Misalnya, seseorang
masuk dirumah yang gelap, tiba-tiba seseorang memukulnya. Ketika lampu
dinyalakan, ia melihat bahwa yang memukulnya itu gurunya, ayahnya, atau
atasannya. Setelah mengetahui yang memukulnya, tentu ia bersabar atas apa yang
menimpanya.
TERBUKANYA PEMAHAMAN UNTUK MENGHADAPI HUKUM TUHAN
الثاني: وهو قوله: "إنما يعينهم على حمل الأحكام،
فتح باب الإفهام":
إذا أورد الله تعالى على عبده حُكما، وفتح له باب
الفهم عنه في ذلك الحكم فاعلم أنه أراد سبحانه أن يحمله عنه، وذلك أن الفهم يرجعك
إلى الله، ويحثك إليه، ويجعلك متوكلا عليه، وقد قال تعالى: {ومن يتوكل على الله فهو حسبه}.
أي كافيه وواقيه، وناصره على الأغيار وراعيه، لأن الفهم عن الله يكشف لك عن سر
العبودية فيك، وقد قال سبحانه وتعالى: {أليس الله
بكاف عبده}. وكل هذه الوجوه العشرة ترجع إلى الفهم
عنه، وإنما هي أنواع فيه.
2.Terbukanya
pintu pemahaman membantu mereka menghadapi hukum Tuhan.
Ketahuilah, jika
Alloh swt. Menetapkan suatu hukum dan keputusan atas hamba-Nya, dan kemudian
Dia membukakan pintu pemahaman tentangnya, berarti Dia hendak memikulkan hukum
itu untuknya. Sebab pemahaman tersebut membantumu kembali kepada Alloh,
mendorongmu terus menuju kepada-Nya, serta menjadikanmu bersandar kepada-Nya.
Alloh swt. berfirman
: “ Siapa yang bersandar kepada Alloh, Dia akan mencukupinya”.
Maksudnya, Dia akan
mencukupi, menolong, membelanya menghadapi segala sesuatu, serta menjaganya.
Pemahamanmu tentang Alloh akan menyingkapkan rahasia penghambaan dirimu.
Alloh swt. Berfirman
: “ Bukankah Alloh cukup untuk melindungi hamba-Nya”.
Pemahaman tentang
Alloh merupakan sebab utama seseorang bisa bersabar. Sepuluh sebab yang lainnya
hanyalah cabang darinya.
ANUGERAH
TUHAN YANG MEMBUAT HAMBA KUAT MENGHADAPI UJIAN
الثالث: وهو قوله: "إنما يعينهم على حمل البلايا،
واردات العطايا":
وذلك أن واردات العطايا السابقة من الله إليك،
تذَكُرك لها مما يعينك على حمل أحكام الله، إذ كما قضى لك بما تحب، اصبر له على ما
يحب فيك. ألم تسمع قوله تعالى: {أولما أصابتكم مصيبة قد أصبتم مثليها}. فسلاهم الحق فيما أصيبوا بما أصابوا؛ وهذا من العطايا
السابقة. وقد يقترن بالبلايا في حين ورودها، ما يخففها على العباد المقربين، من
ذلك أن يكشف لهم عن عظيم الأجر الذي ادخره لهم في تلك البلية. ومنها ما
ينزل على قلوبهم من التثبيت والسكينة. ومنها ما يورده عليهم من دقائق اللطف
وتنزلات المنن، حتى كان بعض الصحابة رضي الله عنهم يقول في بعض مرضه: "أشدد
خنقك".
وحتى قال
بعض العارفين: لقد مرضت مرضة، فأحببت أن لا تزول، لما ورد علي
فيها من أمداد الله تعالى، وانكشف فيها من وجود غيبته" أه. وللكلام
في سبب ذلك موضع غير هذا.
3.Sampainya
anugerah Tuhan membantu mereka menghadapi ujian.
Sebab, pemberian
Tuhan yang telah kau terima mengingatkanmu kepada-Nya, sehingga kau lebih siap
menerima hukum dan ketetapan-Nya.
Sebagaimana Dia telah menetapkan untukmu sesuatu yang kau sukai, kau
juga harus bersabar menghadapi sesuatu yang Dia sukai.
Bukankah Alloh telah
berfirman : “ Mengapa ketika kamu ditimpa musibah (dalam perang uhud),
padahal kamu telah mengalahkan musuh dua kali, kau berkata, Dari mana datangnya
kekalahan ini?”.
Alloh menghibur
ketika mereka mengalami kekalahan dengan kemenangan yang pernah mereka
dapatkan. Kemenangan itu merupakan pemberian terdahulu. Kadang-kadang datangnya
ujian disertai denagan sesuatu yang meringankan hamba yang dekat kepada-Nya.
Misalnya, Dia menyingkapkan kepadanya besarnya pahala yang Dia siapkan untuknya
dibalik ujian tadi. Atau Dia
menanamkan keteguhan dan ketenangan kedalam hatinya. Atau Dia melimpahkan
kelembutan dan karunia kepadanya. Sehingga ada salah seorang sahabatku yang
sedang sakit berkata pada izro’il “ Lupakanlah murkamu”.
Dan ada juga seorang
‘Arif yang berkata : Aku
telah merasakan sakit, namun, aku tidak ingin sakit ini lenyap, karena dengan
begitu aku tetap bisa merasakan karunia Alloh yang diberikan kepadaku. Dan
karena Dia tersingkap untukku”. Kami akan menjelaskan masalah ini secara lebih
jelas dibagian lain.
KESADARAN
AKAN BAIKNYA PILIHAN TUHAN
الرابع، وهو: "إنما
يقويهم على حمل أقداره، شهود حسن اختياره":
وذلك أن
العبد إذا شهد حسن اختيار الله تعالى له، علم أن الحق سبحانه لا يقصد ألم عبده
لأنه به رحيم {وكان بالمؤمنين رحيما}. وقد رأى رسول الله صلى الله عليه وسلم امرأة معها
ولدها فقال: (أترون هذه طارحة ولدها في النار؟ قالوا:
لا يا رسول الله. فقال صلى الله عليه وسلم: الله أرحم بعبده المؤمن من هذه بولدها). غير أنه سبحانه يقضي عليك بالآلام لما يترتب عليه من
الفضل والإنعام، ألم تسمع قوله تعالى: {إنما يوفى
الصابرون أجرهم بغير حساب}.
ولو وكل
الحق سبحانه العباد إلى اختيارهم لحرموا وجود منته، ومنعوا الدخول إلى جنته، فله الحمد
على حسن الاختيار. ألم تسمع قوله تعالى:
{وعسى أن
تكرهوا شيئا وهو خير لكم، وعسى أن تحبوا شيئا وهو شر لكم}.
وإن الأب المشفق يسوق لابنه الحجام لا بقصد الإيلام. وكالطبيب الناصح، يعانيك
بالمراهم الحادة، وإن كانت مؤلمة لك، ولو طاوع اختيارَك لبَعُد الشفاء عليك. ومن مُنع
وعَلِم أن المنع إنما هو إشفاق عليه، فهذا المنع في حقه عطاء. وكالأم المشفقة تمنع
ولدها كثرة المأكل خشية التخمة.
ولذلك
قال الشيخ أبو الحسن رحمه الله تعالى:
"اعلم
أن الحق سبحانه وتعالى إذا منعك لم يمنعك عن بخل، وإنما يمنعك رحمة لك، فمنع الله
لك عطاء، ولكن لا يفهم العطاء في المنع إلا صديق". وفي كلام أثبتناه في غيره هذا الكتاب: إنه ليخفف
عنك ألم البلايا، علمك بأنه سبحانه وتعالى المبتلي، لك فالذي واجهتك من الأقدار،
هو الذي له فيك حسن الاختيار.
4.Kesadaran
akan baiknya pilihan Tuhan membuat mereka kuat menghadapi taqdir-Nya.
Sebab, jika hamba
telah menyadari baiknya pilihan Alloh swt. Untuknya, ia akan merasa yakin bahwa
Dia tidak pernah menghendaki hamba-Nya menderita. Karena Dia Maha Penyayang.
Alloh berfirman : “
Dia Maha penyayang kepada orang yang beriman”.
Suatu ketika
Rosululloh saw. melihat seorang wanita bersama anaknya, Ia bersabda : “Mungkinkah
ia melemparkan anaknya kedalam kobaran api?” para sahabat menjawab: “ Tentu
saja tidak, wahai Rosululloh”.Rosululloh bersabda : “Alloh lebih menyayangi
hamba-Nya yang beriman daripada wanita itu kepada anaknya”.
Hanya saja Alloh
menakdirkan berbagai penderitaan untukmu demi karunia dan anugerah yang akan
datang sesudahnya.
Bukankah Alloh swt.
Telah berfirman: “Orang-orang yang bersabar akan disempurnakan balasan
mereka tanpa hisab”.
Seandainya Alloh
swt. Membiarkan hamba menjalani pilihan mereka sendiri, tentu mereka tidak akan
mendapatkan karunia-Nya dan tidak bisa masuk surga-Nya. Segala puji bagi Alloh,
atas pilihan-Nya yang baik. Alloh berfirman : “ Boleh jadi kalian
membenci sesuatu padahal ia baik bagi kalian. Dan boleh jadi kalan menyenangi
sesuatu padahal ia buruk bagi kalian”.
Seorang ayah yang
penyayang kadang-kadang membawakan tukang bekam untuk anaknya, tanpa bermaksud
menyakitinya. Sperti juga dokter yang
baik akan mengobatimu dengan memberi balsam yang panas meskipun kau
merasa sakit. Jika kau mengikuti pilihanmu sendiri, kau tidak akan sembuh.
Orang yang tidak diberi, dan kemudian mengetahui bahwa hal itu merupakan bentuk
kasih saying kepadanya, sesungguhnya ia telah mendapatkan pemberian. Sama
seperti seorang ibu yang mencintai anaknya, ia tidak memperbolehkan anaknya
banyak makan karena takut pencernaannya terganggu.
Karena itu, Syeikh
Abul Hasan Rohimahulloh berkata : “ Ketahuilah, Alloh swt. tidak memberimu
bukan karena Dia
pelit, akan tetapi, Dia tidak memberimu karena menyayangimu. Jadi penahanan/tidak memberinya
Alloh sejatinya merupakan pemberian, namun hanya orang yang shiddiq (benar)
yang mengetahuinya”.
Dalam kitab lain
kami menjelaskan, : “ Karena kau tahu bahwa Alloh yang mengujimu, kau merasa
ringan menghadapi ujian. Dialah yang memberikan pilihan baik untukmu. Seluruh
ketentuan-Nya mengarah kepadamu”.
PENGETAHUAN
TENTANG ILMU TUHAN
الخامس: وهو قوله: "إنما صبرهم على وجود حكمه:
علمهم بوجود علمه":
وذلك: أن علم العبد بأن الحق سبحانه مطلع عليه
فيما ابتلاه يخفف عنه أعباء البلايا، ألم تسمع قوله تعالى: {واصبر لحكم ربك فإنك بأعيننا}.
أي ما تلقاه يا محمد من كفار قريش من المعاندة والتكذيب فليس بخاف علينا. والحكاية
المشهورة: أن إنسانا ضرب تسعة وتسعين سوطا ولم يتأوه، فلما ضرب السوط الذي هو تمام
المائة تأوه، فقيل له في ذلك؟ قال: كان الذي ضربت من أجله في الحلقة في التسعة
والتسعين فلما ولى عني أحسست بالألم).
5.Pengetahuan
tentang ilmu Tuhan membuat mereka bisa bersabar menghadapi ketetapan-Nya.
Kesadaran hamba bahwa
Alloh swt. mengetahui ujian yang menimpanya akan membuatnya merasa ringan
menghadapi ujian. Bukankah Alloh telah berfirman : “ Bersabarlah menerima hukum
tuhanmu, sesungguhnya engkau berada dalam penglihatan kami”.
Artinya, Kami tahu
benar penentangan dan pengingkaran kaum Quraisy kepadamu, wahai Muhammad.
Tentang hal ini kami tuturkan sebuah cerita terkenal, seorang dicambuk 99
cambukan. Tak sekalipun ia merintih. Justru pada cambukan yang ke seratus ia
merintih. Ketika ditanya kenapa, ia menjawab, “orang yang menjadi sebab aku
dicambuk melihatku ketika aku dicambuk 99 kali. Kemudian ketika ia pergi, aku
merasa sakit.”
MELIHAT
TUHAN DENGAN SEGALA KEINDAHAN-NYA
السادس: وهو "إنما صبرهم على أفعاله، ظهوره عليهم
بوجود جماله":
وذلك: أن الحق سبحانه وتعالى، إذا تجلى على عبده
في حين ملاقاته، لمر غلبة البلايا، حمل حرارتها عنه لما أذاقه من حلاوة التجلي،
فربما غيبهم ذلك على الإحساس بالألم، ويكفيك في ذلك قوله تعالى: (فلما رأينه أكبرنه، وقطعن أيديهن).
6.Tampaknya
Tuhan dengan segala keindahan-Nya membuat mereka bersabar atas segala
perbuatan-Nya.
Sebab, jika Alloh
swt. tampak
pada seorang hamba, tentu ia tidak akan merasakan beratnya ujian. ia dapat
menahan beban karena nikmat penampakan yang ia rasakan. Bahkan mungkin ia sama
sekali tidak merasa sakit. Dalilnya adalah firman Alloh swt.: “ Tatkala para
wanita itu melihat Yusuf, mereka kagum kepadanya dan melukai/memotong jarinya”.
SABAR
AKAN MENDATANGKAN RIDHO TUHAN
السابع: وهو "إنما صبرهم على القضا علمهم بأن
الصبر يورث الرضا":
وذلك: أن من صبر على أحكام الله، أورثه ذلك الرضا
من الله، فتحملوا حرارتها طلبا لرضاه، كما يتحسى الدواء المر لما يرجى فيه من
عاقبة الشفاء.
7.Pengetahuan
bahwa sabar akan mendatangkan ridho dari Tuhan membuat mereka bisa bersabar
menerima ketentuan-Nya.
Sebab, sabar
menerima hukum/ketentuan Alloh akan mendatangkan ridho-Nya. Karena itulah
mereka rela memikul selaksa beban ujian. Mereka mengharapkan ridho-Nya. Sama
seperti orang yang menahan pahitnya obat karena ingin sembuh.
TERBUKANYA
HIJAB
الثامن: وهو "إنما صبرهم على الأقدار: كشف الحجب
والأستار":
وذلك: أن الحق سبحانه وتعالى، إذا أراد إن يحمل
عن عبد ما يورده عليه، كشف الحجاب عن بصيرة قلبه فأراه قربه منه، فغيبه أنس القرب
عن إدراك المؤلمات. ولو أن الحق سبحانه وتعالى تجلى لأهل النار بجماله وكماله
لغيبهم ذلك عن إدراك العذاب، كما انه لو احتجب عن أهل الجنة لما طاب لهم النعيم.
فالعذاب إنما هو: وجود الحجاب، وأنواع العذاب مظاهره، والنعيم إنما هو: بالظهور
والتجلي، وأنواع النعيم مظاهره.
8.Tersingkapnya
hijab membuat mereka bisa bersabar menghadapi ketetapan-Nya.
Sebab, Apabila Alloh
swt. hendak meringankan beban seorang hamba, Diamenyingkap tirai yang menutupi
mata hatinya sehingga ia bias melihat betapa dekatnya alloh dengannya. Nikmat
kedekatan itu membuatnya melupakan pedihnya ujian.
Seandainya
Alloh swt. tampak pada penduduk neraka lewat keindahan dan kesempunaan-Nya,
tentu mereka melupakan siksa. Sebaliknya, seandainya Dia terhijab dari penduduk
surgs, tentu mereka tidaak akan merasakan nikmatnya surga. Jadi siksa adalah
turunnya hijab yang menutupi-Nya.bentuknya bermacam-macam. Sebaliknya nikmat
adalah terangkatnya hijab sehingga Dia Nampak dan tersingkap. Bentuknya
(terangkatnya hijab)pun bermacam-macam.
SADAR
AKAN ADANYA RAHASIA KETENTUAN-NYA
التاسع: وهو "إنما قواهم على حمل أثقال التكاليف،
ورود أسرار التصريف":
وذلك: لأن التكاليف شاقة على العباد، ويدخل في
ذلك امتثال الأوامر، والانكفاف عن الزواجر، والصبر على الأحكام، والشكر عند وجود
الأنعام. فهي إذن أربعة: طاعة، ومعصية، ونعمة، وبلية. وهي أربع لا خامس لها: والله
عليك في كل واحدة من هذه الأربع عبودية يقتضيها منك بحكم الربوبية.
فحقه عليك في الطاعة: شهود المنة منه عليك فيها.
وحقه عليك في المعصية: الاستغفار لما ضيعت فيها.
وحقه عليك في البلية: الصبر معه عليها.
وحقه عليك في النعمة: وجود الشكر منك فيها.
ويحمل عنك أعباء ذلك كله: الفهم. وإذا فهمت أن
الطاعة راجعة إليك وعائدة بالجدوى عليك، صبرك ذلك على القيام بها. وإذا علمت أن
الإصرار على المعصية والدخول فيها، يوجب العقوبة من الله آجلا، وانكشاف نور
الإيمان عاجلا، كان ذلك سببا للترك منك لها.
وإذا علمت إن الصبر تعود عليك ثمرته، وتنعطف عليه
بركته، سارعت إليه، وعولت عليه.
وإذا علمت أن الشكر يتضمن المزيد من الله لقوله
تعالى: {لئن شكرتم لأزيدنكم}، كان ذلك سببا لمثابرتك عليه، ونهوضك إليه.
وسنبسط الكلام على هذه الأربع في آخر الكتاب،
ونفرد لها فصلا إن شاء الله تعالى.
9.Kesadaran
akan adanya rahasia ketentuan-Nya menguatkan mereka memikul baban kewajiban.
sebab,
beban kewajiban begitu berat dirasakan oleh seorang hamba. Ia harus
melaksanakan semua perintah, dan menahan semua larangan, bersabar atas segala
ketetapan, serta bersyukur ketika mendapatkan kenikmatan.
Jadi
beban kewajiban itu berlaku dalam empat keadaan, yaitu : Ketaatan, Kemaksiatan,
Kenikmatan, dan Ujian.
Dari
keempat hal tersebut, hamba wajib beribadah kepada-Nya, sesuai dengan
Rububiyah-Nya.
1.Hak-Nya
yang menjadi kewajibanmu dalam ketaatan adalah merasakan karunia-Nya.
2.Hak-Nya
yang menjadi kewajibanmu dalam kemaksiatan adalah meminta ampunan atas
kelalaianmu.
3.Hak-Nya
yang menjadi kewajibanmu dalam ujian adalah bersabar bersama-Nya.
4.
Hak-Nya yang menjadi kewajibanmu dalam kenikmatan adalah bersyukur.
Melaluui
pemahaman, kau dapat melakukan semua itu dengan ringan. Jika kau memahami bahwa
ketaatanmu itu akan kembali kepadamu(manfaatnya), tentu kau bias bersabar
ketika melaksanakannya. Jika kau tahu bahwa terus bermaksiat akan mendatangkan
hukuman dari Alloh, dan memadamkan cahaya imanmu, tentu kau akan segera
meninggalkannya. Jika kau tahu bahwa buah dari kesabaran akan kau rasakan dan
melimpahimu dengan berkah,tentu kau akan bersabar.
Jika
kau tahu bahwa syukur itumenjamin tambahan nikmat dari Alloh. (Sebagaimana
firman Alloh : “Jika kalian bersyukur tentu Aku tambahkan untuk kalian”. )
Pasti kau akan terus bersyukur kepad-Nya.
Insya
Alloh keempat masalah ini akan kami bahas secara khusus di penghujung kitab
ini.
MENGETAHUI KELEMBUTAN DAN KEBAIKAN TUHAN DALAM
SEGALA KETETAPAN-NYA
العاشر: وهو "إنما صبرهم على أقداره، علمهم بما
أودع فيها من لطفه وإبراره":
وذلك أن المكاره أودع الحق تعالى فيها وجود
الألطاف. ألم تسمع قوله تعالى: {وعسى أن تكرهوا
شيئا وهو خير لكم}. وقوله عليه الصلاة والسلام:
حفت الجنة بالمكاره، وحفت النار بالشهوات. وفي البلايا والأسقام والفاقات من أسرار
الألطاف ما لا يفهمه إلا أولوا البصائر. ألم تر أن البلايا تخمد النفس وتذلها،
وتدهشها عن طلب حظوظها ويقع من البلايا وجود الذلة، ومع الذلة تكون النصرة: (ولقد نصركم الله ببدر وأنتم أذلة). وبسط القول في ذلك، يخرجنا عن قصد الكتاب.
10.Pengetahuan
tentang kelembutan dan kebaikan Tuhan dalam segala ketetapan-Nya membuat mereka
bisa bersabar menetapi semua takdir-Nya.
Sebab, Alloh swt.
Telah menyisipkan kelembutan-Nya dalam berbagai hal yang dibenci.
Bukankah Dia telah berfirman
: “Boleh jadi kalian membenci sesuatu padahal ia baik bagi kalian”. Dan Nabi saw.
Bersabda : “ Surga dikelilingi segala hal yang dibenci. Sementara neraka
dikelilingi berbagai hal yang disukai”.
Dalam ujian, sakit, dan kesulitan ada
kelembutan-Nya yang rahasia, yang hanya di pahami oleh orang yang memiliki mata
hati. Bukankah ujian bias menjinakkan nafsu sehingga tak lagi menggebu meminta
bagiannya. Bersama ujian ada kelemahan dan kehinaan, dan bersama kelemahan
terdapat pertolongan . Alloh berfirman : “Alloh telah menolong kalian
dalam perang badar saat kalian lemah”.
Dibutuhkan kitab lain untuk menjelaskan hal
ini secara luas.