بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ
اللهُم َّصلِّ علٰى سَيِّدنا مُحَمّدٍ عبدِكَ وَنبيِّكَ ورسولِكَ النَّبيِّ الاُمِيّ وَعلٰى اٰلهِ وَصَحْبِهِ وسَلِّم تسليماً بقدرِ عظمةِ ذاَتِكَ في كـُلِّ وَقتٍ وَحيـنٍ
Futuuhul ghoib
المقالة
السادسة والخمسون
فـي فـنـاء الـعـبـد عـن الـخـلـق و الـهـوى
و الـنـفـس و الإرادة و الأمـانـي
قـال رضـي الله تـعـالى عـنـه و أرضـاه : إذا فني العبد عن الخلق و الهوى و
النفس و الإرادة و الأماني دنيا و أخرى و لم يرد إلا الله عز و جل و خرج الكل عن
قلبه وصل إلى الحق، و اصطفاه و اجتباه، و أحبه و حببه إلى خلقه، و جعله يحبه و يحب
قربه، و يتنعم بفضله و يتقلب في نعمه و فتح عليه أبواب رحمته، و وعده أن لا يغلقها
عنه أبداً، فيختار العبد حينئذ الله، و يدبر بتدبيره و يشاء بمشيئته، و يرضى برضاه
يمتثل أمره دون غيره، و لا يرى لغيره عز و جل وجوداً و لا فعلاً، فحينئذ يجوز أن
يعده الله بوعد ثم لا يظهر للعبد وفاء بذلك، و لا يغير ما قد توهمه من ذلك، لأن
الغيرية قد زالت بزوال الهوى و الإرادة فصار في فعل الله عز و جل و إرادته فيصير
الوعد حينئذ في حقه مع الله عز و جل كرجل عزم على فعل شئ في نفسه و نواه ثم صرفه
إلى غيره كالناسخ و المنسوخ فيما أوحى الله عز و جل إلى نبينا محمد صلى الله عليه
وسلم قوله عز و جل : مَا نَنسَخْ مِنْ آيَةٍ أَوْ
نُنسِهَا نَأْتِ بِخَيْرٍ مِّنْهَا أَوْ مِثْلِهَا أَلَمْ تَعْلَمْ أَنَّ اللّهَ
عَلَىَ كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ.البقرة106.
لما كان النبي صلى الله عليه وسلم منزوع الهوى و الإرادة سوى المواضع التي ذكرها
الله عز و جل في القرآن من الأسر يوم بدر تُرِيدُونَ
عَرَضَ الدُّنْيَا وَاللّهُ يُرِيدُ الآخِرَةَ وَاللّهُ عَزِيزٌ حَكِيمٌ * لَّوْلاَ كِتَابٌ مِّنَ اللّهِ سَبَقَ لَمَسَّكُمْ فِيمَا
أَخَذْتُمْ عَذَابٌ عَظِيمٌ.الأنفال67–68.
كذا قالوا، و غيره و هو مراد الحق عز و جل لم يترك على حالة واحدة بل نقله إلى
القدر إليه فصرفه في القدر و قلبه منها، نبهه بقوله تعالى: أَلَمْ تَعْلَمْ أَنَّ اللّهَ عَلَىَ كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ.البقرة106. يعنى أنك في بحر القدر تقلبك أمواجه تارة كذا
و تارة كذا، فمنتهى أمر الولي ابتداء أمر النبي ما بعد الولاية و البدلية إلا
النبوة، و الله أعلم.
Risalah 56
Mutiara karya Syeikh Abdul Qodir Jailani
Bila hamba Allah telah lepas dari
makhluk, keinginan, diri, tujuan dan kehendak akan dunia dan akhirat, maka ia
tak menghendaki sesuatu pun selain Allah yang Maha perkasa lagi Maha agung, dan
segala suatu sirna dari hatinya. Maka ia menjadi pilihan-Nya, dicintai oleh makhluk,
dekat kepada-Nya dan menerima kurnia-Nya melalui rahmat-Nya. Dibukakan-Nya
baginya pintu-pintu kasih dan janji-Nya, dan Ia tak pernah menutup pintu-pintu
itu terhadapnya. Maka sang hamba memilih Allah Yang Maha kuasa lagi Maha agung,
berkehendak melalui kehendak-Nya, ridha dengan keridhaan-Nya, melaksanakan
perintah-Nya dan tak melihat suatu kemaujudan pun selain kemaujudan-Nya yang
Maha kuasa lagi Maha agung. Maka Allah menjanjikan kepadanya dan tak memenuhi
hamba-Nya, dan yang didambakan sama hamba dalam hal ini tak datang kepadanya,
kerana keterpisahan lenyap dengan lenyapnya kehendak, tujuan dan pengupayaan
kenikmatan. Maka keseluruhan dirinya menjadi kehendak Allah Yang Maha kuasa
lagi Maha agung. Maka tiada janji atau pun pengingkaran janji dalam hal ini,
kerana hal ini ada pada orang yang berkeinginan. Pada maqam ini, janji Allah
Yang Maha kuasa lagi Maha agung terhadap orang semacam itu, dapat digambarkan
dengan contoh seorang yang berkehendak di dalam dirinya sendiri untuk melakukan
sesuatu, lalu berubah kehendak terhadap sesuatu yang lain. Begitu pula, Allah
Yang Maha kuasa lagi Maha agung telah menurunkan kepada Nabi Muhammad saw
wahyu-wahyu yang membatalkan dan yang terbatalkan, sebagaimana firman-Nya: "Wahyu
yang kami hapuskan atau jadikan terlupakan, Kami gantikan dengan yang lebih
baik. Tidakkah kau tahu bahawa Allah berkuasa atas segala-nya?""
(QS.2:106)
Ketika Nabi saw. lepas dari
keinginan dan kehendak, kecuali pada saat-saat tertentu, sebagaimana telah
disebutkan oleh Allah di dalam Al-Quran Suci, sehubungan dengan tawanan perang
Badar, sebagai berikut: " Kamu menginginkan barang-barang lemah dunia ini,
sedang Allah menghendaki bagimu akhirat; dan Ia Maha kuasa lagi Maha bijaksana.
Andaikan bukan kerana hukum Allah yang telah berlaku, sesungguhnya akan
menimpamu siksaan yang besar atas yang kau lakukan."(QS.8:67-68)
Nabi saw adalah kekasih Allah,
yang Ia senantiasa menempatkannya pada ketentuan-Nya dan memberikan kendali-Nya
kepadanya; maka Ia menggerakkannya di tengah-tengah ketentuan-Nya dan
senantiasa memperingatkannya dengan firman-firman-Nya:
"Tidakkah kau tahu bahawa
Allah Mahakuasa atas segalanya?" (QS.2:106) Dengan kata lain, kamu berada
di samudera ketentuan-Nya, yang gelombangnya mengombang-ambingkan kamu, kadang
ke sini, kadang ke sana. Dengan demikian setelah wali ialah Nabi. Tiada maqam
setelah wali dan badal selain maqam Nabi.
Silahkan Bagikan Artikel ini
Mohon Maaf, Kepada Semua Sahabat, Atas Ketidak Nyamanannya, Dengan adanya Shortener Di Link Download. Mohon Keridhoannya. Terima Kasih.**** Apabila kesulitan Download Silahkan buka/klik gambar(Cara Download) dibawah postingan. Apabila masih kesulitan, silahkan copy paste link download yang ada, kebrowser anda.*** Apabila ada link Download yg rusak/mati, mohon beritahu kami lewat komentar dibawah ini.
Title : TERJEMAH KITAB FUTUUHUL GHAIB 56 (Syeikh Abdul Qodir al-Jailani ra)
Description : Futuuhul ghoib المقالة السادسة والخمسون فـي فـنـاء الـعـبـد عـن الـخـلـق و الـهـوى و الـنـفـس و الإرادة و الأمـانـي قـال...