بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ
اللهُم َّصلِّ علٰى سَيِّدنا مُحَمّدٍ عبدِكَ وَنبيِّكَ ورسولِكَ النَّبيِّ الاُمِيّ وَعلٰى اٰلهِ وَصَحْبِهِ وسَلِّم تسليماً بقدرِ عظمةِ ذاَتِكَ في كـُلِّ وَقتٍ وَحيـنٍ
Futuuhul ghoib
المقالة الثالثة
والأربعون
فـي ذم الـســؤال
مـن غـيـر الله تـعـالـى
قـال قـدَّس الله ســرّه : ما سأل الناس من سأل إلا لجهله بالله عزَّ وجلَّ وضعف
إيمانه ومعرفته ويقينه وقلة صبره، وما تعفف من تعفف عن ذلك إلا لوفور علمه بالله
عزَّ وجلَّ وقوة إيمانه ويقينه وتزايد معرفته بربه عزَّ وجلَّ في كل يوم ولحظة
وحياته منه عزَّ وجلَّ.
Risalah 43
Mutiara karya
Syeikh Abdul Qodir Jailani
Barangsiapa meminta sesuatu dari manusia, bererti ia tak tahu akan Allah, lemah
iman, lemah pengetahuan tentang hakikat, dan tak sabar; sedang barangsiapa tak
meminta, bererti ia amat tahu akan Allah, Yang Maha kuasa lagi Maha agung, kuat
imannya, kian bertambah pengetahuan tentang-Nya dan ketakwaan kepada-Nya, Yang
Maha kuasa lagi Maha agung.
المقالة الرابعة
والأربعون
فـي ســبـب
عـدم اســتـجـابـة دعـاء الـعـارف بـالله تـعـالـى
قـال قـدَّس الله ســرّه : إنما لم يستجب للعارف كلما يسأل ربه عز وجل ويوفى له
بكل وعد لئلا يغلب عليه الرجاء فيهلك، لأن ما من حالة ومقام إلا ولذاك خوف ورجاء
هما جناحي طائر لا يتم الإيمان إلا بهما وكذلك الحال والمقام، غير أن خوف كل حالة
ورجاءها بما يليق بها، فالعارف مقرب وحالته ومقامه أن لا يريد شيئاً سوى مولاه عز
وجل ولا يركن ولا يطمئن إلى غيره عز وجل، ولا يستأنس بغيره، فطلبه لإجابة سؤاله
والوفاء بعهده غير ما هو بصدده ولائق بحاله ففي ذلك أمران اثنان : أحدهما لئلا
يغلب عليه الرجاء والغرة بمكر ربه عز وجل فيغفل عن القيام بالأدب فيهلك، والآخر
شركه بربه عز وجل يشئ سواه، إذ لا معصوم في العالم في الظاهر بعد الأنبياء عليهم
وعلى نبينا أفضل الصلاة والسلام، فلا يجيبه ولا يوفى له كيلا، يسأل عادة ويريده
طبعاً لا امتثال للأمر، لما في ذلك من الشرك والشرك كبيرة في الأحوال كلها والأقدام
جميعها والمقامات بأسرها.
وأما إذا كان السؤال بأمر فذلك مما يزيده قرباً
كالصلاة والصيام وغيرهما من الفرائض والنوافل، لأنه يكون في ذلك ممتثلاً للأمر.
Risalah 44
Mutiara karya
Syeikh Abdul Qodir Jailani
Sesungguhnya do'a orang yang berpengetahuan ruhani kepada Allah Yang Maha kuasa
lagi Maha agung, tak dikabulkan, dan setiap janji yang dibuat kepadanya tak
dipenuhi, agar ia tak hancur kerana keterlalu-optimis. Sebab setiap keadaan
atau maqam ruhani mempunyai ketakutan dan harap. Dengan demikian, orang yang
berpengetahuan ruhani mengalami kedekatan dengan-Nya, sehingga ia tak
menghendaki sesuatu pun selain Allah. Maka permohonan (sang pengabdi) agar
doanya diterima dan janji kepadanya dipenuhi, bertentangan dengan jalan dan
keadaannya.
Ada dua sebab untuk ini. Pertama ia tak diatasi oleh harapan
dan khayal diri melalui rencana tinggi Allah, dan lupa akan kebaikannya dalam
penghampirannya kepada Allah, sehingga ia hancur. Kedua, hal itu sama dengan
menyekutukan-Nya dengan sesuatu. Sebab tak satu pun di dunia ini sepenuhnya
bebas dari dosa, kecuali para Nabi. Kerana inilah, Ia tak selalu mengabulkan
doanya dan tak memenuhi janji kepada sang pengabdi, agar ia tak meminta sesuatu
pun atas dorongan hawa nafsunya tanpa mematuhi perintah-perintah-Nya, yang di
dalamnya terletak kemungkinan kesyirikan, dan dalam setiap keadaan, langkah dan
maqam sang salik banyak kemungkinan berbuat kesyirikan. Tetapi bila doanya
selaras dengan perintah, maka hal itu mendekatkan manusia kepada Allah, semisal
salat, puasa, kewajiban-kewajiban lainnya, sunnah serta kewajiban tambahan,
sebab dalam hal-hal ini ada kepatuhan kepada perintah.
Silahkan Bagikan Artikel ini
Mohon Maaf, Kepada Semua Sahabat, Atas Ketidak Nyamanannya, Dengan adanya Shortener Di Link Download. Mohon Keridhoannya. Terima Kasih.**** Apabila kesulitan Download Silahkan buka/klik gambar(Cara Download) dibawah postingan. Apabila masih kesulitan, silahkan copy paste link download yang ada, kebrowser anda.*** Apabila ada link Download yg rusak/mati, mohon beritahu kami lewat komentar dibawah ini.
Title : TERJEMAH KITAB FUTUUHUL GHAIB 43-44 (Syeikh Abdul Qodir al-Jailani ra)
Description : Futuuhul ghoib المقالة الثالثة والأربعون فـي ذم الـســؤال مـن غـيـر الله تـعـالـى قـال قـدَّس الله ســرّه : ما سأل الناس من...