tak terjangkau
nalar manusia dan kebiasaan. Perwujudan ini terbentuk: jalal (keagungan), dan
jamal (keindahan). Jalal menghasilkan kegelisahan, pemahaman yang menggundahkan,
dan sedemikian menguasai hati, sehingga gejala-gejalanya tampak pada jasmani.
Diriwayatkan bila Rasulullah shalat, dari hatinya terdengar gemuruh, bak air
mendidih di dalam ketel, kerana intensiti ketakutan yang timbul dari penglihatan
beliau akan Kekuasaan dan KebesaranNya. Diriwayatkan bahawa pilihan Allah, Nabi
Ibrahim as dan Umar sang Khalifah ra, juga mengalami keadaan yang
serupa.
Mengalami perwujudan keindahan Ilahi merupakan refleksiNya pada
hati manusia yang mewujudkan nur, keagungan, kata-kata manis, ucapan penuh
kasih-sayang, dan kegembiraan atas kelimpahan kurniaNya, maqam yang tinggi, dan
keakraban denganNya -- yang kepadaNya segala urusan mereka kembali -- dan atas
takdir yang telah ditetapkanNya jauh di masa lampau. Inilah kurnia dan
rahmatNya, dan pengukuhan atas mereka di dunia ini, sampai waktu tertentu. Ini
dilakukan agar mereka tak melampaui kadar cinta yang layak dalam keinginan
mereka akan hal itu, dan kerananya, hati mereka takkan berputus asa, kendati
mereka jumpai berbagai hambatan atau bahkan terkulaikan oleh hebatnya ibadah
mereka sampai datangnya kematian. Ia melakukan ini berdasarkan kelembutan, kasih
sayang dan kehormatan, juga untuk melatih agar hati mereka lembut, kerana Dia
bijaksana, mengetahui, lembut terhadap mereka. Diriwayatkan, bahawa Nabi saw.
Sering berkata kepada Hadhrat Bilal sang muadzin: "Wahai Bilal, gembirakanlah
hati kami," Maksud beliau, hendaklah ia serukan azan agar beliau bisa shalat,
guna merasakan perwujudan-perwujudan rahmat Ilahi, sebagaimana telah kita
bicarakan. Itulah sebabnya Nabi saw bersabda: "Dan mataku sejuk, bila aku
shalat."
Silahkan Bagikan Artikel ini
Mohon Maaf, Atas Ketidak Nyamanannya, Dengan adanya Shortener Di Link Download. Mohon Keridhoannya. Terima Kasih. Apabila kesulitan Download Silahkan buka/klik gambar (Cara Download) dibawah postingan. apabila masih kesulitan, silahkan copy paste link download yang ada kebrowser anda.*** Apabila ada link Download yg rusak/mati, mohon beritahu kami lewat komentar dibawah ini.
Related Posts :