بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ
اللهُم َّصلِّ علٰى سَيِّدنا مُحَمّدٍ عبدِكَ وَنبيِّكَ ورسولِكَ النَّبيِّ الاُمِيّ وَعلٰى اٰلهِ وَصَحْبِهِ وسَلِّم تسليماً بقدرِ عظمةِ ذاَتِكَ في كـُلِّ وَقتٍ وَحيـنٍ
المقالة الخامسة
والثلاثون
فـي
الـــورع
قـال رضـي الله تـعـالى
عـنـه و أرضـاه : عليك
بالورع وإلا فالهلاك في زيقك ملازم لك لا تنجو منه أبدا إلا أن يتغمدك الله تعالى
برحمته، فقد ثبت في الحديث المروى عن النبي صلى الله عليه وسلم أنه قال : (إن ملاك الدين الورع، وهلاكه الطمع، وإن من حام حول الحمى يوشك
أن يقع فيه، كالراتع إلى جنب الزرع يوشك أن يمد فاه إليه لا يكاد أن يسلم الزرع
منه) وعن أبى بكر الصديق رضي الله عنه أنه قال : كنا
نترك سبعين باباً من المباح مخافة أن نقع في الجناح. وعن أمير المؤمنين عمر
بن الخطاب رضي الله عنه أنه قال : كنا نترك تسعة
أعشار الحلال مخافة أن نقع في الحرام، فعلوا ذلك تورعاً في مقاربة الحرام
أخذاً بقول النبي صلى الله عليه وسلم : (لكل ملك حمى)
وإن حمى الله محارمه، فمن حام حول الحمى يوشك أن يقع فيه، فمن دخل حصن الملك فجاز
الباب الأول ثم الثاني والثالث حتى قرب من سدته خير ممن وقف على الباب الأول الذي يلي
البر، فإنه إن أغلق عنه غلق الباب الثالث لم يضره وهو من وراء بابين من أبواب
القصر ومن دونه حراس الملك وجنده، وأما إذا كان على الباب الأول فأغلقوا عنه بقى في
البر وحده فأخذته الذئاب والأعداء وكان من الهالكين، فهكذا من سلك العزيمة
ولازمها. إن سلب عنه مدد التوفيق والرعاية وانقطعت عنه حصل في الرخص ولم يخرج عن
الشرع. فإذا أدركته المنية كان على العبادة والطاعة ويشهد له بخير العمل، ومن وقف
على الرخص ولم يتقدم إلى العزيمة إن سلب عنه التوفيق فقطعت عنه أمداده فغلب الهوى
عليه وشهوات النفس، فتناول الحرام خرج من الشرع، فصار في زمرة الشياطين أعداء الله
عزَّ وجلَّ الضالين عن سبل الهدى، فإن أدركته المنية قبل التوبة كان من الهالكين
إلا أن يتغمده الله تعالى برحمته وفضله، فالخطر في القيام مع الرخص، والسلامة كل
السلامة مع العزيمة، والله الهادي إلى سواء الطريق.
Risalah 35
Mutiara karya
Syeikh Abdul Qodir Jailani
Berpantang dari segala yang haram adalah wajib bagimu, kalau tidak,
maka tali kehancuran akan menjeratmu. Kau takkan lepas darinya, kecuali dengan
kasih-sayang-Nya. Nabi Suci saw. bersabda bahawa asas agama adalah
keberpantangan dari segala yang haram, sedang kebinasaannya adalah kerakusan.
Umar ibn Khaththab as. Pernah berkata:
"Kami biasa berpantang dari sembilan per sepuluh dari hal-hal yang halal,
sebab kami khawatir kalau-kalau kami jatuh ke dalam hal-hal yang
haram."
Abu Bakar as. Pernah berkata:
"Kami biasa menghindari tujuh puluh pintu dari hal-hal yang halal, kerana
kami khawatir akan keterlibatan dalam dosa."
Peribadi-peribadi ini
berlaku demikian hanya untuk menjauh dari segala yang haram. Mereka bertindak
berdasarkan sabda Nabi saw.:
"Ingatlah! Sesungguhnya setiap raja memiliki sebuah padang rumput yang
terjaga. Sedang padang rumput Allah ialah hal-hal yang
dilarang-Nya."
Maka, orang yang berbeza di sekitar padang itu, boleh
memasukinya. Namun, orang yang memasuki benteng raja, melewati gerbang pertama,
kedua dan ketiga, hingga sampai di singgasana, adalah lebih baik berbanding
orang yang berada di pintu pertama. Maka, bila pintu ketiga tertutup baginya,
hal itu takkan merugikannya, sebab ia tetap berada di balik dua pintu istana,
dan ia memiliki milikan raja, dan tenteranya dekat dengannya. Tapi, bagi orang
yang berada di pintu pertama, jika pintu ini tertutup baginya, maka ia tetap
sendirian di padang terbuka, bisa-bisa diterkam serigala dan musuh, bisa-bisa
diterkam serigala dan musuh, bisa-bisa ia binasa. Begitu pula, orang yang
menunaikan perintah-perintah Allah akan dijauhkan darinya pertolongan daya dan
keleluasaan, dan ia akan terbebas dari kedua hal ini. Dan ia tetap berada di
dalam hukum. Bila kematian merenggutnya, maka ia berada dalam kepatuhan dan
pengabdian. Dan amal kebajikannya akan menjadi saksi baginya.
Orang yang
diberi kemudahan, sedang ia tak menunaikan kewajiban-kewajibannya, jika
kemudahan itu dicabut darinya dan ia terputus dari pertolongan-Nya, maka hawa
nafsu akan menguasainya, dan ia akan tenggelam dalam hal-hal yang haram, keluar
dari hukum, bersama dengan para setan, yang adalah musuh-musuh Allah, dan akan
menyimpang dari jalan kebenaran. Maka, jika kematian merenggutnya, sedang ia
belum bertaubat, maka ia akan binasa, jika Allah tak mengasihinya. Jadi, bahaya
terletak pada keterlengahan, sedang keselamatan terletak pada pemenuhan
kewajiban.
Silahkan Bagikan Artikel ini
Mohon Maaf, Kepada Semua Sahabat, Atas Ketidak Nyamanannya, Dengan adanya Shortener Di Link Download. Mohon Keridhoannya. Terima Kasih.**** Apabila kesulitan Download Silahkan buka/klik gambar(Cara Download) dibawah postingan. Apabila masih kesulitan, silahkan copy paste link download yang ada, kebrowser anda.*** Apabila ada link Download yg rusak/mati, mohon beritahu kami lewat komentar dibawah ini.
Title : TERJEMAH KITAB FUTUUHUL GHAIB 35 (Syeikh Abdul Qodir al-Jailani ra)
Description : Futuuhul ghoib المقالة الخامسة والثلاثون فـي الـــورع قـال رضـي الله تـعـالى عـنـه و أرضـاه : عليك...