Risalah 72
Mutiara karya Syeikh Abdul Qodir Jailani
المقالة
الثانية والسبعون
فـي مـن إذا دخـل الأســواق و مـال إلـى مـا فـيـهـا
و مـن إذا دخـلـهـا و صـبـر
قـال رضـي الله تـعـالى عـنـه و أرضـاه : الذين دخلون الأسواق من أهل الدين و النسك في خروجهم إلى أداء ما أمر
الله تعالى من صلاة الجمعة و الجماعة و قضاء حوائج تسنح لهم على أضرب : مــنــهــم من إذا دخل السوق و رأى فيه من أنواع الشهوات و اللذات
تقيد بهما و علقت بقلبه فتن، و كان ذلك سبب هلاكه و تركه دينه و نسكه و رجوعه إلى
موافقة طبعه و إتباع هواه إلا أن يتداركه عزّ و جلّ برحمته و عصمته و إصباره إياه
عنها فتسلم.
و مــنــهــم من إذا رأى ذلك كاد أن يهلك بها رجع إلى عقله و دينه و
تصبر و تجرع مرارة تركها، فهو كالمجاهد ينصره الله تعالى على نفسه و طبعه و هواه،
و يكتب له الثواب الجزيل في الآخرة. كما جاء في بعض الأخبار عن النبي صلى الله
عليه و سلم أنه قال : ( يكتب للمؤمنين بترك شهوة عند العجز عنها أو عند المقدرة
سبعون حسنة ) أو كما قال.
و مــنــهــم من يتناولها و يتلبس بها و يحصلها بفضل نعمة الله عزّ و
جلّ التي عنده من سعة الدنيا و المال، و يشكر الله عزّ و جلّ عليها.
و مــنــهــم من لا يراها و لا يشعر بها، فهو أعمى عن ما سوى الله عزّ
و جلّ، فلا يرى غيره، و أصم عما سواه فلا يسمع من غيره، عنده شغل عن النظر إلى غير
محبوبه و اشتهائه، فهو في معزل عما العالم فيه فإذا رايته و قد دخل السوق فسألته
عما رأى في السوق يقول ما رأيت شيئاً. نعم قد رأى الأشياء لكن قدر رآها ببصر رأسه
لا ببصر قلبه، و نظرة فجاءت لا نظرة شهوة، نظر صورة لا نظر معنى، نظر الظاهر لا
نظر الباطن، فبظاهره ينظر إلى ما في السوق و بقلبه ينظر إلى ربه عزّ و جلّ، إلى جلاله
تارة و إلى جماله تارة أخرى.
و مــنــهــم من إذا دخل السوق امتلأ قلبه بالله عزّ و جلّ رحمة لهم،
فتشغله الرحمة لهم عن النظر إلى ما لهم و بين أيديهم فهو في حين دخوله إلى حين
خروجه في الدعاء و الاستغفار و الشفاعة لأهله و الشفقة و الرحمة عليهم و لهم، و
عينه مغرورقة و لسانه في ثناء و حمد لله عزّ و جلّ بما أولى الكافة من نعمه و فضله
فهذا يسمى شحنة البلاد و العباد، و إن شئت سميته عارفاً و بدلاً و زاهداً و عالماً
غيباً و بدلاً محبوباً مراداً و نائباً في الأرض على عباده، و سفيراً و جهبذاً و
نفاذا و هادياً و مهدياً و دالاً و مرشداً فهذا هو الكبريت الأحمر و بيضة العقعق،
رضوان الله عليه و على كل مؤمن مريد لله وصل إلى انتهاء المقام، و الله الهادي.
Ada beberapa macam orang agama
yang pergi ke pasar-pasar. Ada yang terkesima, ketika melihat aneka barang di
sana, dan hal ini menyebabkan kehancuran dan pencampakan mereka akan agama
mereka, dan membuat mereka mengikuti hawa nafsu mereka jika Allah tak
memelihara mereka dengan kasih sayang, perlindungan dan penganugerahan
kesabaran oleh-Nya untuk melawan godaan-godaan ini; dengan inilah mereka tetap
selamat.
Ada yang, ketika melihat hal-hal ini dan hampir terhancurkan, kembali kepada
nalar agama mereka, mengendalikan diri dengan sekuat daya dan menelan pahitnya
mencampakkan hal-hal itu. Mereka ini seperti perajurit-perajurit gagah berani
di jalan agama yang ditolong oleh Allah untuk mengendalikan diri. Allah
menganugerahi mereka kelimpahan pahala dan kehidupan ukhrawi.
Nabi saw. bersabda:
"Tujuh puluh tindak kebajikan dicatat untuk seorang mukmin yang
mencampakkan dorong hawa nafsunya ketika ia dikuasai olehnya atau ia
menguasainya"
"Dan ada di antara mereka yang mendapatkan kenikmatan-kenimatan ini dan
kurnia serta rahmat Allah dalam bentuk kelimpahan kekayaan duniawi dan
bersyukur kepada Allah Swt atas hal-hal itu"
Namun mereka tetap tak memerhatikan kenikmatan-kenikmatan ini: mereka buta
terhadap segala suatu selain Allah Swt; maka mereka tak melihat sesuatu pun
selain-Nya dan tuli terhadap sesuatu pun selain-Nya. Bila kau lihat orang-orang
semacam ini memasuki pasar, mereka akan berkata: "Kami tak melihat sesuatu
pun". Ya mereka melihat hal-hal dengan mata mereka, bukan dengan mata
hati. Mereka melihat semua itu, tapi bukan dengan mata nafsu. Pandangan itu
adalah pandangan wujud, bukan pandangan hakikat. Itu adalah pandangan lahiriah,
bukan pandangan ruhaniah. Mereka melihat secara lahiriah apa yang ada di pasar,
tapi hati mereka melihat Tuhan --kadang keagungan-Nya dan kadang Kemurahan-Nya.
Ada yang, ketika mereka memasuki pasar, hati mereka penuh dengan kasih sayang
kepada orang di dalamnya kerana Allah Swt. Rasa kasih sayang ini membuat mereka
bertafakkur dalam melihat hal-hal milik orang-orang ini dan yang di hadapan
mereka. Orang-orang semacam ini senantiasa, sejak masuk hingga keluar dari
pasar, berdoa dan memohon perlindungan dari Allah serta menjadi perantara bagi
orang-orang di pasar dengan sikap penuh kasih sayang. Hati-hati mereka berupaya
menguntungkan mereka dan mencegah kerugian mereka. Lidah-lidah mereka diberikan
senantiasa memuji Allah atas semua yang telah mereka berikan kepada mereka dari
rahmat dan kurnia-Nya. Orang-orang semacam ini disebut pengawal-pengawal kota
dan abdi-abdi Allah. Bila kau mahu kau dapat menyebut mereka orang berilmu, badal,
penyayang dan penahan yang tersembunyi dan yang tampak, yang dicintai-Nya dan
khalifah-Nya di bumi bagi hamba-hamba-Nya, duta-Nya dan pelaksana
kebajikan-Nya. Orang-orang semacam ini, dapat dikatakan, sebagai batu filosof.
Redha dan rahmat Allah ada pada orang-orang semacam ini dan pada orang yang
telah menghadapkan wajahnya kepada Allah dan yang mencapai puncak singkapan
ruhani.