بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ
اللهُم َّصلِّ علٰى سَيِّدنا مُحَمّدٍ عبدِكَ وَنبيِّكَ ورسولِكَ النَّبيِّ الاُمِيّ وَعلٰى اٰلهِ وَصَحْبِهِ وسَلِّم تسليماً بقدرِ عظمةِ ذاَتِكَ في كـُلِّ وَقتٍ وَحيـنٍ
المقالة السابعة
فـي إذهـاب
غـمـم الـقـلـب
قـال رضـي الله تـعـالى عـنـه و أرضـاه : أخرج من نفسك وتنح عنها, وانعزل عن ملكك
وسلم الكل إلى الله, فكن بوابه على باب قلبك، وامتثل أمره في إدخال من يأمرك
بإدخاله، وانته بنهيه في صد من يأمرك بصده، فلا تدخل الهوى قلبك بعد أن خرج منه،
فإخراج الهوى من القلب بمخالفته، وترك متابعته في الأحوال كلها، وإدخاله في القلب
بمتابعته وموافقته، فلا ترد إرادة غير إرادته, وغير ذلك منك تمن وهو وادي الحمقى,
وفيه حتفك وهلاكك وسقوطك من عينه وحجابه عنك, أحفظ أبداً أمره, وانته أبداً بنهيه،
وسلم لمقدوره, ولا تشركه بشيء من خلقه, فإرادتك وهواك وشهواتك كلها خلقه, فلا ترد
ولا تهوى ولا تشته كيلا تكون مشركاً. قال الله تعالى : }فَمَن كَانَ يَرْجُو لِقَاء
رَبِّهِ فَلْيَعْمَلْ عَمَلاً صَالِحاً وَلَا يُشْرِكْ بِعِبَادَةِ رَبِّهِ
أَحَداً{.الكهف110.
ليس
الشرك عبادة الأصنام فحسب, بل هو متابعتك هواك، وأن تختار مع ربك شيئاً سواه من الدنيا
وما فيها والآخرة وما فيها, فما سواه عزَّ وجلَّ غيره، فإذا ركنت إلى غيره فقد
أشركت به عزَّ وجلَّ غيره, فاحذر ولا تركن, وخف ولا تأمن, وفتش فلا تغفل فتطمئن,
ولا تضف إلى نفسك حالاً ومقاماً, ولا تدع شيئاً من ذلك, فإن أعطيت حالاً أو أقمت
في مقام فلا تختر شيئاً واحداً من ذلك, فإن الله }كُلَّ يَوْمٍ هُوَ فِي شَأْنٍ{.الرحمن29. في تغيير وتبديل, وإنه يحول بين المرء وقلبه,
فيزيلك عما أخبرت به, ويغيرك عما تخيلت ثباته وبقاءه, فتخجل عند من أخبرته بذلك، بل
أحفظ ذلك فيك ولا تعده إلى غيرك فإنه كلي الثبات والبقاء, فتعلم أنه موهبة وتسأل
التوفيق للشكر واستر رؤيته وإن كان غير ذلك كان فيه زيادة علم ومعرفة ونور وتيقظ
وتأديب. قال الله عزَّ وجلَّ : }مَا نَنسَخْ مِنْ آيَةٍ أَوْ نُنسِهَا نَأْتِ
بِخَيْرٍ مِّنْهَا أَوْ مِثْلِهَا أَلَمْ تَعْلَمْ أَنَّ اللّهَ عَلَىَ كُلِّ
شَيْءٍ قَدِيرٌ{.البقرة106.
فلا تعجز الله في قدرته، ولا تتهمه في تقديره ولا تدبيره، ولا تشك في وعده, فليكن
لك في رسول الله صلى الله عليه وسلم أسوة حسنة, نسخت الآيات والسور النازلة عليه
المعمولة بها المقروءة في المحاريب المكتوبة في المصاحف, ورفعت وبدلت وأثبت غيرها
مكانها, ونقل صلى الله عليه وسلم إلى غيرها, هذا في ظاهر الشرع، وأما في الباطن
والعلم والحال فيما بينه وبين الله عزَّ وجلَّ فكان يقول : (إنه ليغان على قلبي فأستغفر الله في كل يوم سبعين مرة)
ويروى (مائة مرة) وكان صلى الله عليه وسلم ينقل
من حالة إلى أخرى ويسير به في منازل القرب وميادين الغيب، ويغير عليه خلع الأنوار،
فتبين الحالة الأولى عند ثانيها ظلمة ونقصاناً وتقصيراً في حفظ الحدود، فيلقن الاستغفار
لأنه أحسن حال العبد، والتوبة في سائر الأحوال لأن فيها اعترافه بذنبه وقصوره، وهما
صفتا العبد في سائر الأحوال، فهما وراثة من أبي البشر آدم عليه السلام إلى المصطفى
صلى الله عليه وسلم حين اعترت صفاء حاله ظلمة النسيان للعهد والميثاق، وإرادة
الخلود في دار السلام, ومجاورة الحبيب الرحمن المنان، ودخول الملائكة الكرام عليه
بالتحية والسلام, فوجد هناك مشاركة إرادته لإرادة الحق, فانكسرت لذلك تلك الإرادة,
وزالت تلك الحالة, وانعزلت تلك الولاية, فانهبطت تلك المنزلة وأظلمت تلك الأنوار
وتكدر ذلك الصفاء, ثم تنبه وذكر صفي الرحمن، فعرف الاعتراف بالذنب والنسيان, ولقن
الإقرار فقال : }رَبَّنَا
ظَلَمْنَا أَنفُسَنَا وَإِن لَّمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُونَنَّ مِنَ
الْخَاسِرِينَ{.الأعراف23.
فجاءت أنوار الهداية وعلوم التوبة ومعارفها، والمصالح المدفونة فيها ما كان غائباً
من قبل, فلم تظهر إلا بها، فبدلت تلك الإرادة بغيرها والحالة الأولى بأخرى, وجاءته
الولاية الكبرى والسكون في الدنيا ثم في العقبى, فصارت الدنيا له ولذريته منزلاً,
والعقبى لهم موئلاً ومرجعاً وخلداً, فلك برسول الله وحبيبه المصطفى وأبيه آدم صفي
الله عليهم الصلاة والسلام عنصر الأحباب والأخلاء أسوة في الاعتراف بالقصور والاستغفار
في الأحوال كلها.
Risalah 7
Mutiara karya Syeikh Abdul Qadir Jailani
Keluarlah dari
kedirian, jauhilah dia, dan pasrahkanlah segala sesuatu kepada Allah, jadilah
penjaga pintu hatimu, patuhilah senantiasa perintah-perintah-Nya, hormatilah
larangan-larangan-Nya, dengan menjauhkan segala yang diharamkan-Nya. Jangan
biarkan kedirianmu masuk ke dalam hatimu, setelah keterbuanganmu. Mengusir
kedirian dari hati, haruslah disertai pertahanan terhadapnya, dan menolak
pematuhan kepadanya dalam segala keadaan. Mengizinkan ia masuk ke dalam hati,
bererti rela
mengabdi kepadanya, dan berintim dengannya. Maka, jangan
menghendaki segala yang bukan kehendak Allah. Segala kehendak yang bukan
kehendak Allah, adalah kedirian, yang adalah rimba kejahilan, dan hal itu
membinasakanmu, dan penyebab keterasingan dari-Nya. Kerana itu, jagalah perintah
Allah, jauhilah larangan-Nya, berpasrahlah selalu kepada-Nya dalam segala yang
telah ditetapkan-Nya, dan jangan sekutukan Dia dengan sesuatu pun. Jangan
berkehendak diri, agar tak tergolong orang-orang musyrik. Allah berfirman:
"Barang siapa mengharap penjumpaan (liqa') dengan Tuhannya, maka hendaklah
mengerjakan amal saleh dan tidak menyekutukanNya." (QS 18.Al Kahfi:
110)
Kesyirikan tak hanya penyembahan berhala. Pemanjaan nafsu
jasmani, dan menyamakan segala yang ada di dunia dan akhirat dengan Allah, juga
syirik. Sebab selain Allah adalah bukan Tuhan. Bila kau tenggelamkan dalam
sesuatu selain Allah bererti kau menyekutukan-Nya. Oleh sebab itu, waspadalah,
jangan terlena. Maka dengan menyendiri, akan diperolehi keamanan. Jangan
menganggap dan mengklaim segala kemaujudan atau maqam-mu, berkat kau sendiri.
Maka, bila kau berkedudukan, atau dalam keadaan tertentu, jangan membicarakan
hal itu kepada orang lain. Sebab dalam perubahan nasib yang terjadi dari hari ke
hari, keagungan Allah mewujud, dan Allah mengantarai hamba-hambaNya dan
hati-hati mereka. Bisa-bisa yang kau percakapkan, sirna darimu, dan yang kau
anggap abadi, berubah, hingga kau dimalukan di hadapan yang kau ajak bicara.
Simpanlah pengetahuan ini dalam lubuk hatimu, dan jangan perbincangkan dengan
orang lain. Maka jika hal itu terus maujud, maka hal itu akan membawa kemajuan
dalam pengetahuan, nur, kesedaran dan pandangan. Allah berfirman: "Segala
yang Kami nasakhkan, atau Kami jadikan terlupakan, Kami datangkan yang lebih
baik daripadanya, atau yang sepertinya. Tidakkah kamu ketahui bahawa Allah Maha
Kuasa atas segala sesuatu." (QS 2.Al Baqarah: 106)
Jangan
menganggap Allah tak berdaya dalam sesuatu hal, jangan menganggap ketetapan-Nya
tak sempurna, dan jangan sedikit pun ragu akan janji-Nya. Dalam hal ini ada
sebuah contoh luhur dalam Nabi Allah. Ayat-ayat dan surah-surah yang diturunkan
kepadanya, dan yang dipraktikkan, dikumandangkan di masjid-masjid, dan termaktub
di dalam kitab-kitab. Mengenai hikmah dan keadaan rohani yang dimilikinya, ia
sering mengatakan bahawa hatinya sering tertutup awan, dan ia berlindung kepada
Allah tujuh puluh kali sehari. Diriwayatkan pula, bahawa dalam sehari ia dibawa
dari satu hal ke hal lain sebanyak seratus kali, sampai ia berada pada maqam
tertinggi dalam kedekatan dengan Allah. Ia diperintahkan untuk meminta
perlindungan kepada Allah, kerana sebaik-baik seorang hamba iaitu berlindung dan
berpaling kepada Allah. Kerana, dengan begini, ada pengakuan akan dosa dan
kesalahannya, dan inilah dua macam mutu yang terdapat pada seorang hamba, dalam
segala keadaan kehidupan, dan yang dimilikinya sebagai pusaka dari Adam as.,
'bapak' manusia, dan pilihan Allah.
Berkatalah Adam a.s.: "Wahai Tuhan
kami, kami telah menganiaya diri kami sendiri, dan jika Engkau tak mengampuni
kami, dan merahmati kami, niscaya kami akan termasuk orang-orang yang merugi."
(QS. 7.Al-A'raaf: 23). Maka turunlah kepadanya cahaya petunjuk dan pengetahuan
tentang taubat, akibat dan tentang hikmah di balik peristiwa ini, yang takkan
terungkap tanpa ini; lalu Allah berpaling kepada mereka dengan penuh kasih
sayang, sehingga mereka bisa bertaubat.
Dan Allah mengembalikannya ke hal
semua, dan beradalah ia pada peringkat wilayat yang lebih tinggi, dan ia
dikurniai maqam di dunia dan akhirat. Maka menjadilah dunia ini tempat
kehidupannya dan keturunannya, sedang akhirat sebagai tempat kembali dan tempat
peristirehatan abadi mereka. Maka, ikutilah Nabi Muhammad Saw., kekasih dan
pilihan Allah, dan nenek moyangnya, Adam, pilihan-Nya - keduanya adalah kekasih
Allah - dalam hal mengakui kesalahan dan berlindung kepada-Nya dari dosa-dosa,
dan dalam hal bertawadhu' dalam segala keadaan kehidupan.
Silahkan Bagikan Artikel ini
Mohon Maaf, Kepada Semua Sahabat, Atas Ketidak Nyamanannya, Dengan adanya Shortener Di Link Download. Mohon Keridhoannya. Terima Kasih.**** Apabila kesulitan Download Silahkan buka/klik gambar(Cara Download) dibawah postingan. Apabila masih kesulitan, silahkan copy paste link download yang ada, kebrowser anda.*** Apabila ada link Download yg rusak/mati, mohon beritahu kami lewat komentar dibawah ini.
Title : TERJEMAH KITAB FUTUHUL GHAIB 7 (SYEIKH ABDUL QODIR AL JAILANY RA.)
Description : Futuuhul ghoib المقالة السابعة فـي إذهـاب غـمـم الـقـلـب قـال ر...