بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ
اللهُم َّصلِّ علٰى سَيِّدنا مُحَمّدٍ عبدِكَ وَنبيِّكَ ورسولِكَ النَّبيِّ الاُمِيّ وَعلٰى اٰلهِ وَصَحْبِهِ وسَلِّم تسليماً بقدرِ عظمةِ ذاَتِكَ في كـُلِّ وَقتٍ وَحيـنٍ
Terjemah Kitab At-Tanwir fi-Isqothi at-Tadbir
Syeikh Ibn ‘Atho’illah as-Sakandary ra.
BAB ENAM
MANUSIA TERBAGI MENJADI
DUA
الناس على قسمين
فالناس إذن على قسمين:
عبد طلب الدنيا للدنيا، وعبد طلب الدنيا للآخرة. وسمعت شيخنا أبا العباس رحمه الله يقول: (العارف لا دنيا له، لأن دنياه لآخرته، وآخرته لربه). وعلى
ذلك تحمل أحوال الصحابة، والسلف الصالحين رضي الله فكل ما دخلوا فيه من أسباب
الدنيا، فهم بذلك إلى الله متقربون والى رضاه مسببون لا قاصدون بذلك الدنيا
وزينتها، ووجود لذتها وبذلك وصفهم الحق سبحانه وتعالى بقوله: {محمد رسول
الله والذين معه أشداء على الكفار، رحماء بينهم، تراهم ركعا سجدا، يبتغون فضلا من
الله ورضوانا، سيماهم في وجوههم من أثر السجود}. وقال في الآية الأخرى: {في
بيوت أذن الله أن ترفع ويذكر فيها اسمه يسبح له فيها بالغدو والآصال رجال لا
تلهيهم تجارة ولا بيع عن ذكر الله، وإقام الصلاة وإيتاء الزكاة، يخافون يوما تتقلب
فيه القلوب والإبصار}. وبقوله تعالى: {رجال
صدقوا ما عاهدوا الله عليه فمنهم من قضى نحبه، ومنهم من ينتظر وما بدلوا تبديلا}.ونظائر هذه الآيات،
Dengan demikian manusia terbagi
menjadi dua, yaitu hamba yang mencari dunia untuk dunia dan yang mencari dunia
untuk akhirat. Aku mendengar Syeikh Abu al-Abbas al-Mursy ra. berkata, “Orang
‘arif adalah yang tidak memiliki dunia. sebab, dunianya untuk akhiratnya. lalu
akhiratnya untuk Tuhannya”. itulah ahwal
para Sahabat dan Salafus-sholih. mereka menggeluti dunia semata-mata untuk
mendekatkan diri kepada Alloh swt. dan mencari ridho-Nya. bukan untuk mencari
dunia berikut perhiasan dan kenikmatannya.
Alloh swt. berfirman, “Muhammad utusan Alloh. Orang yang
bersamanya bersikap keras kepada orang kafir dan mengasihi sesama mereka. kamu
lihat mereka ruku’ dan sujud mencari karunia Alloh dan ridho-Nya. Tanda mereka
terdapat pada muka mereka dari bekas sujud”.
dalam ayat lain Alloh swt. berfirman, “Mereka telah bertasbih kepada
Alloh dimasjid-masjid, tempat yang diperintahkankan untuk dimuliakan dan
disebut nama-Nya dipagi dan sore hari,
perniagaan dan jual beli tidak melalaikan mereka dari mengingat Alloh,
mendirikan sholat, dan membayar zakat. Mereka takut akan suatu hari ketika hati
dan penglihatan mereka terguncang”. Firman
Alloh lagi, “Diantara kaum yang beriman
ada orang yang menepati janji mereka kepada Alloh. Diantara mereka ada yang
gugur dan ada pula yang menunggu. Mereka tidak pernah mengubah janjinya”. Dan masih banyak ayat lain yang mengabarkan
keutamaan mereka.
وما ظنك بقوم اختارهم
الله لصحبة رسوله صلى الله عليه وسلم، ولمواجهة خطابه في تنزيله، فما أحد من
المؤمنين إلى يوم القيامة إلا وللصحابة في عنقه منن لا تحصى، وأياد لا تنسى لأنهم
الذين حملوا إلينا عن رسول الله صلى الله عليه وسلم، الحكمة والأحكام، وبينوا
الحلال والحرام، وفهموا الخاص والعام، وفتحوا الأقاليم والبلاد، وقهروا أهل الشرك
والعناد. وبحق
ما قال رسول الله صلى الله عليه وسلم فيهم: (أصحابي
كالنجوم بأيهم اقتديتم اهتديتم). وقد وصفهم في الآية
الأولى بأوصاف إلى أن قال: (يبتغون فضلا من الله
ورضوانا).
فقد
أخبر سبحانه وهو المطلع على أسرارهم، العالم بهم في سرهم واجهاهم، أنهم ما ابتغوا
بما حاولوه الدنيا، ولم يقصدوا بذلك إلا وجه الله الكريم، وفضله العميم، وقد قال
سبحانه وتعالى فيهم: {واصبر نفسك مع الذين يدعون
ربهم بالغداة والعشي يريدون وجهه}. فقد أخبر
سبحانه أنهم لا يريدون سواه ولا يقصدون إلا إياه وقال في الآية الأخرى: {يسبح له فيها بالغدو والآصال رجال لا تلهيهم تجارة ولا
بيع عن ذكر الله}. إشارة إلى انه قد طهر أسرارهم، وكمل
أنوارهم، فلذلك لا تأخذ الدنيا قلوبهم، ولا تخدش وجه إيمانهم وكيف تأخذ الدنيا من
قلوب ملأها بحبه، وأشرق فيها أنوار قربه، وقد قال سبحانه وتعالى: {إن عبادي ليس لك عليهم سلطان}. فلو كان للدنيا على
قلوبهم سلطان لكان الشيطان على قلوبهم أيضا، إذ لا يمكن الشيطان أن يصل إلى قلوب
أشرقت فيها أنوار الزهد، وكنست من أوساخ الرغبة. فقوله سبحانه وتعالى: {إن عبادي ليس لك عليهم سلطان}
أي ليس لك ولا لشيء من الأكوان على قلوبهم سلطان لأن سلطان عظمتي في قلوبهم يمنعهم
أن يكون على قلوبهم سلطان لشيء دوني.
Bagaimana Pendapatmu tentang kaum
yang telah dipilih oleh Alloh untuk menjadi sahabat Rosululloh saw. dan untuk
menerima firman-Nya. setiap Mukmin hingga hari kiamat berutang budi pada
mereka, jasa-jasa mereka sungguh tak bisa dilupakan. sebab, mereka telah
membawakan kepada kita hikmah dan hukum Rosululloh saw. Mereka juga menjelaskan
yang halal dan yang haram. mereka memahami yang khusus dan yang umum (dari
ajaran Rosululloh saw.). mereka menaklukkan sejumlah daerah dan berbagai
negeri, serta berhasil menghancurkan kaum musyrik dan pembangkang. Sungguh
tepat gambaran Rosululloh tentang mereka, “Para sahabatku bagaikan
bintang-bintang. Teladani siapapun diantara mereka, niscaya kau mendapat
petunjuk”.
Pada ayat pertama(al-Fath 29), Alloh
menggambarkan sifat-sifat mereka, “Mencari
karunia Alloh dan ridho-Nya”. Alloh mengetahui seluruh rahasia mereka,
serta keadaan lahir dan batin mereka. Alloh mengabarkan bahwa seluruh upaya dan
tingkah laku mereka bukan bertujuan untuk mencari dunia. Mereka hanya mencari ridho
Alloh swt. dan karunia-Nya yang luas. Alloh swt. berfirman tentang mereka, “Bersabarlah kamu bersama mereka yang
menyeru Tuhan mereka di pagi dan senja hari dengan mengharap ridho-Nya”. Alloh
memberitahukan bahwa mereka hanya menginginkan-Nya, tidak menginginkan
selain-Nya. pada ayat lain Alloh berfirman, “Mereka telah bertasbih kepada Alloh dimasjid-masjid, tempat yang
diperintahkankan untuk dimuliakan dan disebut nama-Nya dipagi dan sore
hari, perniagaan dan jual beli tidak
melalaikan mereka dari mengingat Alloh”. Ayat ini mengisyaratkan bahwa Dia
telah menyiapkan jiwa mereka dan menyempurnakan cahaya mereka. karena itu,
dunia tidak menarik hati mereka dan tidak mengeruhkan iman mereka. Bagaimana
mungkin dunia akan merampas hati yang sudah di isi dengan kecintaan kepada-Nya.
Hati yang telah disinari dengan cahaya Muqorobah. Alloh berfirman, “Engkau
tidak memiliki kekuasaan atas hamba-hamba-Ku”.
Seandainya dunia bisa menarik hati mereka, pastilah syetan juga bisa
menguasainya. sebab, tidak mungkin syetan bisa menyentuh hati yang di sinari
cahaya zuhud dan bersih dari noda hasrat/keinginan. Firman Alloh, “Engkau tidak
memiliki kekuasaan atas hamba-hamba-Ku” berarti kau dan makhluk lainnya tidak
mampu menguasai hati mereka. sebab, kuasa keagungan-Ku di dalam hati mereka
membuatnya tidak bisa dikuasai oleh selain-Aku.
فأثبت الحق سبحانه
وتعالى لهم في هذه الآية: أنهم لا تلهيهم تجارة ولا بيع عن ذكر الله، ولم ينف عنهم
أنهم لا يتجرون ولا يبيعون، بل في الآية ما يدل على جواز البيع والتجارة، من فحوى
الخطاب إذا تدبرته، تدبر أولي الألباب. ألم تسمع قوله تعالى: {وإقام الصلاة وإيتاء الزكاة}. فلو نهاهم عن الغني،
لنهاهم عن التسبب المؤدى إليه وهو التجارة والبيع، إلا ترى انه قال: {وإيتاء الزكاة}. فإيجابه الزكاة عليهم
دليلا على أن هؤلاء الرجال التي هذه الأوصاف أوصافهم، قد يكون منهم أغنياء ولا
يخرجهم عن المدحة غناهم، إذا قاموا فيه بحقوق مولاهم. قال عبد الله بن عتبة كان لعثمان بن عفان
رضي الله عنه يوم قتل عند خازنه مائة ألف وخمسون ألف دينار، وألف ألف درهم، وخلف
ضياعا بين أريس وخيبر، ووادي القرى، قيمته مائتا ألف دينار.
وبلغ
ثمن مال الزبير رضي الله عنه خمسين ألف دينار، وترك ألف فرس وألف مملوك. وخلف عمر بن العاص رضي
الله عنه ثلاثمائة ألف دينار. وغنى عبد الرحمن بن عوف رضي الله عنه، أشهر من أن
يذكر.
وكانت الدنيا في أكفهم
لا في قلوبهم، صبروا عنها حين فقدت وشكروا الله حين وجدت.
Ayat diatas juga menunjukkan
penetapan Alloh swt. bahwa perniagaan dan jual beli tidak melalaikan mereka
dari mengingat Alloh. dengan kata lain, Alloh tidak melarang perniagaan
dan jual beli. Ayat itu menunjukkan
dibolehkannya jual beli dan perniagaan. Renungkanlah ayat itu seperti yang
dilakukan oleh kaum berakal. Bukankah sesudah itu Alloh berfirman, “Mereka
mendirikan sholat dan membayarkan zakat”.
itu menunjukkan bahwa mereka boleh kaya, Kalau Alloh melarang mereka untuk
kaya, maka Alloh akan melarang menjalani cara untuk kaya yaitu perniagaan dan
jual beli. Karena itu Alloh berfirman “Dan membayarkan zakat”. Jika mereka di wajibkan membayar zakat, itu
berarti mereka pun boleh berhartadan kaya, asalkan mereka tetap menunaikan
hak-hak Tuhan.
Abdulloh bin Utbah berkata, “Ketika
sahabat Ustman bin affan ra. terbunuh,
dia memiliki simpanan 150 ribu dinar, dan 1juta dirham, dan punya ladang
antara aris dan khoibar, serta beberapa sumur senilai 200 ribu dinar. sedangkan
Zubair ra. mewariskan harta mencapai 500 ribu dinar, seribu ekor kuda, dan
seribu orang budak. Amr bin Ash
mewariskan 300 ribu dinar. sedangkan kekayaan Abdurrohman bin ‘Auf ra. itu
sangat mashur.
bagi mereka dunia hanya ada di
genggaman tangan tidak sampai masuk dalam hati mereka. mereka bersabar ketika
kehilangan dunia, dan bersyukur ketika memilikinya.
وإنما ابتلاهم الحق
سبحانه وتعالى بالفاقة في أول أمرهم حتى تكملت أنوارهم، وتطهرت أسرارهم، فبذلها
لأنهم لو أعطوها قبل ذلك، فلعلها كانت
آخذة منهم، فإذا أعطوها بعد التمكين والرسوخ في اليقين تصرفوا فيها تصرف الخازن
الأمين، وامتثلوا قوله تعالى: {وأنفقوا مما جعلكم
مستخلفين فيه}. ومن ها هنا يفهم منعهم عن الجهاد
في أول الأمر بقوله تعالى: {فاعفوا واصفحوا حتى
يأتي الله بأمره}. لأنه لو أبيح لهم الجهاد في أول الإسلام،
فعل الذي هو حديث عهد بالإسلام لو أطلق لهم الجهاد أن يكون انتصاره لنفسه من حيث
لا يشعر، حتى كان علي رضي الله عنه، إذا ضرب أمهل، حتى تبرد تلك الضربة، ثم يضرب
ذلك خشية أن يضرب عقبها، فيكون في ذلك مشاركة من حظه، وذلك لمعرفته رضي الله عنه
دسائس النفوس وكمائنها وعظيم حراستهم لقلوبهم، وتخليص أعمالهم وإشفاقهم أن يكون في
عملهم شيء لم يرد به وجه الله تعالى.
Hanya saja, pertama-tama Alloh
menguji mereka dengan kefakiran dan kekurangan sampai cahaya mereka menjadi
sempurna, dan jiwa mereka menjadi bersih. setelah itu, Alloh melimpahkan
anugerah dunia kepada mereka. seandainya mereka diberi sebelum itu (sempurnanya
cahaya dan bersihnya jiwa mereka), mungkin dunia akan menguasai hati mereka.
Namun, karena mereka diberi setelah keyakinan mereka kokoh, mereka bertindak
layaknya penjaga harta yang amanah. mereka melaksanakan firman Alloh swt. “Keluarkanlah sebagian harta yang Alloh
kuasakan kepadamu”.
Karena itu kita bisa memahami
mengapa Alloh swt. melarang jihad di awal-awal perkembangan islam. sesuai
Firman Alloh swt. “Maka maafkanlah dan biarkanlah mereka sehingga Alloh
mendatangkan perintah-Nya”. sebab, seandainya
mereka diizinkan berjihad diawal perkembangan islam mungkin orang yang baru
masuk islam akan berperang untuk mencari keuntungan pribadi ketika ia disuruh
berjihad. Karena itu pula Sayyidina Ali ketika dipukul tidak langsung membalas
memukul, tetapi menunggu sampai hilang rasa pukulannya. ia tidak langsung
membalas karena takut jika ia memukul hanya karena dipukul. Jika melakukan
seperti itu, berarti ia tak berbeda dengan musuhnya. ia menahan diri karena
mengenali bisikan jiwanya dan apa yang tersimpan didalamnya.
Para sahabat sangat memperhatikan
keadaan hati mereka, mengihlaskan amal mereka, dan takut berbuat bukan karena
ridho Alloh swt.
فكانت الدنيا في أيدي
الصحابة رضي الله عنهم، لا في قلوبهم ويدل على ذلك خروجهم عنها، وإيثارهم بها وهم
الذين قال الحق فيهم: {ويؤثرون على أنفسهم ولو كان
بهم خصاصة}.حتى أنهم أهدى لإنسان منهم رأس شاة
فقال: (فلان أحق بها مني)
ثم قال الآخذ لها كذلك، فما زالوا يتهادونها إلى أن عادت إلى الذي أهداها أولا بعد
أن طافت على سبعة أو نحوهم.ويكفيك في ذلك: خروج عمر رضي الله عنه، عن نصف ماله،
وخروج أبي بكر الصديق رضي الله عنه، عن ماله كله، وخروج عبد الرحمن بن عوف رضي
الله عنه عن سبعمائة بعير موقرة الأحمال، وتجهيز عثمان رضي الله عنه جيش العسرة
إلى غير ذلك من حسن أفعالهم، وسني أحوالهم.
Bagi para sahabat Rosululloh saw.
dunia hanya ada ditangan mereka, bukan dihati mereka. buktinya, mereka selalu
menginfakkannya dan mendahulukan orang lain. Keadan mereka dikatakan oleh Alloh
dalam firman-Nya, “Mereka mengutamakan yang lain (kaum muhajirin) atas diri
mereka sendiri sekalipun mereka memerlukan”.
misalnya, ketika ada diantara mereka
yang diberi kepala kambing, sahabat itu berkata “si fulan lebih layak dari pada
aku” dan sahabat yang dimaksud juga mengatakan hal yang serupa. mereka terus
mengalihkannya ke orang lain, sampai akhirnya kembali ke sahabat yang pertama
setelah beredar diantara sekitar tujuh orang. Bukti lainnya adalah ketika
Sayyidina Umar ra. mengeluarkan setengah hartanya, Sayyidina Abu Bakar
as-Siddiq ra. mengeluarkan seluruh hartanya, Abdurrohman bin Auf ra.
mengeluarkan tujuh ratus onta beserta perlengkapannya. dan Sayyidina Usman ra.
membekali seluruh pasukan yang saat itu tengah ditimpa kesulitan, serta
berbagai kemuliaan mereka lainnya.
وتضمنت الآية الأخرى
وهي قوله سبحانه وتعالى: {رجال صدقوا ما عاهدوا
الله عليه، فمنهم من قضى نحبه، ومنهم من ينتظر، وما بدلوا تبديلا}. الأخبار عنهم بسر الصدق الذي لا يطلع عليه أحد إلا
الحق سبحانه وتعالى، وذلك ثناء عظيم وفخر جسيم، لأن ظواهر الأفعال قد تلبس فيها
الأحوال فيما يرجع إلى علم العباد. فتضمنت الآيات، التزكية لظواهرهم وسرائرهم،
وإثبات محامدهم ومفاخرهم،
فقد تبين من هذا: أن تدبير
الدنيا على قسمين: تدبير الدنيا للدنيا،
كما هو حال أهل القطيعة الغافلين.
وتدبير
الدنيا للآخرة، كحال الصحابة المكرمين، والسلف الصالحين.
ويدلك
على ذلك قول عمر رضي الله عنه: إني لأجهز الجيش وأنا في صلاتي. لأن تدبير عمر رضي
الله عنه على المعاينة والمواجهة فهو إذا تدبير لله فلذلك لم يكن قاطعا صلاته ولا
منقصا من كمالها. فإن قلت: قد زعمت أن
ليس منهم من يريد الدنيا وأنزل الحق سبحانه وتعالى في شأنهم يوم واحد: {منكم من يريد الدنيا ومنكم من يريد الآخرة}، حتى قال بعض الصحابة رضي الله عنهم:(ما كنا نظن أن أحد منا يريد الدنيا حتى نزل قوله تعالى:
{منكم من يريد الدنيا ومنكم من يريد الآخرة}. فاعلم وفقك الله للفهم
عنه، وجعلك من أهل الاستماع منه، أنه يجب على كل مؤمن، أن يظن بالصحابة الظن
الجميل، وأن يعتقد فيهم الاعتقاد الفضيل، وأن يلتمس لهم أحسن المخارج في أقوالهم
وأفعالهم، وجميع أحوالهم في حياة رسول الله صلى الله عليه وسلم، وبعد وفاته، لأن
الحق سبحانه وتعالى لما زكاهم تزكية مطلقة لم يقيدها بزمن دون زمن، وكذلك تزكية
رسول الله عليه الصلاة والسلام لهم بقوله: (أصحابي
كالنجوم بأيهم اقتديتم اهتديتم).
Pada ayat yang lain Alloh berfirman,
“Diantara kaum yang beriman ada orang
yang menepati janji mereka kepada Alloh. diantara mereka ada yang gugur,
adapula yang menunggu. mereka tidak pernah mengubah janjinya”. Ayat ini memberitakan kejujuran dan kebenaran
mereka yang hanya diketahui oleh Alloh swt. itu merupakan pujian yang sangat
agung dan suatu kebanggaan, sebab hanya hamba yang melakukan sesuatu disertai
keinginan untuk mendapatkan kebutuhan dirinya.
Ayat diatas menegaskan kebersihan lahir dan batin mereka seraya memuji
dan menyanjung mereka.
Jadi jelaslah, ada dua macam
mengatur dunia, yaitu mengatur dunia untuk dunia sebagaimana yang dilakukan
oleh orang yang terputus dan lalai dari Alloh, dan mengatur dunia untuk akhirat sebagaimana yang
dilakukan oleh para sahabat yang mulia dan para salafus sholih.
Dalam hal ini kita memahami ucapan
Sayyidina Umar ra. “Aku mempersiapkan pasukan perang ketika sholat”. Pengaturan
Sayyidina Umar ra. itu dilakukan ketika ia menyaksikan dan berhadapan dengan
Alloh. Pengaturannya adalah untuk Alloh. karena itu ia tetap menyempurnakan
sholatnya, tidak memutuskannya.
apabila kau mengatakan, “Anda
mengatakan bahwa tidak ada diantara mereka yang menginginkan dunia, lalu
bagaimana dengan firman Alloh tentang keadaan mereka ketika perang Uhud,
diantara mereka ada yang menginginkan dunia dan ada yang menginginkan akhirat.
bahkan ada sahabat yang berkata, ‘Kami tidak mengira ada di antara kami yang
menginginkan akhirat sehingga turunnya ayat yang berbunyi “Diantara mereka ada
yang menginginkan dunia dan ada yang menginginkan akhirat” .
Maka ketahuilah, Semoga Alloh
memberimu hidayah untuk bisa memahaminya, dan semoga Alloh menjadikanmu orang
yang memperhatikannya. sesungguhnya setiap mukmin haruslah berperasangka baik
kepada para sahabat, meyakini kemuliaan mereka, serta mencari ucapan dan
perbuatan mereka baik ketika masih bersama Rosululloh saw. maupun setelah
beliau wafat. sebab, pernyataan Alloh tentang kemuliaan mereka tak dibatasi
oleh waktu. begitu juga ketika Rosululloh mengakui kemuliaan mereka dalam
sabdanya, “Para sahabatku bagaikan bintang-bintang. teladani siapa pun di
antara mereka, niscaya kau mendapat petunjuk”.
وعن هذه الآية جوابان:
أحدهما:
منكم من يريد الدنيا
للآخرة، كالذين أرادوا الغنيمة ليعاملوا الله
بما يأخذونه منها، بذلا وإيثارا ومنكم من لم يكن ذلك مراده إنما كان مراده
تحصيل فضل الجهاد لا غير، فلم يلو على الغنائم، ولم يعط يلتفت إليها. فمنهم الفاضل، ومنهم
الأفضل، ومنهم الكامل، ومنهم الأكمل.
الجواب الثاني: أن
السيد يقول لعبده ما شاء وعلينا أن نتأدب مع عبده لثبوت نسبته منه، فليس كلما خاطب
السيد به عبده ينبغي أن ننسبه للعبد، ولو أن تخاطبه به، إذ للسيد أن يقول لعبده ما
شاء تحريضا لعبده، وتنشيطا لهمته وقصده، وعلينا أن نلزم حدود الأدب معه. وإن تصفحت
الكتاب العزيز وجدت فيه كثيرا، منها: سورة عبس، حتى قالت عائشة رضي الله عنها: (لو
كان رسول الله عليه الصلاة والسلام، كاتما شيئا من الوحي لكتم هذه السورة).
فقد تقرر من هذا أنه
ليس إسقاط التدبير الممدوح: ترك الدخول في أسباب الدنيا، والفكرة في مصالحها
ليستعين بذلك على طاعة مولاه والعمل لأخراه، وإنما التدبير المنهي عنه، هو التدبير
فيها لها. وعلامة ذلك: أن يعصي الله تعالى من أجلها، وأن يأخذها كيف كان من حلها،
أو غير حلها.
Ada dua jawaban untuk pertanyaanmu.
Jawaban Pertama,
maksud ayat tersebut adalah, “Diantara kalian ada yang menginginkan dunia untuk
akhirat. misalnya, orang yang menginginkan rampasan perang, sebagai bekal untuk
mentaati Alloh swt. baik dengan menginfak-kannya atau menyedekahkannya pada
orang lain. dan diantara kalian ada yang tidak menginginkannya. artinya, mereka
hanya menghendaki keutamaan jihad. karenanya, mereka tidak tertarik untuk
mendapatkan rampasan perang.” Jadi diantara mereka ada yang utama, ada yang
lebih utama, ada yang sempurna dan ada
yang lebih sempurna.
Jawabab kedua,
Seorang Tuan bebas mengatakan apa saja yang dikehendaki kepada budaknya, namun
kita harus menjaga etika/adab ketika berbicara kepada budak itu karena melihat
kedudukan tuannya. Tidak semua yang dikatakan seorang tuan kepada budaknya bisa
dinisbatkan kepada si budak, dan kita tidak layak berbicara kepada si budak
dengan pembicaraan si tuan. sebab pembicaraan si tuan kepada budaknya
dimaksudkan untuk memotivasi dan membangktkan perhatiannya. sementara kita
harus bersikap sopan kepada si budak tersebut.
Jika kau buka Al-Qur’an, kau akan menemukan banyak contoh tentang hal
ini. di antaranya, terdapat dalam surat ‘Abasa, sehingga Sayyidah ‘Aisah ra.
berkata, “Seandainya Rosululloh saw. (boleh) menyembunyikan wahyu, tentu ia
akan menyembunyikan surat ini.
Dari sini jelas, bahwa berhenti
mencari dunia dan tidak memerdulikan manfaatnya untuk melakukan ketaatan dan
amal ukhrowi bukanlah sikap tidak mengatur (isqotut-tadbir) yang terpuji.
Sikap ikut mengatur yang dilarang
adalah mengatur dunia untuk dunia. Cirinya adalah ketika seseorang berani
menentang Alloh dan meraih dunia dengan bermacam cara, baik cara yang halal
maupun yang haram.
Silahkan Bagikan Artikel ini
Mohon Maaf, Kepada Semua Sahabat, Atas Ketidak Nyamanannya, Dengan adanya Shortener Di Link Download. Mohon Keridhoannya. Terima Kasih.**** Apabila kesulitan Download Silahkan buka/klik gambar(Cara Download) dibawah postingan. Apabila masih kesulitan, silahkan copy paste link download yang ada, kebrowser anda.*** Apabila ada link Download yg rusak/mati, mohon beritahu kami lewat komentar dibawah ini.