Futuuhul ghoib
المقالة الخامسة
والأربعون
فـي
الـنـعـمـة و الابـتـلاء
قـال رضـي الله تـعـالى
عـنـه و أرضـاه : إن
الناس رجلان: منعم عليه، ومبتلى بما قضى ربه عز وجل ، فالمنعم لا يخلو من المعصية
والتكدر فيما أنعم عليه، فهو في أنعم ما يكون من ذلك إذ جاء القدر بما يكدره عليه
من أنواع البلايا من الأمراض والأوجاع والمصائب في النفس والمال والأهل والأولاد
فيتعظ بذلك، فكأنه لم ينعم عليه قط وينسى ذلك النعيم وحلاوته وإن كان الغنى قائماً
بالمال والجاه والعبيد والإماء والأمن من الأعداء فهو في حال النعماء كأن لا بلاء في
الوجود، كل ذلك لجهله بمولاه عزَّ وجل {فَعَّالٌ
لِّمَا يُرِيدُ} هود107.البروج 16.
. يبدل، ويحلى ويمر، ويغنى ويفقر،
ويرفع ويخفض، ويعز ويذل ويحيى ويميت، ويقدم ويؤخر. لما اطمأن إلى ما به من النعيم،
ولما اغتر به، ولما أيس من الفرج في حالة البلاء، وبجهله أيضاً بالدنيا اطمأن
إليها وطلب بها صفاء لا يشوبه كدر، ونسى إنها دار بلاء وتنغيص، وتكاليف وتكدير وأن
أصلها بلاء وطارفها نعماء فهي كشجرة الصبر أول ثمرتها مر وآخرها شهد حلو، لا يصل
المرء إلى حلاوتها حتى يتجرع مرارتها، فلن يبلغ إلى الشهد إلا بالصبر على المر،
فمن صبر على بلائها حلى له نعيمها، إنما يعطى الأجير أجره بعد عروق جبينه وتعب
جسده وكرب روحه وضيق صدره وذهاب قوته وإذلال نفسه وكسر هواه في خدمة مخلوق مثله،
فلما تجرع هذه المرائر كلها أعقبت له طيب طعام وإدام وفاكهة ولباس وراحة وسرور ولو
أقل قليل، فالدنيا أولها مرة كالصحفة العليا من عسل في ظرف مشوبة بمرارة، فلا يصل
الآكل إلى قرار الظرف ويتناول الخالص منه إلا بعد تناول الصحفة العليا، فإذا صبر
العبد على أداء أوامر الرب عز وجل وانتهاء نواهيه والتسليم والتفويض فيما يجرى به
القدر، وتجرع مرائر ذلك كله وتحمل أثقاله، وخالف هواه وترك مراده. أعقبه الله عز
وجل بذلك طيب العيش في آخر عمره والدلال والراحة والعزة، ويتولاه ويغذيه كما يغذى
الطفل الرضيع من غير تكلف منه وتحمل مؤنة وتبعة في الدنيا والأخرى كما يتلذذ آكل
المر من الصحفة العليا من العسل يأكله من قرار الظرف، فينبغي للعبد المنعم عليه أن
لا يأمن مكر الله عز وجل فيغتر بالنعمة ويقطع بدوامها، ويغفل عن شكرها ويرخى قيدها
بتركه لشكرها. قال النبي صلى الله عليه وسلم : (النعمة
وحشية فقيدوها بالشكر) فشكر نعمة المال الاعتراف بها للمنعم المتفضل وهو
الله عز وجل والتحدث بها لنفسه في سائر الأحوال ورؤية فضله ومنته عز وجل وأن لا
يتملك عليه ولا يتجاوز حده فيه، ولا يترك أمره فيه، ثم بأداء حقوقه من الزكاة
والكفارة والنذر والصدقة، وإغاثة الملهوف، وافتقاد أرباب الحاجات وأهلها في
الشدائد عند تقلب الأحوال وتبدل الحسنات بالسيئات، أعنى ساعات النعيم والرخاء
بالبأساء والضراء. وشكر نعمة العافية في الجوارح والأعضاء في الاستعانة بها على
الطاعات والكف عن المحارم والسيئات والمعاصي والآثام فذلك قيد النعم عن الرحلة
والذهاب، وسقى شجرتها وتنمية أغصانها وأوراقها، وتحسين ثمرتها، وحلاوة طعمها
وسلامة عاقبتها، ولذة مضغها، وسهولة بلها، وتعقب عافيتها وريعها في الجسد، ثم ظهور
بركتها على الجوارح من أنواع الطاعات والقربات والأذكار، ثم دخول العبد بعد ذلك في
الآخرة في رحمة الله عز وجل. والخلود في الجنان مع – النبيين والصديقين والشهداء
والصالحين وحسن أولئك رفيقاً – فإن لم يفعل ذلك واغتر بما ظهر من زينة الدنيا وبما
ذاق من لذتها، واطمأن إلى بريق سرابها وما لاح من بريقها وما هب من نسيم أول نهار
قيظها، ونعمومة جلود حياتها وعقاربها، وغفل وعمى عن سمومها القاتلة المودعة في
أعماقها، ومكامنها ومصايدها المنصوبة لأخذه وحبسه وهلاكه، فليهنأ للردى وليستبش
بالعطف والفقر العاجل،مع الذل والهوان في الدنيا والعذاب الآجل في النار ولظى.
وأما
المبتلى. فتارة يبتلى عقوبة ومقابلة لجريمة ارتكبها ومعصية اقترفها وأخرى يبتلى
تكفيراً وتحميصاً، وأخرى يبتلى لارتفاع الدرجات وتبليغ المنازل العاليات ليلحق
بأولى العالم من أهل الحالات والمقامات، مما سبقت لهم عناية من رب الخليقة
والبريات، وسيرهم مولاهم ميادين البليات على مطايا الرفق والألطاف، وروحهم بنسيم
النظرات واللحظات في الحركات والسكنات، إذ لم يكن ابتلاهم للإهلاك والإهواء في
الدركات، ولكن اخبرهم بها للاصطفاء والاجتباء واستخراج بها منهم حقيقة الإيمان
وصفاها وميزها من الشرك والدعاوى والنفاق،ونحلهم بها أنواع العلوم والأسرار
والأنوار، فجعلهم من اخلص الخواص، ائتمنهم على أسراره، وارتضاهم لمجالسته. قال النبي
صلى الله عليه وسلم : (الفقراء الصبر جلساء الرحمن يوم
القيامة) دنيا وأخرى، في الدنيا بقلوبهم وفى الآخرة بأجسادهم، فكانت
البلايا مطهرة لقلوبهم من دون الشرك، والتعلق بالخلق والأسباب والأماني والإرادات،
وذوابة لها وسباكة من الدعاوى والهوسات، وطلب الأعواض بالطاعات من الدرجات والمنازل
العاليات في الآخرة في الفردوس والجنات.
فعلامة
الابتلاء على وجه المقابلة والعقوبات، عدم الصبر عن وجودها والجزع والشكوى إلى
الخليقة والبريات.
وعلامة
الابتلاء تكفيراً وتمحيصاً للخطيات وجود الصبر الجميل من غير شكوى وإظهار الجزع
إلى الأصدقاء والجيران والتضجر بأداء الأوامر والطاعات.
وعلامة
الابتلاء ارتفاع وجود الرضا والموافق، وطمأنينة النفس والسكون بفعل إله الأرض
والسموات، والفناء فيها إلى حين الانكشاف بمرور الأيام والساعات.
Risalah 45
Mutiara karya
Syeikh Abdul Qodir Jailani
Ketahuilah bahawa ada dua macam manusia. Yang pertama ialah manusia yang
dikurniai kebaikan-kebaikan duniawi. Yang kedua ialah manusia yang diuji dengan
ketentuan-Nya. Manusia yang mendapatkan kebaikan duniawi, tak bebas dari noda
dosa dan kegelapan dalam menikmati yang mereka dapatkan itu.
Manusia
semacam itu bermewah-mewah dengan kurnia duniawi ini. Bila ketentuan Allah
datang, yang menggelapi sekitarnya melalui aneka musibah yang berupa penyakit,
penderitaan, kesulitan hidup, sehingga ia hidup sengsara, dan tampak seolah-olah
ia tak pernah menikmati sesuatu pun. Ia lupa akan kesenangan dan kelazatannya.
Dan jika kecerahan menimpanya, maka seolah-olah ia tak pernah mengalami musibah.
Sedang jika ia mengalami musibah, maka seolah-olah tiada kebahagiaan. Semua ini
disebabkan oleh pengabdian terhadap Tuhannya.
Nah, jika ia telah tahu
bahawa Tuhannya sepenuhnya bebas bertindak sekehendak-Nya, mengubah, memaniskan,
memahitkan, memuliakan, menghinakan, menghidupkan, mematikan, memajukan dan
memundurkan - jika ia telah tahu semua ini, maka ia tak merasa bahagia di
tengah-tengah kebahagiaan duniawi dan tak merasa bahagia di tengah-tengah
kebahagiaan duniawi dan tak merasa bangga kerananya, juga tak berputus asa akan
kebahagiaan di kala duka. Perilaku salahnya ini disebabkan juga oleh
ketaktahuannya akan dunia ini, yang sebenarnya tempat ujian, kepahitan,
kejahilan, kepedihan dan kegelapan. Jadi kehidupan duniawi itu bak pohon gaharu,
yang rasa pertamanya pahit, sedang rasa akhirnya manis seperti madu, dan tiada
seorang pun dapat merasakan manisnya, sebelum ia merasakan pahitnya. Tak seorang
pun dapat mengecap madunya, sebelum ia tabah atas kepahitannya. Maka,
barangsiapa tabah atas cubaan-cubaan duniawi, maka ia berhak mengecap
rahmat-Nya.
Tentu, seorang pekerja mesti diberi upah setelah keningnya
berkeringat, tubuh dan jiwanya letih. Maka, bila orang telah merasa semua
kepahitan ini, maka datang kepadanya makanan dan minuman lazat, pakaian yang
bagus dan kesenangan meski sedikit. Jadi, dunia adalah sesuatu, yang bahagian
pertamanya ialah kepahitan, bagai pucuk madu di sebuah bejana yang berbaur
dengan kepahitan, sehingga si pemakan tak mungkin mencapai dasar bejana, dan
yang dimakannya hanyalah madu murninya sampai ia mengecap pucuknya.
Nah,
bila hamba Allah telah berupaya keras menunaikan perintah Allah, Yang Maha kuasa
lagi Maha agung, menjauh dari larangan-Nya, dan pasrah kepada-Nya, maka bila ia
telah merasa kepahitannya, menahan bebannya, berupaya melawan kehendaknya
sendiri dan mencampakkan maksud-maksud peribadinya, maka Allah mengurniainya,
sebagai hasil dari ini, kehidupan yang baik, kesenangan, kasih-sayang dan
kemuliaan. Maka menjadilah Ia walinya dan menyuapinya persis seperti seorang
bayi yang disuapi, yang tak berdaya, yang tak berupaya keras di dunia ini dan di
akhirat, yang juga seperti pemakan pucuk pahit madu yang mengecap dengan
lahapnya bahagian bawah isi bejana. Nah, patutlah bagi sang hamba yang telah
dikurniai oleh Allah, untuk tak merasa aman dari cubaan-Nya, untuk tak merasa
yakin akan kekekalannya, agar tak lupa bersyukur atasnya. Nabi Suci saw.
berkata:
"Kebahagiaan duniawi merupakan sesuatu yang ganas; maka jinakkanlah ia
dengan kesyukuran."
Jadi, mensyukuri rahmat bererti mengakui sang
Pemberinya, Yang Maha pemurah, iaitu Allah, senantiasa mengingatnya, tak
mengklaim atas-Nya, tak mengabaikan perintah-Nya, dan diiringi dengan penunaian
kewajiban terhadap-Nya, yakni mengeluarkan zakat, membersihkan diri, bersedekah,
berkorban sebagai nazar, meringankan beban penderitaan kaum lemah dan membantu
mereka yang memerlukan , yang mengalami kesulitan dan yang keadaannya berubah
dari baik menjadi buruk, iaitu, yang masa-masa bahagia dan harapannya telah
berubah menjadi kedukaan. Bersyukurnya anasir tubuh atas rahmat berupa
digunakannya anasir tubuh itu untuk menunaikan perintah-perintah Allah dan
mencegah diri dari hal-hal yang haram, dari kekejian dan dosa.
Inilah
cara melestarikan rahmat, mengairi tanamannya dan memacu tumbuhnya dahan dan
dedaunannya; mempercantik buahnya, memaniskan rasanya, memudahkan penelanannya,
mengenakkan pemetikannya dan membuat rahmatnya mewujud di seluruh organ tubuh
lewat berbagai tindak kepatuhan kepada-Nya, seperti lebih mendekatkan diri
kepada-Nya dan senantiasa mengingat-Nya, yang kemudian memasukkan sang hamba, di
akhirat, ke dalam kasih-sayang-Nya, Yang Maha kuasa lagi Maha agung, dan
menganugerahinya kehidupan abadi di taman-taman syurga bersama dengan para Nabi
Suci, shiddiq, syahid dan shalih - inilah suatu kebersamaan yang
indah.
Namun, jika tak berlaku begini, mencintai keindahan lahiriah
kehidupan semacam itu, asyik menikmatinya dan puas dengan gemerlapnya
fatamorgananya, yang kesemuanya bagai embusan sepoi angin dingin di pagi musim
panas, dan bagai lembutnya kulit naga dan kalajengking; dan menjadi lupa akan
bisa mautnya dan tipuannya - kesemuanya ini akan menghancurkannya - orang
seperti itu mesti diberi khabar-khabar gembira tentang penolakan, kehancuran
yang segera, kehinaan di dunia ini dan siksaan kelak dalam api neraka nan
abadi.
Cobaan atas manusia - kadang berupa hukuman atas pelanggaran
terhadap hukum dan atas dosa yang telah diperbuatnya. Kadang berupa pembersihan
noda, dan kadang pula berupa pemuliaan maqam ruhani manusia, yang baginya rahmat
Tuhan semesta terkurniakan sebelumnya, yang melalukannya dari bencana dengan
kelembutan, sebab cobaan semacam itu tak dimaksudkan untuk menghancurkan dan
mencampakkannya ke dasar neraka, tapi, dengan begini, Allah mengujinya untuk
dipilih dan mewujudkan darinya hakikat iman, mensucikannya dan bersih dari
kesyirikan, kebanggaan diri, kemunafikan, dan membuat kurnia cuma-cuma, sebagai
pahala baginya, dari berbagai pengetahuan, rahsia dan nur.
Nah, bila
orang ini menjadi bersih ruhani dan jasmani, dan hatinya menjadi suci, bererti
Ia telah memilihnya di dunia ini dan di akhirat - di dunia ini yakni melalui
hatinya, sedang di akhirat yakni melalui jasmaninya. Maka segala bencana menjadi
pencuci noda kesyirikan dan pemutus hubungan dengan manusia, sarana duniawi dan
dambaan-dambaan, dan menjadi pelebur kesombongan, ketamakan dan harapan akan
imbalan syurga atas penunaian perintah-perintah.
Cobaan yang berupa
hukuman menunjukkan adanya kekurang sabaran atas cobaan-cobaan ini, dengan
mengaduh dan mengeluh kepada orang. Cobaan yang berupa penyucian dan penyirnaan
kelemahan menunjukkan maujudnya kesabaran, ketak-mengeluhan kepada sahabat dan
tetangga, pelaksanaan perintah-perintah, ketidak taatan dan kepatuhan. Cobaan yang
berupa pemuliaan maqam menunjukkan adanya keridhaan, kedamaian dengan kehendak
Allah, Tuhan bumi dan langit, dan penafian diri sepenuhnya dalam cobaan ini,
hingga saat berlalunya.