بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ
اللهُم َّصلِّ علٰى سَيِّدنا مُحَمّدٍ عبدِكَ وَنبيِّكَ ورسولِكَ النَّبيِّ الاُمِيّ وَعلٰى اٰلهِ وَصَحْبِهِ وسَلِّم تسليماً بقدرِ عظمةِ ذاَتِكَ في كـُلِّ وَقتٍ وَحيـنٍ
Futuuhul ghoib
المقالة الخامسة والخمسون
فــي تــرك الـحــظــوظ
قـال رضـي الله تـعـالى عـنـه و أرضـاه : ترك الحظوظ ثلاث مرات: الأولى يكون العبد ماراً في عشواه متخبطاً فيه
متصرفاً بطبعه في جميع أحواله من غير تعبد لربه و لازم في الشرع يرده و لا جده من
جدود ينتهي إليه عن حكمه، فبينما هو على ذلك ينظر الله إليه يعنى يرحمه، فيبعث
الله إليه واعظاً من خلقه من عباده الصالحين فينبهه، و يثنيه بواعظ من نفسه،
فيتضافر الواعظان على نفسه و طبعه، فتعمل الموعظة عملها، فتبين عندها عيب ما هي
فيه من ركوب مطية الطبع و المخافة فتميل إلى الشرع في جميع تصرفاتها فيصير العبد
مسلماً قائماً مع الشرع فانياً عن الطبع، فيترك حرام الدنيا و شبهاتها و منن
الخلق، فيأخذ مباح الحق عز و جل و حلال الشرع في مأكله و مشربه و ملبسه و منكحه و
جميع ما لابد منه، لتحتفظ البنية و يتقوى على طاعة الرب عز و جل، و ليستوفى قسمه
المقسوم له الذي لا يتجاوزه و لا سبيل إلى الخروج من الدنيا قبل تناوله و التلبس
به و استيفائه فيسير على مطية المباح و الحلال في الشرع في جميع أحواله تنتهي به
هذه المطية إلى عتبة الولاية و الدخول في زمرة المحققين و الخواص أهل العزيمة مريدي
الحق، فيأكل بالأمر، فحينئذ يسمع نداء من قبل الحق عز و جل من باطنه: أترك نفسك و
تعال، أترك الحظوظ و الخلق إن أردت الخالق، و أخلع نعليك، و دنياك و آخرتك، و تجرد
عن الأكوان و الموجودات و ما سيوجد و الأماني بأسرها، و تعر عن الجميع وافن عن
الكل و تطيب بالتوحيد و أترك الشرك و صدق الإرادة. ثم وطء البساط بالأدب مطرقاً،
لا تنظر يميناً إلى الآخرة و لا شمالاً إلى الدنيا و لا إلى الخلق و لا إلى
الحظوظ، فإذا دخل في هذا المقام، و تحقق الوصول جاءت الخلعة من قبل الحق عز و جل،
و غشيته أنواع المعارف و العلوم و أنواع الفضل، فيقال له: تلبس بالنعم و الفضل و
لا تسئ الأدب بالرد وترك التلبس، لأن رد نعم الملك افتئاتا على الملك و استخفافاً
بحضرته و حينئذ يتلبس بالفضل و القسمة بالله من غير أن يكون هو فيه و من قبل كأن
يتلبس بهواه و نفسه فله أربع حالات في تناول الحظوظ و الأقسام:
الأولى بالطبع هو الحرام. و الثانية بالشرع و هو المباح و الحلال. و
الثالثة بالأمر و هي حالة الولاية و ترك الهوى. و الرابعة بالفضل و هي حالة زوال
الإرادة و حصول البدلية و كونه مراداً قائماً مع القدر الذي هو فعل الحق و هي حالة
العلم و الاتصاف بالصلاح، فلا يسمى صالحاً على الحقيقة إلا وصل إلى هذا المقام، و
هو قوله تعالى:
إِنَّ وَلِيِّـيَ اللّهُ الَّذِي نَزَّلَ الْكِتَابَ
وَهُوَ يَتَوَلَّى الصَّالِحِينَ الأعراف196. فهو العبد الذي كفت يده عن جلب مصالحه و منافعه و عن رد مضاره و
مفاسده، كالرضيع مع الظئر، و الميت الغسيل مع الغاسل، فتتولى يد القدر تربيته من
غير أن يكون له اختيار و تدبير، فان عن جميع ذلك لا حالاً و لا مقاماً و لا إرادة،
بل القيام مع القدرة، تارة يبسط و تارة يغنى و تارة يفقر، و يختار و لا يتمنى زوال
ذلك و تغيره، بل الرضى الدائم و الموافقة الأبدية، فهو آخر ما تنتهي أحوال
الأولياء قدست أسرارهم.
Risalah 55
Mutiara karya
Syeikh Abdul Qodir Jailani
Kesenangan hidup dicampakkan
tiga kali. Pada awalnya sang hamba Allah berada dalam kegelapan, kejahilan dan
kekacauan, bertindak berdasarkan dorongan-dorongan alaminya dalam segala
keadaan, tanpa sikap pengabdian terhadap Tuhannya dan tanpa memerhatikan hukum
agama. Dalam keadaan begini, Allah memandangnya penuh kasih, maka
dianugerahkan-Nya kepadanya pengingat dari sesamanya, seorang hamba saleh-Nya.
Dan kawan pengingat ini juga terdapat dalam dirinya sendiri. Kedua pengingat
ini jaya atas dirinya, dan peringatan menimbulkan pengaruh pada jiwanya. Maka
noda yang ada padanya, seperti memperturutkan kehendak dirinya dan
penentangannya terhadap kebenaran, sirna. Maka condonglah ia kepada hukum Allah
dalam segala gerak-gerinya.
Menjadilah sang hamba Allah itu
seorang Muslim di hadapan hukum-Nya, lepas dari alamnya, membuang hal-hal haram
duniawi, begitu pula hal-hal yang meragukan dan pertolongan orang. Maka ia
melakukan hal-hal yang halal dalam makan, minum, berpakaian, menikah, bertempat
tinggal dan lain-lain: dan semua ini sangat muhim bagi kesihatan jasmani dan
bagi mendapatkan kekuatan untuk mengabdi kepada-Nya, agar ia bisa memperolehi
bahagian dan orang tak bisa melampauinya - takkan luput dari kehidupan duniawi
ini sebelum meraih dan menyempurnakannya. Maka ia berjalan di atas jalur
kebenaran dalam keadaan hidupnya, sehingga hal ini membawanya ke maqam
tertinggi wilayat dan menjadikannya pembukti kebenaran dan orang pilihan, yang
memiliki pernyataan yang kukuh, yang haus akan hakikat, iaitu Allah. Maka ia
makan dengan perintah-Nya, dan (sang salik) mendengar suara Allah di dalam
dirinya berkata, "Campakkanlah dirimu dan campakkanlah kesenangan dan
ciptaan, jika kau menghendaki sang Pencipta. Lepaskanlah sepatu dunia dan
akhiratmu. Nafilah dari segala kemaujudan, hal-hal yang akan maujud dan segala
dambaan. Lepaslah dari segala suatu. Berbahagialah dengan Allah, campakkanlah
kesyirikan dan ikhlasan dalam kehendak. Mendekatlah kepada-Nya dengan hormat,
dan jangan memandang kehidupan akhirat, kehidupan duniawi, orang-orang dan
kesenangan." Bila ia meraih maqam ini, maka ia menerima pakaian kemuliaan
dan aneka kurnia. Dikatakan kepadanya, pakailah dirimu dengan rahmat dan
kurnia, jangan berburuk-laku menilai dan menampik keinginan-keinginan, kerana
penolakan terhadap kurnia raja sama dengan menekannya dan meremehkan
kekuasaannya. Maka ia terselimuti kurnia dan anugerah-Nya tanpa berupaya.
Sebelumnya ia terkuasai oleh
keinginan-keinginan dan dorongan-dorongan dirinya. Maka dikatakan kepadanya,
"Selimutilah dirimu dengan rahmat dan kurnia Allah." Maka baginya
empat keadaan, dalam meraih kenikmatan dan kurnia. Yang pertama ialah dorongan alami, ini tak halal. Yang kedua ialah hukum, ini diperbolehkan dan
absah. Yang ketiga
adalah perintah batin, ini adalah keadaan para wali dan pencampakan keinginan. Yang keempat ialah kurnia Allah, ini adalah keadaan
lenyapnya tujuan dan tercapainya badaliyya dan keadaan menjadi objek-Nya, yang
berdiri di atas ketentuan-Nya; ini adalah keadaan tahu dan keadaan memiliki
kesalehan, dan tak seorang pun bisa disebut saleh, jika ia belum meraih maqam
ini. Hal ini sesuai dengan firman Allah: "Sesungguhnya Waliku adalah Allah
yang telah menurunkan Kitab dan Ia adalah Wali orang-orang saleh
(baik)."(QS. 12:196).
Menjadilah ia seorang hamba yang
tertahan dari menggunakan sesuatu, memanfaatkan diri dan dari menolak sesuatu
yang mudharat baginya. Ia menjadi seperti bayi di tangan perawat dan seperti
jasad mati yang sedang dimandikan orang. Maka Allah membesarkannya tanpa
kehendaknya dan tanpa upayanya, ia lepas dari segala hal ini, tak berkeadaan
atau bermaqam, tak berkehendak melainkan berada di atas ketentuan-Nya, yang
kadang menahan, kadang memudahkannya, kadang membuatnya kaya dan kadang
membuatnya miskin. Ia tak punya pilihan, dan tak menghendaki berlalunya keadaan
dan perubahannya. Sebaliknya, ia menunjukkan keredhaan abadi. Inilah keadaan
ruhani terakhir yang dicapai oleh para badal dan wali.
Silahkan Bagikan Artikel ini
Mohon Maaf, Atas Ketidak Nyamanannya, Dengan adanya Shortener Di Link Download. Mohon Keridhoannya. Terima Kasih. Apabila kesulitan Download Silahkan buka/klik gambar (Cara Download) dibawah postingan. apabila masih kesulitan, silahkan copy paste link download yang ada kebrowser anda.*** Apabila ada link Download yg rusak/mati, mohon beritahu kami lewat komentar dibawah ini.
Related Posts :