المقالة الثامنة والسبعون
فـي أهـل الـمـجـاهـدة و الـمـحـاســبـة و أولـى
الـعـزم
و بـيـان خـصـالـهـم
قـال رضـي الله تـعـالى عـنـه و أرضـاه : لأهل المجاهدة و المحاسبة و أولى العزم عشر خصال جربوها، فإذا
أقاموها و أحكموها بإذن الله تعال وصلوا إلى المنازل الشريفة :
( الأولـى ) أن لا يحلف
بالله عزّ و جلّ صادقاً و لا كاذباً عامداً و لا ساهياً، لأنه إذا أحكم ذلك من
نفسه و عود لسانه رفعه ذلك إلى ترك الحلف ساهياً و عامداً، فإذا اعتاد ذلك فتح
الله له باب من أنواره يعرف منفعة ذلك في قلبه، و رفعه في درجة و قوة في عزمه و في
صبره و الثناء عند الإخوان، و الكرامة عند الجيران حتى يهتم به من يعرفه و يهابه
من يراه.
( الـثـانـيـة ) يجتنب
الكذب لا هازلاً و لا جاداً، لأنه إذا فعل ذلك و أحكمه من نفسه و اعتاده لسانه شرح
الله تعالى به صدره و صفا به علمه، كأنه لا يعرف الكذب، و إذا سمعه من غيره عاب
ذلك عليه و عيره به في نفسه، و إن دعا له بزوال ذلك كان له ثواب.
( الـثـالـثـة ) أن يحذر
أن يعد أحداً شيئاً فيخلفه، و يقطع العدة البتة فإنه أقوى لأمره و أقصد بطريقه،
لأن الخلف من الكذب فإذا فعل ذلك فتح له باب السخاء و درجة الحياء و أعطى مودة في
الصادقين و رفعة عند الله جل ثناؤه.
( الـرابـعـة ) أن يجتنب
أن يلعن شيئاً من الخلق، أو يؤذى ذرة فما فوقها، لأنها من أخلاق الأبرار و الصديقين،
و له عاقبة حسنة في حفظ الله تعالى في الدنيا مع ما يدخر له من الدرجات، و يستنقذ
من مصارع الهلاك، و يسلمه من الخلق، و يرزقه رحمة العباد، و يقربه منه عزّ و جلّ.
( الـخـامـسـة ) أن يجتنب
الدعاء على أحد من الخلق و إن ظلمه فلا يقطعه بلسانه، و لا يكافئه بقول و لا فعل،
فإن هذه الخصلة ترفع صاحبها إلى الدرجات العلى. و إذا تأدب بها ينال منزلة شريفة في
الدنيا و الآخرة، و المحبة و المودة في قلوب الخلق أجمعين من قريب و بعيد، و إجابة
الدعوة و الغلوة في الخلق، و عز في الدنيا في قلوب المؤمنين.
( الـسـادسـة ) أن لا يقطع
الشهادة على أحد من أهل القبلة بشرك و لا كفر و لا نفاق، فإنه أقرب للرحمة، و أعلى
في الدرجة و هي تمام السنة، و أبعد عن الدخول في علم الله، و أبعد من مقت الله و
أقرب إلى رضاء الله تعالى و رحمته، فإنه باب شريف كريم على الله تعالى يورث العبد
الرحمة للخلق أجمعين.
( الـســابـعـة ) أن يجتنب
النظر إلى المعاصي و يكف عنها جوارحه، فإن ذلك من أسرع الأعمال ثواباً في القلب و
الجوارح في عاجل الدنيا، مع ما يدخره الله له من خير الآخرة. نسأل الله أن يمن
علينا أجمعين و يعلمنا بهذه الخصال، و أن يخرج شهواتنا عن قلوبنا.
( الـثـامـنـة ) يجتنب أن
يجعل على أحد من الخلق منه مؤنة صغيرة و لا كبيرة، بل يرفع مؤنته عن الخلق أجمعين
مما أحتاج إليه و استغنى عنه، فإن ذلك تمام عزة العابدين و شرف المتقين، و به يقوى
على الأمر بالمعروف و النهى عن المنكر، و يكون الخلق عنده أجمعين بمنزلة واحدة،
فإذا كان كذلك نقله الله إلى الغناء و اليقين و الثقة به عزّ و جلّ، و لا يرفع
أحداً سواه، و تكون الخلق عنده في الحق سواء، و يقطع بأن هذه الأسباب عز المؤمنين
و شرف المتقين، و هو أقرب باب الإخلاص.
( الـتـاســعـة ) ينبغي له
أن يقطع طعمه من الآدميين، و لا يطمع نفسه فيما في أديهم، فإنه العز الأكبر، و
الغنى الخاص، و الملك العظيم، و الفخر الجليل، و اليقين الصافي، و التوكل الشافي
الصريح و هو باب من أبواب الثقة بالله عزّ و جلّ، و هو باب من أبواب الزهد، و به
ينال الورع و يكمل نسكه، و هو من علامات المنقطعين إلى الله عزّ و جلّ.
( الـعـاشــرة ) التواضع
لأنه به يشيد محل العابد و تعلو منزلته، و يستكمل العز و الرفعة عند الله سبحانه و
عند الخلق، و يقدر على ما يريد من أمر الدنيا و الآخرة و هذه الخصلة أصل الخصال و
كلها و فرعها و كمالها، و بها يدرك العبد منازل الصالحين الراضين من الله تعالى في
السراء و الضراء و هي كمال التقوى.
و الـتـواضـع : هو أن لا يلقى العبد أحداً من الناس إلا رأى له الفضل
عليه، و يقول عسى أن يكون عند الله خيراً مني و أرفع درجة، فإن كان صغيراً قال هذا
لم يعص الله تعالى و أنا قد عصيت فلا شك أنه خير مني، و إن كان كبيراً قال هذا عبد
الله قبلي، و إن كان عالماً هذا أعطي ما لم أبلغ، و نال ما لم أنل، و علم ما جهلت،
و هو يعمل بعلمه و إن كان جاهلاً قال هذا عصى الله بجهل و أنا عصيته بعلم، و لا
أدرى بما يختم لي و بما يختم له، و إن كان كافراً قال لا أدرى عسى أن يسلم فيختم
له بخير العمل، و عسى أن أكفر فيختم لي بسوء العمل، و هذا باب الشفقة و الوجل، و
أولى ما يصحب و آخر ما يبقى على العباد، فإذا كان العبد كذلك سلمه الله تعالى من
الغوائل، و بلغ به منازل النصيحة لله عزّ و جلّ و كان من أصفياء الرحمن و أحبائه،
و كان من أعداء إبليس عدو الله لعنه الله و هو باب الرحمة ومع ذلك يكون قطع باب
الكبر و جبال العجب، و رفض درجة العلو في نفسه في الدين و الدنيا و الآخرة، و هو
مخ العبادة، و غاية شرف الزاهدين، و سيما الناسكين، فلا شئ منه فضل، و مع ذلك يقطع
لسانه عن ذكر العالمين و ما لا يعنى، فلا يتم له عمل إلا به، و يخرج الغل و الكبر
و البغي من قلبه في جميع أحواله، و كان لسانه في السر و العلانية واحداً، و مشيئته
في السر و العلانية واحدة، و كلامه كذلك، و الخلق عنده في النصيحة واحد، و لا يكون
من الناصحين، و هو يذكر أحداً من خلق الله بسوء أو يعيره بفعل، أو يحب أن يذكره
عنده واحدا بسوء. و هذه آفة العابدين، و عطب النساك، و هلاك الزاهدين إلا من أعانه
الله تعالى و حفظ لسانه و قلبه برحمته و فضله و إحسانه.
Ada sepuluh sifat pada salik,
pemawas-diri dan peraih tujuan ruhani.
1.
Tak bersumpah dengan-Nya, entah benar atau tidak, entah
sengaja atau tidak. Sebab bila hal ini termapankan, dan lidah terbiasa
dengannya, maka hal ini membawanya kepada suatu kedudukan, yang di dalamnya ia
mampu menghentikan bersumpah dengan sengaja atau tidak. Nah, bila ia menjadi
begini, Allah membukakan baginya pintu nur-Nya. Hatinya tahu manfaat
ini, kedudukannya termuliakan, langkah dan kesabarannya terkuatkan. Maka,
dipujilah dan dimuliakanlah ia di tengah-tengah tetangga dan sahabatnya,
sehingga yang tahu dia, menghormatinya, dan yang melihatnya, takut kepadanya.
2.
Menghindar dari berbicara tak benar, entah serius atau
bercanda. Sebab bila ia melakukan dan mengukuhkan hal ini pada dirinya sendiri,
dan lidahnya terbiasa dengannya, maka Allah membuka dengannya hatinya, dan
menjernihkan dengannya pengetahuannya, sehingga ia nampak tak tahu kepalsuan.
Bila ia mendengarnya dari orang lain, ia memandangnya sebagai noda besar, dan
termalukan olehnya. Bila ia memohon kepada Allah agar menjauhkannya, maka
baginya pahala.
3.
Menjaga janji. Sungguh, hal ini demikian menguatkannya,
sebab mengingkari janji termasuk kepalsuan. Maka terbukalah baginya pintu
kemurahan, dan baginya kemuliaan, dan dicintailah ia oleh para shiddiq dan
mulialah ia di hadapan Allah.
4.
Tak mengutuk sesuatu makhluk pun, tak merosak sesuatu pun,
meski sekecil atom pun, dan bahkan yang lebih kecil darinya. Sebab hal ini
termasuk tuntutan kebenaran dan kebaikan. Berlaku berdasarkan prinsip ini,
memperolehi husnul khatimah di bawah naungan-Nya, Ia meninggikan
kedudukannya, Ia melindunginya dari kehancuran, dan mengurniainya kasih sayang
dan kedekatan dengan-Nya.
5.
Tak mendoakan keburukan bagi seorang pun, meski ia telah
dizalimi. Lidah dan geraknya tak mendendam, tapi bersabar demi Allah. Hal ini
membawanya kepada kedudukan mulia di dunia dan di akhirat. Ia menjadi dicintai
dan disayangi oleh semua penerima kebenaran, baik dekat mahupun jauh.
6.
Tak berpihak kepada kemusyrikan, kekafiran dan kemunafikan mereka
yang se-kiblat. Sifat ini menciptakan kesempurnaan dalam mengikuti Sunnah, dan
amat jauh dari mencampuri pengetahuan Allah dan juga dari penyiksaan-Nya, dan
amat dekat dengan redha dan kasih sayang-Nya. Inilah pintu kemuliaan dan
keagungan dari Allah Yang Maha mulia, yang menganugerahkannya kepada hamba
beriman-Nya sebagai balasan atas kasih sayangnya terhadap semua orang.
7.
Tak melihat sesuatu kedosaan, baik lahiriah mahupun
batiniah. Mencegah anasir tubuhnya darinya, sebab hal ini merupakan suatu
tindakan tercepat dalam membawa balasan bagi hati dan anasir tubuh di dunia dan
pahala di akhirat. Semoga Allah menganugerahi kita daya untuk berlaku begini,
dan menjauhkan kedirian (penting diri) dari hati kita.
8.
Tak membebani seorang pun, entah dengan beban ringan atau
berat. Tapi, melepaskan orang dari beban, entah diminta atau tidak. Hal ini
menjadikan hamba-hamba Allah dan para saleh mulia, dan memacu orang untuk ber-amar
ma'ruf nahi munkar. Hal ini menciptakan kemuliaan penuh bagi hamba-hamba
Allah dan para saleh, dan baginya segenap makhluk nampak sama. Maka Allah
membuat hatinya tak butuh, yakin dan bertumpu pada Allah. Allah tak meninggikan
seorang pun, bila masih terikat kedirian. Bagi orang semacam ini, semua makhluk
memiliki hak yang sama, dan mesti diyakini bahawa inilah pintu kemuliaan bagi
para mukmin dan para saleh, dan pintu terdekat kepada keikhlasan.
9.
Bersih dari segala harapan insan, dan tak merasa tergoda
hatinya oleh milikan mereka. Sungguh, inilah kemuliaan besar, ketakbutuhan sejati,
kerajaan besar, pujian agung, kepastian nan tegar kepasrahan sejati kepada-Nya.
Inilah pintu segala pintu kepasrahan kepada-Nya, yang memampukan orang meraih
ketakwaan kepada-Nya, dan pencipta ketertarikan sempurna dengan-Nya.
10. Rendah hati. Dengan
ini, sang hamba termuliakan dan sempurna di hadapan Allah (Maha agung Dia) dan
insan. Inilah sifat penyempurna kepatuhan, dan dengannya sang hamba meraih
kebajikan di kala suka dan duka, dan inilah kesalehan nan sempurna. Rendah hati
membuat sang hamba merasa rendah daripada orang lain. Ia berkata, "Mungkin
orang ini lebih baik dariku di hadapan Allah, dan lebih tinggi
kedudukannya." Mengenai orang kecil, sang hamba berkata, "Orang ini
tak menentang Allah, sedang aku menentang-Nya; sungguh ia lebih baik dariku."
Mengenai orang tua, sang hamba berkata, "Orang ini telah mengabdi
kepada-Nya sebelum aku." Mengenai orang alim, sang hamba berkata,
"Orang ini telah dianugerahi yang tak ada padaku, ia telah memperoleh yang
tak kuperoleh, ia mengetahui yang tak kuketahui, dan ia bertindak dengan
pengetahuan." Mengenai orang bodoh, sang hamba berkata, "Orang ini
tak mematuhi-Nya kerana tak tahu, dan aku tak mematuhi-Nya meski aku tahu, dan
ku tak tahu akhir hayatku dan akhir hayatnya." Mengenai orang kafir, sang
hamba berkata, "Entahlah, mungkin ia akan menjadi seorang Muslim, dan
mungkin aku akan menjadi tak beriman."
Inilah pintu kasih sayang dan
ketakutan.
Bila hamba Allah telah menjadi begini, maka Allah menyelamatkannya dari segala
bencana, dan menjadikannya pilihan-Nya, dan menjadilah ia musuh Iblis, sang
musuh Allah. Keadaan ini menciptakan pintu kasih. Dengan mencapainya, pintu
kebanggaan tertutup dan tali kesombongan diri terputus, dan cita keunggulan
diri, agamis, duniawi dan ruhani tercampakkan. Inilah hakikat pengabdian
kepada-Nya; Tiada sebaik ini. Dengan meraih keadaan ini, lidah terhenti
menyebut insan dunia dan yang sia-sia, dan karyanya tak sempurna tanpa hal ini;
kebencian, kepongahan dan keberlebihan terhapus dari hatinya pada segala
keadaan, lidahnya sama; orang baginya sama. Ia tak menegur seseorang dengan
keburukan, sebab hal ini membencanai hamba-hamba Allah dan
pengabdi-pengabdi-Nya, dan menghancurkan kezuhudan.
تـمـت بـعـون
الله
مـقـالات ســيـدي الـغـوث
الأعـظـم قـدَّس الله ســرّه