بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ
اللهُم َّصلِّ علٰى سَيِّدنا مُحَمّدٍ عبدِكَ وَنبيِّكَ ورسولِكَ النَّبيِّ الاُمِيّ وَعلٰى اٰلهِ وَصَحْبِهِ وسَلِّم تسليماً بقدرِ عظمةِ ذاَتِكَ في كـُلِّ وَقتٍ وَحيـنٍ
Futuuhul ghoib
المقالة التاسعة والخمسون
فـي الـرضـا عـلـى الـبـلـيـة و الـشــكـر عـلـى
الـنـعـمـة
قـال رضـي الله تـعـالى عـنـه و أرضـاه : لا تخلو حالتك إما أن تكون بلية أونعمة. فإن كانت بلية فتطالب فيها
بالصبر، وهو الأدنى، والصبر وهو أعلى منه. ثم الرضا والموافقة، ثم الفناء، وهو
للإبدال، وإن كانت نعمة فتطالب فيها بالشكر عليها. والشكر باللسان والقلب والجوارح.
أما
باللسان فالاعتراف بالنعمة أنها من الله عز وجل : وترك الإضافة إلى الخلق لا إلى نفسك
وحولك وقوتك وكسبك ولا إلى غيرك من الذين جرت على أديهم، لأنك وإياهم أسباب وآلات
وأداة لها، وإن قاسمها ومجريها وموجدها والشاغل فيها والمسبب لها هو الله عز وجل
والقاسم هو الله، والمجرى هو والموجد هو، فهو أحق بالشكر من غيره.
لا نظر
إلى الغلام الحمال للهدية إنما النظر إلى الأستاذ المنفذ المنعم بها قال الله
تعالى في حق من عدم هذا المنظر : يَعْلَمُونَ
ظَاهِراً مِّنَ الْحَيَاةِ الدُّنْيَا وَهُمْ عَنِ الْآخِرَةِ هُمْ غَافِلُونَ.الروم7. فمن نظر إلى الظاهر والسبب ولم يجاوز علمه
ومعرفته فهو الجاهل الناقص قاصر العقل، إنما سمى العاقل عاقلاً لنظره في العواقب.
وأما
الشكر بالقلب، فبالاعتقاد الدائم. والعقد الوثيق الشديد المتبرم. إن جميع ما بك من
النعم والمنافع واللذات في الظاهر والباطن في حركاتك وسكناتك من الله عز وجل لا من
غيره، ويكون شكرك بلسانك معبراً عما في قلبك. وقد قال عز وجل : وَمَا بِكُم مِّن نِّعْمَةٍ فَمِنَ اللّهِ.النحل53. وقال تعالى : وَأَسْبَغَ
عَلَيْكُمْ نِعَمَهُ ظَاهِرَةً وَبَاطِنَةً ً.لقمان20.
وقال تعالى: وَإِن تَعُدُّواْ نِعْمَةَ اللّهِ لاَ
تُحْصُوهَا.النحل18. فمع هذا لا يبقى
لمؤمن منعم سوى الله تعالى.
وأم الشكر بالجوارح فبأن
تحركها وتستعملها في طاعة الله عز وجل دون غيره من الخلق، فلا تجيب أحداً من
الخلق، فيما فيه إعراض عن الله تعالى، وهذا يعم النفس والهوى والإرادة والأماني
وسائر الخليقة، كجعل طاعة الله أصلاً ومتبوعاً وإماماً وما سواها فرعاً وتابعاً
ومأموماً، فإن فعلت غير ذلك كنت جائراً ظالماً حاكماً بغير حكم الله عز وجل
الموضوع لعباده المؤمنين، وسالكاً غير سبيل الصالحين. قال الله عز وجل : وَمَن لَّمْ يَحْكُم بِمَا أَنزَلَ اللّهُ فَأُوْلَـئِكَ هُمُ
الْكَافِرُونَ.المائدة44. وفى آية أخرى
: وَمَن لَّمْ يَحْكُم بِمَا أَنزَلَ اللّهُ
فَأُوْلَـئِكَ هُمُ الظَّالِمُونَ.المائدة45.
وفى أخرى : .هُمُ
الْفَاسِقُونَ.المائدة47.
فيكون انهاؤك إلى التي وقودها الناس والحجارة، وأنت لا تصبر على حمى ساعة في
الدنيا وأقل بسطة وشرارة من النار فيها، فكيف صبرك على الخلود في الهاوية مع أهلها
النجا النجا، الوحا الوحا، الله الله، أحفظ الحالتين وشروطهما، فإنك لا تخلو في
جميع عمرك من أحديهما إما البلية وإما النعمة فأعط كل حالة حظها وحقها من الصبر
والشكر على ما بينت لك، فلا تشكون في حالة البلية إلى أحد من خلق الله، ولا تظهرن
الضجر لأحد ولا تتهمن ربك في باطنك. ولا تشكن في حكمته واختر الأصلح لك في دنياك،
وآخرتك، فلا تذهبن بهمتك إلى أحد من خلقه في معافاتك فذاك إشراك منك به عز وجل، لا
يملك معه عز وجل في ملكه أحد شيئاً لا ضار ولا نافع ولا دافع، ولا جالب ولا مسقم،
ولا مبلي، ولا معاف ولا مبرئ غيره عز وجل، فلا تشتغل بالخلق لا في الظاهر ولا في
الباطن، فإنهم لن يغنوا عنك من الله شيئاً، بل ألزم الصبر والرضا والموافقة
والفناء في فعله عز وجل، فإن حرمت ذلك كله فعليك بالاستغاثة إليه عز وجل، والتضرع
من شؤم النفس، ونزاهة الحق عز وجل والاعتراف له بالتوحيد بالنعيم، والتبرى من
الشرك، وطلب الصبر والرضا والموافقة، إلى حين يبلغ الكتاب أجله، فتزول البلية
وتنكشف الكربة، وتأتى النعمة والسعة والفرحة والسرور، كما كان في حق نبي الله أيوب
عليه وعلى نبينا أفضل الصلاة وأشرف السلام، كما يذهب سواد الليل ويأتي بياض
النهار، ويذهب برد الشتاء ويأتي نسيم الصيف وطيبه لأنه لكل شئ ضداً وخلافاً وغاية
وبدءاً ومنتهى، فالصبر مفتاحه وابتداؤه وانتهاؤه وجماله كما جاء في الخبر ( الصبر
من الإيمان كالرأس من الجسد ) وفى لفظ ( الصبر الإيمان كله ) وقد يكون الشكر هو
التلبس بالنعم وهى أقسامه المقسومة لك، فشكر التلبس بها في حال فنائك، وزوال الهوى
والحمية والحفظ، وهذه حالة الأبدال وهى المنتهى، اعتبر ما ذكرت لك ترشد إن شاء
الله تعالى.
Risalah 57
Mutiara karya Syeikh Abdul Qodir Jailani
Jika kau ditimpa musibah, berupayalah
bersabar - ini merupakan hal yang rendah - dan bersabarlah, ini merupakan hal
yang lebih tinggi dari yang lain. Mintalah agar kau bisa redha dengan
takdir-Nya, bersesuaianlah dengan kehendak-Nya, dan akhirnya luruhlah di dalam
kehendak-Nya; inilah keadaan para badal dan ruhaniwan, orang yang tahu perihal
Allah yang Maha kuasa lagi Maha agung. Bila kau mendapat rahmat, bersyukurlah,
baik melalui lidah, hati mahupun anasir tubuh.
Bersyukurlah lidah berupa pengakuan bahawa rahmat berasal dari Allah dan
penghindaran dari menisbahkannya kepada orang lain, yang melalui tangan-tangan
mereka rahmat sampai. Sebab kau sendiri dan mereka hanyalah sarana-sarana
sampainya rahmat. Pemberi dan pencipta sejati rahmat iaitu Allah, Yang Maha
kuasa lagi maha agung. Maka Dia lebih patut disyukuri daripada yang lain.
Misal, orang tak memandang budak yang membawa sebuah hadiah, sebagai pengirim
hadiah itu, tetapi orang memandang pengirimnya adalah tuannya. Allah berfirman
tentang orang yang tak bersikap selayaknya:
"Mereka mengetahui lahiriah
kehidupan duniawi, sedang mengenai akhirat, mereka sungguh lalai." (QS
30:7)
Barangsiapa memandang lahiriah dan penyebab, sedang pengetahuannya tak melebihi
ini, adalah jahil dan rosak fikiran. Istilah fikiran' digunakan untuk orang
yang memahami akhir sesuatu. Bersyukurnya hati terletak pada keyakinan kukuh
bahawa segala rahmat, kesenangan dan milikan yang kau punyai, berasal dari
Allah Yang Maha kuasa lagi Maha agung, bukan dari selain-Nya. Dan rasa-syukurmu
melalui lidah menyatakan isi hatimu, sebagaimana firman-Nya:
"Dan apa pun nikmat yang
ada padamu, berasal dari Allah." (QS 16:53)
"Dan (Ia) telah
menyempurnakan nikmat-Nya padamu lahir dan batin." (QS 31:20)
"Dan jika kamu menghitung
nikmat-nikmat Allah, kamu takkan mampu menghinggakannya." (QS 14:34)
Nah, dengan semua pernyataan ini, maka tiada pemberi kurnia selain Allah. Dan
bersyukurnya anasir tubuh terletak pada penggunaan anasir tubuh untuk mematuhi
perintah-perintah-Nya guna menjauhi dari ciptaan-Nya. Maka janganlah menimpali
makhluk, sebab di situ terdapat penentangan terhadap Allah; ciptaan termasuk
dirimu sendiri, keinginanmu, maksudmu, kehendakmu dan segalanya. Patuhlah
kepada Allah sepatuh-patuhnya. Jika kau bertindak lain, bererti kau menyimpang
dari jalan lurus, menjadi aniaya, berperilaku tanpa perintah Allah yang
diturunkan bagi hamba-hamba beriman-Nya, dan mengikuti jalan yang bukan jalan
para saleh. Allah Yang Maha kuasa lagi Maha agung berfirman:
"Barangsiapa tak menentukan
dengan yang diturunkan Allah, maka mereka itu adalah orang-orang yang
zalim." (QS 5:45)
Dengan begitu, kau menuju neraka, yang bahan bakarnya manusia dan batu. Bila
kau tak tahan demam, untuk satu jam, di dunia ini, maka bagaimana kau bisa
tahan, untuk selamanya, neraka bersama penghuni-penghuninya? Menjauhlah,
menjauhlah; segeralah, segeralah, berlindunglah kepada Allah.
Jagalah keadaan-keadaan di atas dengan segala kondisinya, sebab kau tak bisa
lepas dari keduanya sepanjang hayat --baik keadaan ditimpa musibah mahupun
keadaan bahagia. Bersabarlah dan bersyukurlah dalam kedua keadaan itu, sesuai
dengan yang telah kuterangkan kepadamu. Nah, jangan mengeluh, bila ditimpa
musibah, kepada sesamamu, jangan menunjukkan kegundahanmu kepada siapa pun,
jangan salahkan Tuhanmu di dalam benakmu, dan jangan ragukan kebijaksanaan dan
pilihan-Nya akan yang terbaik bagimu di dalam kehidupanmu di dunia dan di
akhirat. Dan jangan lari kepada orang guna mendapatkan jalan keluar, sebab, dengan
begitu, kau bererti menyekutukan-Nya.
Tak satu pun berhak atas milikan-Nya, tak satu pun mampu memberikan mudharat,
manfaat, atau menjauhkan kesulitan, menyebabkan sakit dan bencana, menyembuhkan
dan memberi sesuatu kebaikan, kecuali Dia. Jangan menjerat oleh ciptaan, baik
secara lahiriah mahupun batiniah, sebab mereka takkan menguntungkanmu. Bersabar
dan redhalah selalu kepada Allah, dan luruhlah ke dalam kehendak-Nya.
Jika rahmat tercabut darimu, maka wajib bagimu minta tolong kepada-Nya,
menunjukkan kerendah-dirian, mengakui dosa-dosamu, mengeluh kepada-Nya akan
kejahatan dirimu dan akan penjauhkanmu dari kebenaran, mengesakan-Nya, mengakui
rahmat-rahmat-Nya dan menyatakan keselarasanmu, sampai berakhirnya musibah dan
berganti dengan kurnia-Nya, kemudahan dan kebahagiaan, sebagaimana hal itu
terjadi pada diri Nabi Ayub; bak berlalunya gelapnya malam dan datangnya
cerahnya siang, dan berlalunya dingin musim dingin, diganti sepoi musim semi
dengan aroma harumnya. Sebab bagi segalanya ada pertentangan dan akhir. Maka
kesabaran adalah kuncinya, awalnya, akhirnya dan jaminan kebahagiaannya. Inilah
yang terungkap dalam Sunnah Nabi saw. "Kesabaran adalah keseluruhan
iman."
Ambillah pelajaran dari yang telah kusebutkan kepadamu, jika Allah Yang Maha
mulia menghendaki, maka kau akan terbimbing.
Silahkan Bagikan Artikel ini
Mohon Maaf, Kepada Semua Sahabat, Atas Ketidak Nyamanannya, Dengan adanya Shortener Di Link Download. Mohon Keridhoannya. Terima Kasih.**** Apabila kesulitan Download Silahkan buka/klik gambar(Cara Download) dibawah postingan. Apabila masih kesulitan, silahkan copy paste link download yang ada, kebrowser anda.*** Apabila ada link Download yg rusak/mati, mohon beritahu kami lewat komentar dibawah ini.
Title : TERJEMAH KITAB FUTUUHUL GHAIB 59(Syeikh Abdul Qodir al-Jailani ra)
Description : Futuuhul ghoib المقالة التاسعة والخمسون فـي الـرضـا عـلـى الـبـلـيـة و الـشــكـر عـلـى الـنـعـمـة قـال رضـي الله تـعـا...