• Home
  • Facebook PPa
  • Twitter
  • Aurodan PPa
  • Download software
 Padepokan Padang Ati (ppa)
  • HOME
  • AL-HIKAM
    • KH ABDUL WAHID ZUHDI
      • AL-HIKAM mp3
      • KISAH PERANG BADAR mp3
      • SULAMUT-TAUFIQ mp3
      • FIQIH/UBUDIYYAH mp3
    • SYARAH AL HIKAM
    • AL HIKAM KH IMRON JAMIL mp3
  • TASAWWUF-THORIQOH
    • HIKMAH SUFI
    • BAHASAN SUFI
    • THORIQOH
      • SYADZILIYYAH
      • QODIRIYYAH
      • NAQSYABANDIYYAH
      • THORIQOH LAIN-LAIN
    • KISAH ULAMA'NUSANTARA
    • KISAH ULAMA' DUNIA
    • KISAH WALI SONGO(9)
  • DOWNLOAD KITAB
    • KITAB TERJEMAH 1
    • KITAB TERJEMAH 2
    • KITAB KUNING MAKNA PESANTREN
    • KITAB HADITS
    • KITAB KLASIK/KUNING
    • KITAB KUNING MP3
      • Kitab kuning/klasik mp3
      • Ihya'Ulumuddin mp3
      • Nasho'ihul 'Ibad.mp3
      • Irsyadul 'ibad mp3
      • At-Tibyaan fii Aadaabi Hamalatil Qu’ran mp3
    • BAHTSUL MASA'IL
    • E-BOOK ISLAMI 1
    • E-BOOK ISLAMI 2
    • E-BOOK MUSLIMAH
  • TERJEMAHAN KITAB
    • KITAB-KITAB SYEIKH ABDUL QODIR ra
      • FATHUR-ROBBANI WAL FAYDHUR RAHMANY
      • PENGAJIAN SYEIKH ABDUL QODIR ra
      • FUTUHUL GHOIB
      • MANAQIB SYEIKH ABDUL QODIR ra
      • WEJANGAN SYEIKH ABDUL QODIR ra
    • SYARAH AL HIKAM
    • AT-TANWIR FI ISQOTHID TADBIR
    • TAJUL 'ARUSY IBNU 'ATHO'ILLAH
    • RISALATUL QUSYAIRIYYAH
    • (WASHOYA) AN-NASHO'IH
    • MEMBUMIKAN AL-QUR'AN
    • RENUNGAN TENTANG UMUR MANUSIA
    • KEAJAIBAN DLM TUBUH KITA
    • AT-TA'ARUF LI MADZHABI AHLIT-TASHAWWUF
    • KHUTBAH JUM.AH
  • AL-QUR'AN - QIRO'AH
    • TAFSIR JALALEIN
    • AL-QUR'AN UNTUK PC/HP
    • AL-QUR'AN 30 juz (Murottal)mp3
    • QIRO'AH, SENI BACA AL-QUR'AN mp3
    • SHOLAWAT,NASYID,PUISI mp3
Home » SURAT-SURAT SANG SUFI » ' SURAT-SURAT SANG SUFI ' SURAT KEEMPAT

' SURAT-SURAT SANG SUFI ' SURAT KEEMPAT

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

اللهُم َّصلِّ علٰى سَيِّدنا مُحَمّدٍ عبدِكَ وَنبيِّكَ ورسولِكَ النَّبيِّ الاُمِيّ وَعلٰى اٰلهِ وَصَحْبِهِ وسَلِّم تسليماً بقدرِ عظمةِ ذاَتِكَ في كـُلِّ وَقتٍ وَحيـنٍ

Terjemah Kitab
" SURAT-SURAT SANG SUFI "
Muhammad Ibn ‘Abad
SURAT KEEMPAT


Kepada Muhammad ibn Adibah. Sebuah bab tentang perilaku mereka yang menekuni ilmu-ilmu hukum (fiqih), tentang bid’ah, serta berbagai kesalahan yagn menjadi tanggung jawab mereka..

Hendaknya engkau memhamai bahwa dewasa ini bid’ah merajalela di kalangan orang-orang seperti ini, dan akibatnya adalah perpecahan dan pengaruh membahayakan. Penyebabnya adalah niat buruk metode penyelidikan mereka dan karena mereka tidak mengetahui kegunaan dan penerapan hukum. Kekeliruan niat mereka selalu menjerumuskan mereka ke jurang ketertipuan. Karena tak mengetahui makna hakiki ilmu, kalbu mereka tak meiliki cahaya. Mereka telah menjadi lambang memudarnya penglihatan dan akan menyadari rasa malu mereka ketika relung kalbu mereka diadili. Engkau hanya perlu mengamati tindakan mereka dan memiliki pengetahuan mendalam tentang keadaan spiritual mereka agar engkau meyakini kelogisan dan ketepatan dari apa yang telah aku katakan tentang mereka. Kabar angin tidaklah bisa menggantikan kesaksian. Tak ada sesuatu pun yang bisa memberikan kejelasan, kecuali melihat dengan mata kepala sendiri.
Singkatnya, seseorang yang menggeluti ilmu-ilmu ini, dengan maksud jahat dan tipu muslihat dalam kalbunya, akan terpedaya sejak permulaan. Biasanya, orang seperti ini mengemukakan beerbagai macam penafsiran yagn tak bisa diterima, dan dalam proses itu sifat-sifat hawa nafsu tercelanya menjadi bertambah kuat. Keadaan ini tak pelak lagi mengakibatkan timbulnya banyak kemaksiatan dan kemunduruan, sementara orang tersebut mengira bahwa Tuhannyalah yang telah memberikan wewenang kepadanya untuk melakukan hal itu!
Andaikan salah seorang faqih ini menekuni pekerjaannya dengan hal-hal yang telah dinyatakannya sebagai niat yang suci. Dia yakin bahwa Tuhannya bakal memberi ganjaran atas kegiatan mengkaji dan belajarnya. Dia mengira bahwa dia menghabiskan waktunya sebagaimana mestinya dan bahwa dia terbebas dari motif jahat. Lalu musuh terkukuhnya menjarah dirinya, mengalahkannya dengan segala muslihat dan kebenaran setengah-setengah, membuatnya hanya ingat kepada sifat-sifat mulia orang-orang alim dan status tinggi kaum faqih dan kaum intelktual. Sementara orang yang malang itu tidak menyadari bahwa dirinya telah dikelabui oleh setan. Dia telah terjerumus dalam cengkeraman musuh, menolak hal-hal yang mengikat dirinya dan menjadi tanggung jawabnya.
Seorang faqih lainnya mungkin mengawali tugasnya dengan niat baik. Dia bersungguh-sungguh menghindari dosa-dosa ini, menempatkan beragai masalah pada perspektifnya yang benar, dan terus-menerus mengamati motif-motif dan kecenderungan-kecenderungan jiwa rendah atau hawa nafsunya. Akan tetapi, orang ini tak bisa menemukan seorang pun yang bisa memberinya petunjuk dalam keadannya yagn sekarang, sehingga dia tetap berada di dalamnya, dan keadaan memaksa dia menjalin persahabatan dengan orang-orang yang tidak dikenalnya. Jauh sebelumnya, demam batiniah mulai menjalar dalam dirinya,d an tanda-tanda kemunafikan mulai tampak dalam perilaku lahiriahnya. Kerusakan kalbu telah menggusur ketulusan dan jalan keberhasilan. Kesempurnaan pun menjadi tidak jelas bagi dirinya, “kecuali orang-orang yang beriman dan beramal saleh, dan amat sedikit jumlah mereka ini.” (Qs. 38:25.)
Dan Guru Umat manusia, Muhammad saw. kita dapatkan hadis ini, “Orang paling munafik di kalangan umatku adalah pembaca Al-Qur’an.” Al-Hasan ibn Abi Al-Hasan mengatakan, “Manakala seseorang berangkat pergi mencari pengetahuan, maka pengetahuan itu akan segera tampak dalam kerendahan hatinya, pakaiannya, pandangannya, ucapannya, gerak-geriknya, shalatnya, petunjuknya, dan kezuhudannya. Jika orang itu mau mencaai pintu gerbang pengetahuan terakhir, dia mestilah bertindak sesuai dengan pengetahuan itu. Segala sesuatunya akan menjadi baik buat dirinya di dunia ini, sejauh hal itu memungkinkan; dan jika tidak di sini, maka dia bisa mengharapkan hal itu dalam kehidupan akhirat nanti.” Seterusnya, dia mengatakan, “Allah tidak menerima puasa, shalat, pembebasan budak, ibadah haji atau umrah, jihad, zakat, atau amal kebaikan seorang ahli bid’ah. Sungguh, akan datang masanya ketika orang-orang mencampur-adukkan kebenaran dan kebatilan. Jika hal itu terjadi, maka tak ada sesuatu pun yang berguna, kecuali teriakannya seperti teriakan orang yang tenggelam. Karena itu, bantulah dirimu sendiri untuk meraih pengetahuan; akan tetapi, ingatlah bahwa pengetahuan tidak bakal membuat aman orang-orang yang mempelajarinya.” Al-Hasan,s emoga Allah merahmatinya, mengacu di sini kepada pencarian ilmu, ketiadaan pengetahuan spiritual, yang terlihat jelas di zamannya.
Sufyan Al-Tsawri mengatakan, “Berhati-hatilah terhadap banyak bujukan ulama lancung yang suka menipu! Dan berhati-hatilah terhadap kerendahan hati orang munafik!” Malik berkata, “Aku pergi mengunjuungi ‘Abd A; Rahman ibn Hurmuz. Meski telah melanggar hukum secara sembunyi-sembunyi, dia tetap berbicara tentang hukum-hukum Islam, dan tentang bagaimana dia merasa takut lantaran apa yang telah dia lakukan. Dia banyak sekali menangis.” Malik meneruskan, “Nah, Ibn Hurmuz adalah orang yang hendak aku tandingi. Dia tak banyak berbicara, tak banyak menjelaskan pendapat-pendapat hukum, teguh dalam menjalankan ibadah, sangat berhati-hati dalam berbicara, keras dalam berurusan dengan orang lancung, dan salah seorang ahli debat paling pandai.” Malik melanjutkan, “Aku pergi mengunungi Rabi’ah, dan mendapatinya sedang menangis. Lalu aku berkata kepadanya, ‘Semoga Allah memberimu keberanian, mengapa engkau menangis?” Dia menjawab, “Wahai malik, orang kafir dan orang terkutuk menjelas-uraian hukum dan berbicara tentang agama kita.” Dan Malik menyimpulkan, “Rabi’ah benar-benar memahami keadaan kita.” Seseorang lainnya mengatakan, “Aku melihat Sufyan Al-Tsawri sedang sedih, lalu aku bertanya kepadanya tentang hal itu. Dia berkata, “Kita telah sampai pada soal berurusan dengan anak-anak dunia ini.’ Maka aku bertanya, ‘Bagaimana bisa dmeikia?”. Dia menjawab, ‘salahs seorang dari mereka tetap bersama kita, hingga dia memiliki hubungan dengan kita. Kemudian dia pergi untuk menjadi pekerja, orang istana, pemungut tpajak. Lalu dia berkata, “Al-Tsawri meriwayatkan hadis ini kepadaku...”
39.
Barang kali engkau akan bertanya, “Bagaimana bisa murid dan guru menjadi orang yang menempuh jalan Sunnah Nabi dan mengikuti apa yang dikehendaki umat beriman ini?” Hubungan timbal balik antara pengajaran seorang guru dan kegiatan belajar seorang murid adalah seperti berikut ini. Sunnah Nabi tentang kegiatan belajar seorang murid mengharuskan bahwa, dalam soal-soal kewajiban hukum tertentu, dia mesti menaruh kepercayaan pada guru, yang paling alim dan yang bertakwa kepada Allah yang bisa dijumpainya. Tentang pengajaran guru, Sunnah Nabi memerintahkan berbuat kebaikan kepada murid, bersikap ramah kepadanya dan guru memberikan pengajaran sejelas mungkin. Malahan dalam soal-soal yang tidak melibatkan syarat-syarat hukum tertnetu, Sunnah Nabi mensyaratkan agar guru dan murid memliki niat yang tulus, dan agar mereka menghindari tindakan-tindakan terlarang dan tercela, serta agar mereka tidak bersikap terlalu bebas dalam memenuhi syarat-syarat lahiriah Hukum Wahyu. Jika mereka bertentangan dengan salah satu syarat itu, dan mengira bahwa mereka telah mengerjalan amal kebaikan, maka mereka termasuk ahli bid’ah, dan pandangan mereka adalah bid’ah juga, sebab hal itu tidak selaras dengan jalan pendahulu kita dalam agama ini. Sebaiknya, jika mereka mengakui dosa-dosa mereka dan ingin selamat darinya, tapi karena semata-mata tak mampu, maka mereka bukanlah ahli bid’ah, melainkan hanya orang-orang membangkang yang mengesampingkan perbuatan yang lebih mulia.
Inilah beberapa pelangaran yang umumnya dilakukan oleh sang murid. Dia mungkin belajar dengan seseorang yang amat suka mempunyai banyak pengikut atau melawan orang yang mempunyai bukti, atau tidak menghapuskan hal-hal tercela dalam kelasnya. Hal-hal tercela ini bisa mencakup fitnah, pertikaian, sok aksi, suka bertengkar, dan berteriak-teriak, baik di dalam masjid atau selama mendengarkan hadis-hadis Nabi saw. Termasuk juga menentang seorang ulama dengan cara yang sengit, menyakiti sesama murid dengan tuduhan palsu, menolak pandangan mayoritas orang, melanggar tatakrama kesusilaan dan hal-hal lain yang sejenisnya. Dalam pengertian umum, ini meliputi juga perilaku kasar, yaitu mengusiknya dengan berbagai pertanyaan, atau mentang apa yang dikatakannya, atau menyakiti, dengan kata dan tindakan, mereka yang dekat dengannya di kelas, atau berburuk sangka kepadanya, dan sebagainya.
Adapun guru, dia bisa saja gagal karena menerima murid-murid yang benaknya jelas-jelas dikaruniai niat kotor atau pikiran buruk. Sungguh, kurangnya memperhatikan masalah inilah, persisnya, yang menyebabkan timbulnya banyak kerusakan di zaman kita sekarang. Guru bisa juga melakukan kesalahan, berupa duduk di tempat yang tinggi di atas sahabat-sahabatnya tanpa alasan yang cukup kuat; atau berupa memperturutkan perilaku yang jelek, entah ditujukan kepada guru atau pada murid; kadang-kadang tak bisa berbicara dengan benar, dan bahkan memerintahkan murid keluar meninggalkan kelas; atau berupa mengutamakan orang kaya dan anak-anak yang tempatnya berdekatan dengannya, serta mengesampingkan orang miskin – suatu tindakan yang sama sekali tidak berkaitan dengan tuntunan agama.
Guru bisa juga berbuat kesalahan, karena tidak memberi nasihat kepada murid di saat yang tepat; atau karena tak bisa menghidupkan kelasnya dengan mengingat Allah (Dzikr), membaca ayat-ayat Kitab-Nya dan hadis-hadis Nabi saw. serta tradisi orang-orang saleh; atau karena tidak mengucapkan shalawat atas Nabi saw, atau tidak memohon amunan dan rahmat Allah serta mencari perlindungan kepada-Nya – sebab kesemuanya ini jelas-jelas diwajibkan atas semua orang. Sesungguhnyalah, guru mesti menjaidkan semuanya ini sebagai fondasi dalam kelas, memperhatikannya dengan seksama, dan memandangnya sebagai manfaat-manfaat terbesar dalam kelas.
40.
Soal=soal seperti ini menunjukkan kewaspadaan kalbu dan kesucian jiwa guru. Jika dia memang memiliki banyak pengetahuan tentang kepastian dan juga memiliki keadaan spiritual kaum sufi dan orang-orang memiliki keberhasilan spiritual, tentu saja dia akan berbicara kepada murid-muridnya tentang pengetahuannya yang sangat berharga ini, sampai mereka bisa memahaminya. Dia tentu akan membiarkan mereka melihat sebagian keadaan spiritualnya yang mulia, agar dengan begitu keadaan mereka bertambah kuat. Dia tentu akan menunjukkan kepada mereka hubungan timbal-balik antara Hukum Wahyu dan Kebenaran Mistik, serta menjelaskan pemahaman tentang berbagai rahasia Jalan yang amat terang, yang ingin mereka ketahui. Dengan perhatian dan cara berbicaranya, guru supaya mencegah murid agar tidak memberikan perhatian pada segala sesuatu yang baru dan berlangsung sekilas, serta supaya membantu mereka menaydari dan mewujudkan makna kata-kata Nabi saw. “Bait paling benar yang pernah dilantunkan penyair adalah : ‘Bukankah segala sesuatu, yang tidak mengandung Tuhan, kosong belaka?”
Demikianlah jalan leluhur kita yagn saleh dalam agama dan nasihat ulama kita yang otoritatif. Siapa saja yang meneladani dan mengikuti mereka, akan beroleh keberhasilan besar dalam kehidupannya dan kesalehan abadi sebagai hasil akhir di hadapan Tuhannya. Siapa saja yang berpaling dan mengikuti perilaku teladan itu, dan memutuskan tali persahabatan dengan leluhur kita, berarti telah menukar akhirat dengan dunia ini (bandingkan dengan Qs. 2 : 86), dan mengundang murka Tuhannya serta akan terkena firman Allah Swt. “Katakanlah : Akankah kami beritahukan kepadamu orang-orang yang paling merugi amal-amalnya? Mereka itulah orang-orang yagn telah sia-sia amal perbuatannya dalam kehidupan dunia ini, sedangkan mereka menyangka bahwa mereka telah berbuat sebaik-baiknya.” (Qs. I : 103-104). Semoga Allah melindungi kita dari hal dmeikian itu.

 Kembali ke Daftar Isi

Silahkan Bagikan Artikel ini

Mohon Maaf, Kepada Semua Sahabat, Atas Ketidak Nyamanannya, Dengan adanya Shortener Di Link Download. Mohon Keridhoannya. Terima Kasih.**** Apabila kesulitan Download Silahkan buka/klik gambar(Cara Download) dibawah postingan. Apabila masih kesulitan, silahkan copy paste link download yang ada, kebrowser anda.*** Apabila ada link Download yg rusak/mati, mohon beritahu kami lewat komentar dibawah ini.
Ditulis oleh:As Hakim.Ppa on Mei 31, 2017 - Rating: 1.5
Title : ' SURAT-SURAT SANG SUFI ' SURAT KEEMPAT
Description : Terjemah Kitab " SURAT-SURAT SANG SUFI " Muhammad Ibn ‘Abad SURAT KEEMPAT Kepada Muhammad ibn Adibah. Sebuah bab te...

0 Response to "' SURAT-SURAT SANG SUFI ' SURAT KEEMPAT"

Posting Komentar

Posting Lebih Baru
Posting Lama
Beranda
Lihat versi seluler
Langganan: Posting Komentar (Atom)

Silahkan Di subcribe

Cara Download Disini

Beli Kitab Klasik dan buku Islami

Tulisan Terbaru

INGKANG KATAH DIPUN PERSANI

  • Download Kitab Kuning Klasik (dengan Makna ala Pesantren/Makna Petuk)بالمعنى على فسانترين
    Download Kitab Kuning / Klasik (Dengan Makna Ala Pesantren) Dengan rasa Syukur kepada Alloh, kembali blog PPa menghadirkan k...
  • Download Kitab Matan Ghoyah wat Taqrib (Dengan makna ala Pesantren) متن الغاية والتقريب مع الترجمة
    Matan Ghoyah wat Taqrib (Dengan makna ala Pesantren) متن الغاية والتقريب مع الترجمة   باللغة الجاوية والمعنى على فسانترين ...
  • Daftar Kitab Kuning makna ala pesantren /Makna Petuk Pdf (2)
    Kitab Kuning makna ala pesantren /Makna Petuk =========================================== Silahkan BELI Kitab makna pesantren  Klik Disini =...
  • Terjemahan Kitab Tajul ‘Arus (Bab 1 "Taubat")
    Terjemahan Kitab Tajul ‘Arus Al-hawiy li tahdzibin Nufus Karya Syeikh Ibnu ‘Atho’illah as Sakandari Puji syukur Ki...
  • Download Kitab KIFAYATUL AWAM (Dengan Makna Ala Pesantren) تحقيق المقام على كفاية العوام فيما يجب عليهم من علم الكلام للشيخ محمد الغضالي
      KIFAYATUL AWAM  (Dengan Makna Ala Pesantren)   تحقيق المقام على كفاية العوام فيما يجب عليهم من علم الكلام للشيخ محمد الغضالي بالمعنى على...
  • Kitab Kuning Klasik Terjemah pdf 1
     Kitab Kuning Klasik Terjemah pdf 1 Kembali lagi setelah kami sampaikan daftar link  Download kitab klasik berbahasa arab  .  Kitab klasik m...
  • Download Kitab Ihya 'Ulumuddin إحياء علوم الدين Juz 2 (Makna ala Pesantren)
    Kitab Ihya 'Ulumuddin Imam Al-Ghazali Juz 2 Makna ala Pesantren   إحياء علوم الدين   تصنيف   حجة الإسلام  الإمام أبي حامد الغزالي  وهو أ...

DOWNLOAD KITAB KHUSUS ARAB

Arsip Blog

  • ►  2025 (18)
    • ►  Juni (3)
    • ►  Mei (6)
    • ►  Maret (2)
    • ►  Februari (3)
    • ►  Januari (4)
  • ►  2024 (46)
    • ►  Desember (4)
    • ►  Oktober (5)
    • ►  September (4)
    • ►  Agustus (2)
    • ►  Juli (1)
    • ►  Juni (4)
    • ►  Mei (8)
    • ►  April (2)
    • ►  Maret (4)
    • ►  Februari (5)
    • ►  Januari (7)
  • ►  2023 (186)
    • ►  Desember (9)
    • ►  November (9)
    • ►  Oktober (9)
    • ►  September (18)
    • ►  Agustus (23)
    • ►  Juli (16)
    • ►  Juni (11)
    • ►  Mei (15)
    • ►  April (12)
    • ►  Maret (18)
    • ►  Februari (19)
    • ►  Januari (27)
  • ►  2022 (430)
    • ►  Desember (26)
    • ►  November (23)
    • ►  Oktober (31)
    • ►  September (41)
    • ►  Agustus (52)
    • ►  Juli (50)
    • ►  Juni (66)
    • ►  Mei (39)
    • ►  April (41)
    • ►  Maret (27)
    • ►  Februari (11)
    • ►  Januari (23)
  • ►  2021 (326)
    • ►  Desember (42)
    • ►  November (31)
    • ►  Oktober (45)
    • ►  September (21)
    • ►  Agustus (30)
    • ►  Juli (31)
    • ►  Juni (11)
    • ►  Mei (20)
    • ►  April (48)
    • ►  Maret (19)
    • ►  Februari (8)
    • ►  Januari (20)
  • ►  2020 (308)
    • ►  Desember (18)
    • ►  November (10)
    • ►  Oktober (23)
    • ►  September (48)
    • ►  Agustus (21)
    • ►  Juli (21)
    • ►  Juni (8)
    • ►  Mei (18)
    • ►  April (13)
    • ►  Maret (30)
    • ►  Februari (40)
    • ►  Januari (58)
  • ►  2019 (428)
    • ►  Desember (51)
    • ►  November (41)
    • ►  Oktober (31)
    • ►  September (32)
    • ►  Agustus (43)
    • ►  Juli (31)
    • ►  Juni (49)
    • ►  Mei (77)
    • ►  April (28)
    • ►  Maret (24)
    • ►  Februari (12)
    • ►  Januari (9)
  • ►  2018 (197)
    • ►  Desember (7)
    • ►  November (6)
    • ►  Oktober (9)
    • ►  September (9)
    • ►  Agustus (27)
    • ►  Juli (7)
    • ►  Juni (21)
    • ►  Mei (22)
    • ►  April (33)
    • ►  Maret (33)
    • ►  Februari (6)
    • ►  Januari (17)
  • ▼  2017 (91)
    • ►  Desember (3)
    • ►  Oktober (8)
    • ►  September (6)
    • ►  Agustus (12)
    • ►  Juli (3)
    • ►  Juni (6)
    • ▼  Mei (10)
      • ' SURAT-SURAT SANG SUFI ' SURAT KEEMPAT
      • ' SURAT-SURAT SANG SUFI ' SURAT KETIGA
      • (An-Nashaih 36 ) Senang Terhadap Pujian, Bencana B...
      • (An-Nashaih 35 ) Amal Perbuatan Yang Baik
      • (An-Nashaih 34 ) Perilaku Para Ulama
      • (An-Nashaih 33) Memanfaatkan Ilmu Serta Mensyuku...
      • ' SURAT-SURAT SANG SUFI ' SURAT KEDUA
      • " SURAT-SURAT SANG SUFI " SURAT PERTAMA
      • 'SURAT-SURAT SANG SUFI' RIWAYAT HIDUP IBN ‘ABBAD
      • SURAT-SURAT SANG SUFI Muhammad Ibn ‘Abad"
    • ►  April (5)
    • ►  Maret (13)
    • ►  Februari (9)
    • ►  Januari (16)
  • ►  2016 (144)
    • ►  Desember (21)
    • ►  November (14)
    • ►  Oktober (33)
    • ►  September (26)
    • ►  Agustus (16)
    • ►  Mei (7)
    • ►  April (10)
    • ►  Maret (1)
    • ►  Februari (12)
    • ►  Januari (4)
  • ►  2015 (266)
    • ►  Desember (15)
    • ►  November (1)
    • ►  Oktober (3)
    • ►  September (3)
    • ►  Agustus (14)
    • ►  Juli (6)
    • ►  Juni (25)
    • ►  Mei (29)
    • ►  April (58)
    • ►  Maret (64)
    • ►  Februari (17)
    • ►  Januari (31)
  • ►  2014 (237)
    • ►  Desember (36)
    • ►  November (23)
    • ►  Oktober (13)
    • ►  Agustus (8)
    • ►  Juli (7)
    • ►  Juni (3)
    • ►  Mei (14)
    • ►  April (15)
    • ►  Maret (43)
    • ►  Februari (33)
    • ►  Januari (42)
  • ►  2013 (262)
    • ►  Desember (15)
    • ►  November (14)
    • ►  Oktober (5)
    • ►  September (14)
    • ►  Agustus (4)
    • ►  Juli (36)
    • ►  Juni (21)
    • ►  Mei (19)
    • ►  April (27)
    • ►  Maret (22)
    • ►  Februari (21)
    • ►  Januari (64)
  • ►  2012 (458)
    • ►  Desember (87)
    • ►  November (34)
    • ►  Oktober (16)
    • ►  September (31)
    • ►  Agustus (33)
    • ►  Juli (51)
    • ►  Juni (118)
    • ►  Mei (1)
    • ►  April (23)
    • ►  Maret (11)
    • ►  Februari (22)
    • ►  Januari (31)
  • ►  2011 (65)
    • ►  Desember (62)
    • ►  November (3)

Isi Blog PPA Yg Bisa di Download

KITAB KLASIK PENGAJIAN mp3 TAUSYYAH
  • 1* Download Al-Quran Digital dan terjemahan Untuk PC dan HP

  • 2* KITAB KUNING MAKNA ala PESATREN

  • 3* KITAB KUNING KLASIK ala PESANTREN

  • 4* KITAB-KITAB HADITS

  • 5* KITAB-KITAB TERJEMAH

  • `6* KITAB KUNING PESATREN mp3

  • 7* BAHTSUL MASA'IL PONDOK PESANTREN

  • 8* Ebook islami

  • 9* KITAB IRSYADUL-'IBAD mp3

  • 10* KITAB KUNING KHUSUS ANDROID dan HP java

  • 1. AL HIKAM mp3. KH.ABD WAHID ZUHDY

  • 2. KISAH PERANG BADAR mp3, KH ABD WAHID ZUHDY

  • 3. SULAMUTTAUFIQ mp3, KH ABD WAHID ZUHDY

  • 4. FIQIH/'UBUDYYAH mp3, KH ABD WAHID ZUHDY

  • 5. Pengajian Gus Mus Kitab Nashoihul Ibad (mp3)

  • 6. PENGAJIAN,MANAQIB,ISTIGHOTSAH KH.ASRORY

  • 7. TERJEMAH IHYA' ULUMUDDIN mp3

  • 8. DOWNLOAD VIDEO & MP3 AUROD PPA

  • 9. SHOLAWATAN H.MUAMMAR ZA mp3

  • 10. MUROTTAL H.MUAMMAR ZA. dll. mp3

  • 11. QIRO'TUL QUR'AN H.MUAMMAR ZA dll. mp3

  • 12.SHOLAWAT ala HABIB SYECH BIN ABDUL QODIR

  • 13.SHOLAWAT,NASYID,QOSIDAH,PUISI




  • TAUSIYYAH HABIB UMAR MUTOHHAR

  • HABIB LUTHFI BIN YAHYA

  • TAUSIYYAH HABIB NAUFAL SOLO

  • PUISI TERBAIK GUS MUS

  • KH ASRORI AL-ISHAQY

  • HAUL PONDOK PETA



  • Daftar Terjemahan kitab

  • Syarah Al Hikam Ibnu Ato'illah

  • At-Tanwir Fi Isqothid Tadbir

  • Tajul 'arusy Ibnu 'Atho'illah

  • Fathur-Robbani Wal Faydhur Rahmany

  • Futuhul Ghoib

  • Wejangan Syeikh Abdul Qodir

  • Manaqib Syeikh Abdul Qodir

  • Risalatul Qusyairiyyah

  • (Washoya) An-Nasho'ih Imam Harits Al Muhasibi

  • Kimyyaus-Sa'adahAl-Ghozaly

  • Surat-surat Sang Sufi

  • Asy-Syamail-Muhammadiyah

  • Mantiqut-Thair

  • Membumikan Al-Qur'an

  • Renungan Tentang Umur Manusia

  • Keajaiban Dlm Tubuh Kita

  • Fihi ma Fihi Ar-Rummi

  • At Ta'aruf li madzhabi Ahli at Tashawwuf

  • Kitab "RO-AYTULLOOH"

  • Al-Washaya li Ibn al-‘Arabi

  • Ayyuhal Walad al Ghozali

  • Misykatul anwar Al-Ghozali

  • Mukasyafah al QulubAl-Ghozali

  • Risalah Adab Sulukil Muriid


  • Like Fb PPa

    PANJENENGAN TAMU INGKANG KAPING

    Niki Kulo

    Foto Saya
    As Hakim.Ppa
    Khodim Padepokan Padang Ati (PPA)
     Lihat profil lengkapku

    Download Software Pc & Android

    Download Video Pengajian, Sholawat dan lagu

    Labels

    ebook islami (869) kitab kuning terjemah (669) Kitab makna gandul (311) Syarah Al-Hikam (143) BAHASAN SUFI (119) AL-GHOZALI (110) KISAH SUFI (108) RISALATUL-QUSYAIRIYYAH (89) Kitab At-Tanwir (86) HIKMAH SUFI (85) kitab HADITS (82) AJARAN KAUM SUFI (77) Al-Qur'an (76) FUTUHUL GHOIB (71) ALHIKAM (64) Kitab karya ulama Nusantara (64) ebook muslimah (63) KITAB KUNING KLASIK (60) Fathur-rabbany (59) KITAB NAHWU (58) Melihat Allah (53) NU (49) TAFSIR JALALAIN (46) Doa (41) An-Nashoih (38) PENGJIAN (38) KITAB KUNING MP3 (36) Wasiat – Wasiat Ibn ‘Arabi (36) PPA (33) Attibyan fiiaadabi hamalatil qur'an (32) Hikmah Ibnu Ato'illah (32) ibnu 'aroby (32) Hikmah Al Jilany (31) Misykatul anwar (31) Mukasyafatul qulub (30) Tajul Arus (30) al haddad (30) kitab ISLAM KLASIK (25) m.Qurais S (25) IBNU ATO'ILLAH (24) KEAJAIBAN ALQUR'AN (24) Adab sulukil Murid (23) IHYA'ULUMUDDIN AL GHOZALY (23) syeh ahmad asymuni (23) tafsir al Ibriz (21) AS – SYAMAIL (20) Al Misbah (20) SHOLAWATAN (20) SURAT-SURAT SANG SUFI (20) fiqh kehidupan (20) pengajian (19) Fihi ma Fihi (18) WALI SONGO (18) KHUTBAH JUM'AH (17) Tafsir Ilmi (17) Manaqib Syeih Abdul Qodir aljiilany ra (16) Sharaf (15) cak nun (15) Filsafat (14) SOFTWARE ISLAMI (14) Syeikh Hasyim asy'ari (14) NASHO'IHUL 'IBAD (13) karya SYEIH NAWAWI BANTEN (13) KITAB MANTIQUTTOIR (12) THORIQOT (12) wahabi (12) Ayyuhal walad (11) Hamka (11) KITAB KIMYYATUSSA'ADAH (11) Keajaiban di Dalam Tubuh Kita (11) Muammar (11) Nahwu (11) Agus sunyoto (10) M idrus R (10) QOSIDAH BURDAH (9) Tafsir Fathul qodir (9) fiqih (9) Bahasa arab (8) MAULID (8) falak (8) 40 Hadist sohih (7) Fiqih anak (7) Kitab Bahasa Sunda (7) Sayyid Maliki (7) Zaadul maad (7) ebook islam (7) ihya' KITAB TENTANG NAFSU (7) kamus arab-indo (7) ramadhan (7) Adabiyyah (6) Arbain nawawiyah (6) Biografi sahabat Nabi (6) Faroid (6) Misykaat Al-Mashabiih (6) RENUNGAN TENTANG UMUR MANUSIA (6) Taudhihul Adillah (6) alhikam SYEIH IBNU 'ATO'ILLAH ASYAKANDARI MP3 (6) at-tirmidzi (6) haid (6) sunan kalijaga (6) KITAB TASAWUF (5) Percikan Ihya (5) legenda (5) 1001malam (4) ABDUL WAHID ZUHDY (4) Bukhori (4) Humor Sufi (4) Ihya-ma'na (4) KISAH MADHAHIBUL ARBA'AH (4) MUROTTAL (4) Sujiwo tejo (4) asshowi (4) puasa (4) sejarah (4) siyar alam (4) syeikh Nawawi al jawi (4) Asbabul Wurud (3) Nikah (3) Qurban (3) RISALAH LADUNIYYAH (3) Raudhah al-Thalibin (3) Sajarot kaun (3) Syekh Abdul Qadir Jaelani (3) al Buthi (3) az zuhud (3) haji (3) ibnu sina (3) jam'ul jawami (3) tajwid (3) Al Mu’jam Ash Shaghir (2) BAHTSUL MASA'IL (2) Balaghah (2) FADHILAH (2) KH ASRORY (2) KISAH MADHAHIBUL ARBA'AH (2) bahasan tanwirul qulub (2) kitab (2) GUS MUS (1) Hp Santri (1) IBNU ATO'ILLA (1) PUISI (1) SAHABAT NABI (1) SEJARAH PON PES (1) USHUL FIQIH (1) WAHBAH ZUHAILI (1) al (1) habib Umar bin Hafid (1) kh Maimun Zubair (1) kit (1) kitab klasik untuk hp (1)

    Sahabat PPa

    MONGGO SHOLAT

    Copyright © 2012 Padepokan Padang Ati (ppa) - All Rights Reserved
    Design by AS HAKIM PPA - Blogger Templates - Powered by Blogger