بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ
اللهُم َّصلِّ علٰى سَيِّدنا مُحَمّدٍ عبدِكَ وَنبيِّكَ ورسولِكَ النَّبيِّ الاُمِيّ وَعلٰى اٰلهِ وَصَحْبِهِ وسَلِّم تسليماً بقدرِ عظمةِ ذاَتِكَ في كـُلِّ وَقتٍ وَحيـنٍ
Hikmah 266-269
266-269
“ NUR SEBAGAI BUAH DZIKIR”
٭٭ قومٌ تسبِقُ انوارهُم اذكارهُم وقومٌ تسبِقُ اذكارهُم انوارهُم وقومٌ تتساوٰى اذكارهُم و انوارهُم وقومٌ لا اذكار ولا انوار. نعوذ بالله من ذالك ٭٭.
266. “ Sebagian kaum ada yang Nur (makrifat)nya
mendahului dzikirnya, dan sebagian kaum
dzikirnya mendahului Nur-nya, dan sebagian lagi kaum yang tidak berdzikir dan
tidak punya nur., Na’udzubillahi-min-dzalik.
Kaum yang Nur-nya
mendahului dzikirnya yaitu : Maj-dzubuun atau Murooduun (orang
yang langsungditarik oleh Alloh bisa
makrifat), mereka setelah mendapat nur makrifat lalu berdzikir, sedang kaum
yang dzikirnya mendahului Nurnya yaitu para Salikuun atau Murii-duun
( orang yang berusaha mencapai makrifat atau wushul kepada Alloh), mereka bermujahadah/memerangi nafsunya dengan
berdzikir sehingga mendapatkan nur makrifat.
ذاكِرٌ ذكرَ ليَسْتنيرَ قلبه فكان ذاكِراً وذاكرٌ اِستنارَ قلبه فكان ذاكِراً والذي استَوَت اَذكارُهُ واَنوارُهُ فبذِكرهِ يَهتدى وبنُورهِ يقتدى ٭٭
Orang berdzikir yang dzikirnya untuk mendapatkan
terang hatinya (yaitu salikuun/muriduun, dan ada orang yang berdzikir sedang
hatinya telah terang/mendapat nur (yaitu Majdzubuun/murooduun)mereka semua disebut berdzikir.”
Golongan kaum yang
mendapat nur sebelum dzikir itu di sebut dalam ayat : يَختصُّ
برَحْمَتهِ من يشـَاءُ “Alloh menentukan/mengkhususkan rahmat-Nya pada siapa yang dikehendaki-Nya.”
Sedangkan golongan yang berdzikir kemudian mendapatkan Nur, disebutkan
dalam ayat : “ وَالَّذِينَ
جاَهَدُوا فِيْناَ لنَهْدِيَنـَّهُمْ سُبُلَنـاَ
Dan mereka yang benar-benar berjuang dijalan
kerirhoan-Ku, pasti Aku pimpin (Aku tunjukkan jalan kami).”
Syeih Abul-Abbas
Al-Mursy berkata : sebagian kaum ada yang mendapatkan karunia/karomah dari Alloh dengan taat kepada Alloh(salikuun), dan ada yang bisa taat kepada Alloh sebab karunia/karomah dari Alloh(majdzubuun).
٭٭ ماكان ظاهرُ ذكرٍ الا عَن باطن شهودٍ وفكْرٍ ٭٭
267. “ Tidak akan terjadi dzikir pada anggauta
lahir kecuali sebab musyahadah dan berfikir (tentang keagungan Alloh) dalam
batin (hati)nya .”
Yang dimaksud dzikir
disini yaitu semua amal lahir, sebab semua amal lahir itu pasti timbul dari
hati yang memandang Alloh(musyahadah) dan berfikir tentang keagungan Alloh.
Apabila anggota lahir
disibukkan dengan berdzikir kepada Alloh, itu sebagai tanda adanya cinta kepada Alloh dalam hatinya; ketika seseorang cinta sesuatu maka
banyak menyebutnya, dan tidak ada cinta kecuali dari mengenal (makrifat).
Alhasil adanya dzikir
pada anggota lahir itu timbul dari adanya musyahadah dalam batinnya, bagi para
arifiin. Atau timbul dari berfikir tentang anugerah dari Alloh, bagi orang-orang yang mencari pahala.
Dalam hal dzikir manusia
terbagi menjadi tiga bagian : 1. Orang yang mencari pahala(awam). 2. Orang yang
berharap sampai/wushul kepada Alloh(salik). Dan 3. Orang yang mengagungkan dan memuliakan Alloh(’Arif).
٭٭ أشهدكَ من قبل أن يستشهِد ك فنطقت باءلٰهيتهِ الظواهرُ وَتحققت بأحديته القلُوبُ وَالسرَائرُ ٭٭
268. “ Alloh ta’ala telah memberi syuhud (kesaksian)
kepadamu, untuk menyaksikan ke-Tuhanan-Nya Alloh
sebelum Alloh
menuntut kamu supaya menyaksikan keagungan Alloh , lalu
anggota lahirmu mengucapkan (menyatakan) ke-Tuhanan-Nya Alloh dan
hatimu menyaksikan sifat Esa-Nya Alloh.”
Alloh telah membukakan pada semua ruh manusia dialam ghoib tentang
ke-Tuhanan Alloh dan sifat Esa Dzatnya Alloh, dan tentang Alloh meliputi dan mengurusi semua makhluknya, lalu setelah Alloh melahirkan arwah tadi kealam dunia yakni Alloh mngumpulkan ruh dengan jasad lahir, lalu Alloh menuntut ruh tadi untuk menyaksikan ke-Tuhanan-Nya
Alloh, maka ruh tadi menyaksikan dengan lisan lahirnya,.
Jadi kesaksian ruh itu mengikuti penyaksian ruh dialam ghoib.
Dalam keterangan kitab
lain hikmah ini juga diartikan : Alloh sudah memperlihatkan Dzatnya kepadamu, sebelum Ia menuntut kepadamu
harus mengakui kebesarannya, sehingga nyata mengakui ke-TuhananNya segala
makhluk lahir, dan nyata hakikat ke-Esa-anNya dalam hati dan sir.
٭٭ أكرمك بكراماتٍ ثلاث جعلك ذاكِرًا له ولولا فَضله لم تكن أهلاً لِجرَيان ذِكرِه عليكَ، وجعلك مذكوراً به اِذْ حقق نِسبتَه ُ لديكَ وجعلك مذكوراً عنده فتمم نِعْمته عليكَ ٭٭
269. “ Alloh telah memuliakan engkau dengan tiga karomah
(kemuliaan): Alloh telah
menjadikan engkau seorang yang berdzikir kepada-Nya, jika tidak karena
anugerah-Nya, niscaya engkau tidak
pantas/layak untuk berdzikir kepada-Nya. Alloh telah menjadikan engkau disebut dengan asma Alloh, karena
Alloh telah
menisbatkan asma itu kepada engkau. Alloh telah menjadikan engkau disebut disisi Alloh , maka dengan demikian Alloh telah
menyempurnakan nikmat-Nya kepadamu.”
Alloh berfirman :
“ Dan sesungguhnya dzikir Alloh kepada hamba itu lebih besar (dari pada dzikir hamba kepada Alloh)”.
Bagaimana seorang hamba
yang hina boleh menyebut dan mengabdi kepada Tuannya yang maha agung, kalaulah
tidak karena anugrah Tuhan tidaklah mungkin engkau bisa berdzikir dengan
lisanmu.
Karomah yang kedua, Engkau
dijadikan orang yang disebut dengan asma Alloh (Alloh sendiri yang menisbatkan asma/dzikir itu kepadamu)
, seperti contoh : Ya waliyyalloah, Ya shofiyulloh, itu karena Alloh sudah memberikan sifat khususiyyah pada kamu.
Karomah yang ketiga,Engkau
disebut-sebut disisi Alloh dihadapan para malaikat al-muqorrobin. Itulah
sempurna-sempurnanya nikmat.
Dalam sebuah hadits
qudsi , dari Abi Hurairoh ra. Berkata : Rosululloh saw. Bersabda : Alloh berfirman : Aku selalu mengikuti perasangka
hambaku, dan aku selalu mendampinginya selama ia berdzikir pada-Ku, jika ia berdzikir padaKu dalamhatinya, Aku
ingat padanya dalam Dzatku, dan bila ia dzikir pada-Ku di muka umum, aku ingati
dia didalam umum yang lebih baik dari golongannya, dan bila ia mendekat padaKu sejengkal maka Aku
mendekat padanya sehasta, bila ia mendekat padaKu sesehasta maka Aku mendekat
padanya sedepa, dan bila ia datang kepadaKu berjalan, Aku datang kepadanya
berlari.
Silahkan Bagikan Artikel ini
Mohon Maaf, Kepada Semua Sahabat, Atas Ketidak Nyamanannya, Dengan adanya Shortener Di Link Download. Mohon Keridhoannya. Terima Kasih.**** Apabila kesulitan Download Silahkan buka/klik gambar(Cara Download) dibawah postingan. Apabila masih kesulitan, silahkan copy paste link download yang ada, kebrowser anda.*** Apabila ada link Download yg rusak/mati, mohon beritahu kami lewat komentar dibawah ini.