بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ
اللهُم َّصلِّ علٰى سَيِّدنا مُحَمّدٍ عبدِكَ وَنبيِّكَ ورسولِكَ النَّبيِّ الاُمِيّ وَعلٰى اٰلهِ وَصَحْبِهِ وسَلِّم تسليماً بقدرِ عظمةِ ذاَتِكَ في كـُلِّ وَقتٍ وَحيـنٍ
Futuuhul ghoib
المقالة الحادية والستون
فـي الـتـوقـف عـنـد كـل شـئ حـتـى يـتـبـيـن لـه
إبـاحـة فـعـلـه
قـال رضـي الله تـعـالى عـنـه و أرضـاه : كل مؤمن مكلف بالتوقف و التفتيش عند حضور الأقسام عن التناول و
الأخذ، حتى يشهد له الحكم بالإجابة، و العلم بالقسمة، و المؤمن فتاش و المنافق
لقاف. و قال صلى الله عليه و سلم ( المؤمن وقاف ) و قال صلى الله عليه و سلم : (
دع ما يريبك إلى ما لا يريبك ) فالمؤمن يقف عند كل قسم من مأكول و مشروب و ملبوس و
منكوح و سائر الأشياء التي تفتح له فلا يأخذ حتى يحكم له بجواز الأخذ و التناول
كحكمه إذا كان في حالة التقوى. أو حتى يحكم له بذلك الأمر إذا كان في حالة
الولاية. أو حتى يحكم العلم في حالة البدلية و الغوثية، و الفعل الذي هو القدر
المحض و هي حالة الفناء، ثم تأتيه حالة أخرى تتناول كل ما يأتيه و يفتح له ما لم يعترض
عليه الحكم والأمر والعلم، فإذا اعترض أحد هذه الأشياء امتنع من التناول، فهي ضد
الأولى.
ففي الأولى الغالب عليه التوقف و التثبت. و في الثانية الغالب عليه
التناول و الأخذ و التلبس بالفتوح. ثم تأتى الحالة الثالثة.
فالتناول المحض و التلبس بما يفتح من النعم من غير اعتراض أحد الأشياء
الثلاثة و هي حقيقة الفناء، فيكون المؤمن فيها محفوظاً من الآفات وخرق حدود الشرع
مصاناً مصروفاً عنه الأسواء، كما قال الله تعالى : كَذَلِكَ
لِنَصْرِفَ عَنْهُ السُّوءَ وَالْفَحْشَاء إِنَّهُ مِنْ عِبَادِنَا الْمُخْلَصِينَ.يوسف24. فيصير العبد مع الحفظ عن خرق الحدود كالمقرض
إليه المأذون له و المطلق له في الإباحات الميسر له الخير، ما يأتيه قسمه المصفى
له من الآفات و التبعات في الدنيا و الآخرة، و الموافق لإرادة الحق و رضاه و فعله
و لا حالة فوقها و هي الغاية، و هي السادة الأولياء الكبار الخلص أصحاب الأسرار،
الذين أشرفوا على عتبة أحوال الأنبياء صلوات الله عليهم أجمعين.
Risalah 61
Mutiara karya Syeikh Abdul Qodir Jailani
Setiap mukmin harus waspada di kala menerima sesuatu, hingga hukum
membolehkannya, sebagaimana Nabi Suci bersabda:
"Sesungguhnya, si mukmin
itu waspada, sedang si munafik menyambar (segala yang datang kepadanya)."
"Seorang mukmin ragu-ragu,
campakkanlah segala penyebab keragu-raguan, dan ambillah segala yang tak
menimbulkan keragu-raguan."
Seorang mukmin ragu-ragu terhadap segala makanan, minuman, pakaian, perkawinan
dan segala hal, sebelum dikukuhkan oleh hukum, bila ia sholeh; dikukuhkan oleh
perintah batin, bila ia seorang wali; dikukuhkan oleh ma'rifat, bila ia seorang
badal dan ghauts; dikukuhkan oleh tindakan-Nya, bila ia dalam keadaan fana.
Lalu datanglah keadaan, yang di dalamnya didapat segala yang datang kepada
orang, perintah batin atau ma'rifat; tapi bila hal-hal ini bertentangan dengan
keadaan sebelumnya, yang di dalamnya berkuasa keragu-raguan dan pemudahan,
sedang pada keadaan kedua, berkuasa penerimaan dan penggunaan hal-hal yang
dibutuhkan.
Datanglah keadaan ketiga, yang di dalamnya penerimaan dan penggunaan hal-hal
yang diperlukan menjadi rahmat. Inilah hakikat ka-fana-an. Pada keadaan ini,
sang mukmin menjadi kebal terhadap segala bencana dan pelanggaran hukum, dan
segala kejahatan terjauhkan darinya, sebagaimana Allah yang Maha mulia
berfirman: "Demikianlah, agar Kami palingkan darinya kemungkaran dan
kekejian; sesungguhnya dia termasuk hamba-hamba pilihan Kami." (QS.12:24)
Maka sang hamba menjadi terlindung dari segala pelanggaran hukum. Segala yang
datang kepadanya telah di bersihkan dari segala kesulitan di dunia dan akhirat,
dan demikian selaras dengan kehendak dan ridha-Nya. Tiada keadaan melebihi ini.
Inilah tujuannya. Inilah yang dimaksudkan bagi kepala-kepala para wali besar,
yang tersucikan, yang memiliki hikmah - orang yang telah mencapai ambang pintu
kenabian.
Silahkan Bagikan Artikel ini
Mohon Maaf, Atas Ketidak Nyamanannya, Dengan adanya Shortener Di Link Download. Mohon Keridhoannya. Terima Kasih. Apabila kesulitan Download Silahkan buka/klik gambar (Cara Download) dibawah postingan. apabila masih kesulitan, silahkan copy paste link download yang ada kebrowser anda.*** Apabila ada link Download yg rusak/mati, mohon beritahu kami lewat komentar dibawah ini.
Related Posts :