بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ
اللهُم َّصلِّ علٰى سَيِّدنا مُحَمّدٍ عبدِكَ وَنبيِّكَ ورسولِكَ النَّبيِّ الاُمِيّ وَعلٰى اٰلهِ وَصَحْبِهِ وسَلِّم تسليماً بقدرِ عظمةِ ذاَتِكَ في كـُلِّ وَقتٍ وَحيـنٍ
TERJEMAH KITAB
"At-Tibyaan fii Aadaabi Hamalatil Qur’an"
Abu
Zakariya Yahya Muhyiddin bin Syaraf bin Hizam An-Nawawi
PANDUAN MENGAJAR DAN BELAJAR
AL-QUR'AN
فصل ٧
وينبغي أن يؤدب
المتعلم على التدريج بالآداب السنية والشيم المرضية ورياضة نفسه بالدقائق الخفية
ويعوده الصيانة في جميع أموره الباطنة والجلية ويحرضه بأقواله وأفعاله المتكررات
على الإخلاص والصدق وحسن النيات ومراقبة الله تعالى في جميع اللحظات ويعرفه أن
لذلك تتفتح عليه أنوار المعارف وينشرح صدره ويتفجر من قلبه ينابيع الحكم واللطائف
ويبارك له في علمه وحاله ويوفق في أفعاله وأقواله
Fasal ke-7:
Sudah sepatutnya pelajar dididik secara
berangsur-angsur dengan adab- adab yang luhur dan perilaku yang baik
serta dilatih dirinya atas perkara- perkara kecil yang terpuji.
Hendaklah guru membiasakan diri
memelihara diri dalam semua urusan yang batin dan terang di samping mendorongnya dengan
perkataan dan perbuatan yang
berulangkali untu menunjukkan keikhlasan dan berlaku benar serta memiliki niat yang baik serta
memperhatikan Allah swt pada setiap saat.
Hendaklah guru memberitahu kepada
pelajar bahwa dengan sebab itu terbukalah cahaya makrifat di atasnya, dadanya menjadi lapang, memancar
dari hatinya
sumber-sumber hikmah dan pengetahuan, Allah swt akan memberikan berkat pada ilmu dan perbuatannya dan memberikan petunjuk
pada setiap perbuatan dan
perkataannya.
فصل ٨
تعليم المتعلمين فرض كفاية فإن لم
يكن من يصلح إلا واحد تعين وإن كان هناك جماعة يحصل التعليم ببعضهم فإن امتنعوا
كلهم أثموا وإن قام به بعضهم سقط الحرج عن الباقين وإن طلب من أحدهم وامتنع فأظهر
الوجهين أنه لا يأثم لكن يكره له ذلك إن لم يكن عذر .
Fasal ke-8:
Mengajari para pelajar adalah fardu
kifayah. Jika tidak ada orang yang mampu kecuali seorang maka wajiblah ke
atasnya. Jika ada beberapa orang yang setengah dari mereka bisa mengajar tetapi mereka menolak,
maka mereka berdosa. Jika
setengah dari mereka mengerjakannya, gugurlah tanggung jawab dari yang
selainnya. Jika salah seorang dari mereka diminta sedang dia menolak, maka pendapat yang lebih tepat ialah dia
tidak berdosa, tetapi dihukumkan makruh ke atasnya jika tiada halangan.
فصل ٩
يستحب للمعلم أن يكون حريصا على
تعليمهم مؤثرا ذلك على مصالح نفسه الدنيوية التي ليست بضرورية وأن يفرغ قلبه في
حال جلوسه لإقرائهم من الأسباب الشاغلة كلها وهي كثيرة معروفة وأن يكون حريصا على
تفهيمهم وأن يعطي كل إنسان منهم ما يليق به فلا يكثر على من لا يحتمل الإكثار ولا
يقصر لمن يحتمل الزيادة ويأخذهم بإعادة محفوظاتهم ويثني على من ظهرت نجابته ما لم
يخش عليه فتنة بإعجاب أو غيره ومن قصر عنفه تعنيفا لظيفا ما لم يخش عليه تنفيره
ولا يحسد أحدا منه لبراعة تظهر منه ولا يستكثر فيه ما أنعم الله به عليه فإن الحسد
للأجانب حرام شديد التحريم فكيف للمتعلم الذي هو بمنزلة الولد ويعود من فضيلته إلى
معلمه في الآخرة الثواب الجزيل وفي الدنيا الثناء الجميل والله الموفق
Fasal ke-9:
Diutamakan bagi pengajar agar
mementingkan pengajaran mereka dengan melebihkannya di atas
kemaslahatan dirinya yang bersifat duniawi yang bukan keperluan utama/asas yang amat mendesak. Hendaklah
dia mengosongkan hatinya
dari segala hal yang menyibukkannya, ketika dia duduk untuk mengajari mereka. Hendaklah dia
berusaha keras menjadikan mereka mengerti dan memberi masing-masing dari mereka memperoleh
bagian yang layak ke atasnya.
Maka janganlah dia mengajari banyak perkara kepada pelajar yang tidak bisa menerima banyak dan
jangan meringkas bagi siapa yang menonjol kecerdasannya semata tidak dibimbingkan akan
terjadi fitnah ke atasnya karena
timbul rasa bangga atau lainnya.
Siapa yang kurang
perhatiannya, seorang guru bisa menegurnya dengan lemah-lembut selama dia tidak takut
murid itu akan lari. Janganlah dengki kepada salah seorang dari mereka karena kepandaian yang
menonjol dan jangan mengganggap
dirinya istimewa karena nikmat yang dianugerahkan Allah swt kepadanya.
Karena kedengkian
kepada orang lain amat diharamkan, apalagi terhadap pelajar yang memiliki
kedudukan seperti anak. Kepandaiannya adalah atas jasa gurunya yang mendapat pahala yang
banyak di akhirat dan pujian yang baik didunia. Hanya Allah Yang memberi taufik.
Silahkan Bagikan Artikel ini
Mohon Maaf, Kepada Semua Sahabat, Atas Ketidak Nyamanannya, Dengan adanya Shortener Di Link Download. Mohon Keridhoannya. Terima Kasih.**** Apabila kesulitan Download Silahkan buka/klik gambar(Cara Download) dibawah postingan. Apabila masih kesulitan, silahkan copy paste link download yang ada, kebrowser anda.*** Apabila ada link Download yg rusak/mati, mohon beritahu kami lewat komentar dibawah ini.
Title : (Fasal ke 7-9) PANDUAN MENGAJAR DAN BELAJAR AL-QUR'AN (At-Tibyaan )
Description : TERJEMAH KITAB "At-Tibyaan fii Aadaabi Hamalatil Qur’an" Abu Zakariya Yahya Muhyiddin bin Syaraf bin Hizam An-Nawaw...