بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ
اللهُم َّصلِّ علٰى سَيِّدنا مُحَمّدٍ عبدِكَ وَنبيِّكَ ورسولِكَ النَّبيِّ الاُمِيّ وَعلٰى اٰلهِ وَصَحْبِهِ وسَلِّم تسليماً بقدرِ عظمةِ ذاَتِكَ في كـُلِّ وَقتٍ وَحيـنٍ
At-Tanwir fi-Isqothi at-Tadbir
Syeikh Ibn ‘Atho’illah as-Sakandary ra.
. الفائدة
الأولى: اعلم انه تعالى لما علم كثرة اضطراب النفوس في
شأن الرزق كرر ذكره لما تكررت ورود عوارضه على القلوب، كما تكرر الحجة إذا علمت أن
الشبهة متمكنة في نفس خصمك كما كرر تعالى الاستدلال على المعاد في آيات عديدة لما اضطربت
فيه الملحدون واستبعدوا أن يعود الإنسان بعد أن تمزقت أوصاله واضمحل بناءه، وصار
ترابا أو أكلته السباع والهوام فاحتج عليهم في كتابه العزيز حججا كثيرة منها قوله
تعالى: {وضرب لنا مثلا ونسي خلقه قال: من يحي العظام وهو
رميم؟ قل يحييها الذي أنشأها أول مرة}. وبقوله
في الآية الأخرى: {وهو أهون عليه}. وبقوله
تعالى: {أن الذي أحياها لمحيي الموتى}. إلى غير
ذلك وكذلك لما علم الحق شدة اضطراب النفوس في أمر ومنها أكد الحجة في ذلك في آيات
عديدة منها: ما تقدم ذكره، الرزق ما لم نذكره. فلما علم الحق تعالى ذلك من
نفوس العباد. وقال
تارة: {أن الله هو الرزاق}. وقال
أخرى: {الله الذي خلقكم ثم رزقكم}. وقال
أخرى: {نحن نرزقك}. وقال
أخرى: {أمن هذا الذي يرزقكم إن امسك رزقه}. وقال هاهنا: {وفي السماء رزقكم وما توعدون}. ليبين
محل الرزق، فتسكن إليه القلوب، وليس الضمان مع إبهام الحمل، كالضمان مع تبيينه،
فكأنه تعالى يقول: لم يكن يجب علينا أن نبين لكم
محل رزقكم، لكم عندنا رزق نوصله لكم إذا جاء أبانه، وليس علينا بيانه، ولكن بلطفه
ورحمته وفضله ومنته، بين محل الرزق ليكون ذلك ابلغ في ثقة النفوس به، وأقوى في دفع
الشك.
Faidah
pertama,
Ketika Alloh swt. mengetahui bahwa manusia
sangat membutuhkan dan sering meragukan urusan rizeki, Dia berulang kali
menyebutkannya. Sama halnya kau akan mengulang-ulang berbagai alasan ketika lawan
bicaramu selalu meragukanmu.
Alloh swt. juga mengulang-ulang penjelasan tentang
hari akhirat dalam banyak ayat, karena kaum yang ingkar selalu bimbang , ragu
dan tidak percaya kalau manusia akan kembali setelah tubuh dantulang-belulang
mereka hancur dan menjadi tanah atau dimakan binatang buas. Karena itu, dalam
kitab suci ALloh menyanggah mereka dengan begitu banyak argumen/hujjah.
diantaranya Alloh berfirman, “Ia membuat perumpamaan kepada Kami, sementara ia
melupakan proses kejadiannya. ia berkata, Siapakah yang dapat menghidupkan
tulang-tulang yang telah hancur luluh ini? Katakanlah. Ia akan dihidupkan oleh
Tuhan yang menciptakan pertama kali”.
Dalam ayat lain Alloh berfirman, “Proses menghidupkan kembali lebih
mudah bagi-Nya”. dan firman-Nya, “Tuhan yang menghidupkannya (pertama kali)
tentu dapat menghidupkan yang mati”.dan ayat-ayat lainnya.
Begitu
pula dalam urusan rizeki. Alloh mengetahui bahwa manusia sering bimbang dan
ragu dalam urusan rizeki. sehingga Dia berkali-kali mengungkapkan argumen
tentang hal itu dalam banyak ayat. Sebagaimana yang telah kami sebutkan
terdahulu. Ketika Alloh mengetahui keadaan jiwa manusia dan Dia berfirman, “Allohlah Yang Maha
Memberi rizeki”. pada ayat lain Dia berfirman, “Alloh yang
menciptakan kalian, kemudian memberi kalian rizeki”. Alloh juga
berfirman, “Kamilah yang senantiasa memberimu rizeki”. Alloh juga
berfirman, “Atau siapakah ia yang bisa memberimu rizeki jika Dia menahan
rizeki-Nya”. ayat yang kami sebutkan yaitu, “Di langit terdapat
rizeki kalian dan apa yang dijanjikan pada kalian”. memberi penjelasan
tentang tempat rizeki-Nya.
sehingga tentramlah hati manusia. pada ayat itu
Alloh memberikan jaminan sekaligus menyebutkan tempatnya, seolah-olah Dia
berkata, “Sebenarnya Kami tidak wajib menjelaskan kepada kalian tempat rizeki
kalian. Kami menyimpan rizeki kalian yang akan Kami berikan ketika saatnya
telah tiba. Sesungguhnya Kami tak perlu
menerangkannya. Namun karena kelembutan, kasih sayang, karunia dan anugerah-Nya,
Dia menjelaskan tempat rizeki tersebut agar manusia lebih percaya dan tak lagi
ragu.
وفيه فائدة أخرى: وهو انه تضمن تبيين المحل رفع
همم الخلق، عن الخلق وان لا يطلبوا إلا من الملك الحق، وذلك إذا وقع في قلبك طمع
في مخلوق، أو حوالة على سبب قال لك تعالى: {وفي
السماء رزقكم وما توعدون}.اي يا هذا المتطلع للرزق
من المخلوق الضعيف العاجز في الأرض ليس رزقك عنده وإنما رزقك عندي وأنا الملك
القادر، ولأجل هذا انه لما سمع بعض الأعراب هذه الآية،نحر ناقته،وخرج فارا إلى
الله تعالى وهو يقول:(سبحان الله، رزقي في السماء
وأنا اطلبه في الأرض). فانظر رحمك الله كيف فهم عن
الله أن مراده بهذه الآية، أن يدفع همم عباده إليه، وان يكون رغبتهم فيما لديه،
كما قال في الآية الأخرى: {وان من شيء إلا عندنا
خزائنه وما ننزله إلا بقدر معلوم}. لتجأش
الهمم إلى بابه، ولتجنح القلوب إلى جنابه، فكن رحمك الله سماويا، ولا تكن سفليا
ارضيا، ولذلك قال بعضهم:
إذا أعطشتك أكف اللئام *** كفتك القناعة شبعا وريا
فكن رجلا جسمه في الثر ***
وهامة همته في الثريا
فان إراقة ماء الحياة ***
دون إراقة ماء المحيا
وسمعت شيخنا أبا العباس رحمه الله يقول: (والله ما رأت العز إلا في رفع الهمم عن الخلق، وإذ أيها
الأخ رحمك الله هاهنا قوله تعالى: {ولله العزة
ولرسوله وللمؤمنين}. فمن العزة التي اعز الله بها
المؤمن رفع همته إلى مولاه، وثقته به، دون ما سواه، واستح من الله أن تكون بعد أن
كساك حلة الإيمان وزينك بزينة العرفان، أن تستولي عليك الغاتلة والنسيان حتى تميل
إلى الأكوان أو تطلب من غيره وجود إحسان، ولذلك قال بعضهم:
ابعد نفوذي في علوم الحقائق *** وبعد انبساطي في مواهب خالقي
وفي حين إشرافي على ملكوته*** أرى باسطا كفي إلى غير رازقي
فان كلفتك النفس الغافلة عن مولاها، بان ترفع
حاجتك إلى المخلوقين، فارفعها إلى من يرفع لك المخلوق حاجته إليه، وهين على النفس
أن تهين إيمانك لتحصيل هواها، وان تذللت لتبلغ معناها كما قال بعضهم:
تكلفت إذلال نفس لعزها ***
وهان عليها أن أهان لتكرما
تقول سل المعروف يحيى بن
أكثم *** فقلت سلي ربا لحيى بن أكثما
Faidah
lain, selain itu penyebutan tempat rizeki tersebut membuat manusia tak lagi
menambatkan harapan kepada makhluk dan hanya meminta kepada Penguasa Yang Maha
Benar. Sebab, ketika kau masih menyimpan pengharapan kepada makhluk atau
bergantung kepada sebab, Alloh berfirman kepadamu, “Di langit terdapat
rizeki kalian dan apa yang dijanjikan kepada kalian”. Jelasnya, “Wahai
yang menantikan rizeki dari makhluk yang lemah dimuka bumi, rizekimu tidakada
pada mereka, namun disisi-Ku, Aku Tuhan yang Maha Kuasa”. Karena itu ketika seorang arab badui
mendengar ayat ini, ia langsung menyembelih untanya dan berlari menuju Alloh
seraya berkata, “Maha suci Alloh, rizekiku berada dilangit, tetapi aku
mencarinya dibumi”.
Perhatikanlah,
tujuan Alloh menurunkan ayat ini adalah agar para hamba meminta dan
menggantungkan harapan hanya kepada-Nya. sesuai dengan firman-Nya dalam ayat
lain, “Segala sesuatu pada sisi Kamilah tersimpan. Kami tidak menurunkannya
kecuali dengan ukuran tertentu”. Maksud ayat ini adalah agar manusia
mengarahkan segaa perhatian dan segenap pikiran hanya kepada-Nya. Karena itu
jdilah “manusia langit” jangan menjadi “manusia bumi”.
Seorang penyair
mengatakan,
“Jika tangan bakhil membuatmu dahaga** kona’ah-lah niscaya akan
mencukupi dan membuatmu kenyang. Jadilah
manusia yang raganya dibumi**sedang perhatiannya hanya tertuju kelangit.
Aku
mendengar Syeikh Abu al-Abbas rohimahulloh berkata, “Demi Alloh, tidak ada
kemuliaan terwujut kecuali tidak adanya permintaan kepada makhluk. karena itu wahai saudaraku semoga Alloh
merahmatimu, Ingatlah firman Alloh, “Sesungguhnya kemuliaan itu milik Alloh dan
rosul-Nya dan orang-orang yang beriman”. Alloh menganugerahkan kemuliaan kepada
orang yang beriman ketika ia mengarahkan perhatiannya hanya kepada Tuhan,
percaya kepada-Nya, bukan kepada lain-Nya. Malulah kepada-Nya, jika setelah
diberi busana iman dan dihiasi perhiasan makrifat kau lalai dan condong kepada
makhluk atau meminta karunia dari selain Dia.
Seorang penyair berkata,
“Setelah aku menembus ilmu
hakikat**dan setelah aku diliputi oleh karunia Tuhan. dan ketika aku
menyaksikan alam malakut-Nya**akankah kuhadapkan hatiku kepada selain Dia yang
Maha Memberi rizeki kepada hamba.
Apabila
jiwa yang lalai kepada Tuhan memaksamu meminta kebutuhan kepada manusia, segera
tujukan hatimu kepada Tuhan. jangan sampai nafsumu melemahkanimanmu dan ia
mencapai hasratnya. Jika nafsu berhasil kau tundukkan, ia akan mencapai
impiannya, sebagaimana bunyi sebuah syair,
“Aku berusaha menundukkan
nafsu demi kemuliaannya**sehingga ketika tunduk, ia mudah untuk menjadi mulia.
Ia berkata, ‘Mintalah kepada al-Makruf Yahya bin Aktsam’**Kujawab, “Mintalah
kepada Tuhan nya Yahya bin Aktsam”.
وقبيح بالمؤمن أن ينزل حاجته بغير الله مع علمه
بوحدانيته وانفراده بربوبيته ويسمع قوله تعالى: {أليس
الله بكاف عبده}. وذلك من كل أحد قبيح، ومن
المؤمن أقبح، وليذكر قوله تعالى: {يا أيها الذين
آمنوا أوفوا بالعقود}. ومن العقود التي عاقدته عليها،
أن لا ترفع حوائجك إلا إليه، ولا تتوكل إلا عليه، وذلك لازم إقرارك له بالربوبية
يوم المقادير، يوم ألست بربكم؟ قالواٍ بلى: فكيف
تعرفه وتوحده هنالك وتجهله هنا؟ وقد تواتر عيك إحسانه، وغمرك فضله وامتنانه كما
قال بعضهم:
في القلب لكم منزلة عليه *** لا نسكنها سعدى ولا لبناء
في الذر عرفتكم فهل يجمل بي *** أن أنكركم ولحيتي شمطاء
ورفع الهمة عن الخلق هو ميزان الفقراء، ومسبار
الرجال وكما توزن الذوات كذلك توزن الأحوال والصفات {وأقيموا الوزن بالقسط} فيظهر الصادق بصدقه، والمدعي بمذقه: {ما كان ليذر المؤمنين على ما انتم عليه، حتى يميز
الخبيث من الطيب}.
وقد ابتلى الله بحكمته ووجود منته، الفقراء الذين
ليسوا بصادقين بإظهار ما كمنوا من الرغبة، وأسروا من الشهوة، فابتذلوا أنفسهم
لأبناء الدنيا مباسطين لهم ملائمين لهم، موافقين لهم على مآدبهم، مدفوعين على
أبوابهم فترى الواحد منهم يتزين كما يتزين العروس، مفتونون بإصلاح ظواهرهم غافلون
عن إصلاح سرائرهم. ولقد
وسمهم الحق سبحانه وتعالى بسمة كشف بها عوراتهم واظهر أخبارهم فبد أن كان نسبته أن
لو صدق مع الله أن يقال فيه عبد الكبير فأخرج عن هذه النسبة بعدم صدقه فصار يقال
فيه: شيخ الأمير، أولئك الكذابون
على الله، الصادون للعباد عن حصبة أولياء الله لأن ما يشهده العموم فيهم، يحسبونه
على كل منتسب إلى الله، صادق وغير صادق فهم حجب أهل التحقيق وسحب شموس أهل
التوفيق، ضربوا طبولهم، ونشروا أعلامهم ولبسوا دروعهم، فإذا وقعت الحملة ولوا على
أعقابهم، ناكسين ألسنتهم منطلقة بالدعوى، وقلوبهم خالية من التقوى، ألم يسمعوا
قوله تعالى: {ليسأل الصادقين عن صدقهم}. أترى إذا سأل الصادقين أيترك المدعين من غير سؤال؟ ألم يسمعوا قول الله تعالى: {وقل اعملوا فسيرى الله عملكم ورسوله والمؤمنين وستردون
إلى عالم الغيب والشهادة فينبئكم بما كنت تعملون}.
فهم في إظهار زي الصادقين، وعملهم عمل المعرضين كما قيل:
أما الخيام فإنها كخيامهم *** وأرى نساء الحي غير نسائها
لا والذي حجت قريش بيته ***
مستقبلين اركن من بطحائها
ما أبصرت عيني خيام قبيلة *** إلا بكيت أحبتي بفنائها
Sungguh
buruk jika seorang mukmin meminta kebutuhannya kepada selain Alloh, padahal ia
mengetahui ke-Esaan-Nya dan dan kesatuan dalam rububiyyah-Nya. Dengarlah firman
Alloh, “Bukanlah Alloh cukup untuk menolong hamba-hamba-Nya”. Meminta kebutuhan
kepada makhluk merupakan tindakan yang
buruk, siapapun yang melakukannya, apalagi dilakukan oleh orang yang beriman.
Ingatlah firman Alloh, “Wahai orang beriman, penuhilah akad-akad perjanjian
itu”. Dan diantara akad perjanjianmu adalah kau tidak akan meminta kebutuhan
kecuali kepada-Nya. dan tidak bergantung kecuali kepada-Nya. itu adalah
konsekuensi pengakuanmu terhadap Rububiyyah-Nya. Yaitu ketika kau ditanya,
“Bukankah Aku Tuhanmu? dan kau menjawab, “Ya, Benar”.
Kau telah mengenal dan meng-Esakan-Nya
di alam Azali, lalu kenapa kau tidak mengenal-Nya disini? sementara karunia-Nya
terus mengalir kepadamu dan nikmat-Nya terus mencurahimu, seperti ungkapan
syair, “Dalam hatiku Kau ada dimaqam yang luhur ** tak ada yang menetapkan
kebahagiaan ku. di saat benih aku mengenal-Mu, lalu pantaskah kuingkari Engkau
saat janggut telah beruban.
Tidak
meminta kepada makhluk adalah timbangan kaum fakir dan para wali. ketahuilah ,
yang akan ditimbang dari diri manusia tidak hanya dirinya, tapi juga ahwal dan
sifatnya. Alloh berfirman, “Tegakkanlah timbangan dengan adil”. Dengan begitu,
Tampaklah kejujuran orang yang jujur dan ketidak tulusan para pengaku-aku.
Alloh berfirman, “Alloh tidak sekali-kali membiarkan kaum beriman seperti
keadaan kalian sekarang ini sehingga Dia menyisihkan yang buruk(munafik) dari
yang baik(mukmin)”. Melalui
hikmah dan karunia-Nya Alloh menguji para pendusta ketika mereka menampakkan
hasrat dan ambisi mereka yang tersembunyi. Mereka merendah pada pemilik harta,
bermuka manis kepada mereka, meng-amini tingkah laku mereka, serta bernafsu
untuk menemani mereka, akibatnya, ada diantara mereka berhias dan berpenampilan
seperti pengantin, mereka terperdaya dengan menyibukkan diri dengan menghiasi
lahiriyahnya, dan lalai memperbaiki batiniyahnya.
Alloh
swt. mencaci mereka dengan menyingkap aurat mereka dan mengungkap keadaan
mereka. Ketika mereka masih berlaku jujur bersama Alloh, ia disebut “Hamba Dzat
yang Maha Besar” ketika ia berlaku tidak jujur maka ia disebut “syeikhul amir”
Mereka adalah para pendusta atas nama Alloh, sekaligus penghalang bagi manusia
untuk bersahabat dengan para walinya Alloh. sebab penampilan mereka dimuka umum
serupa dengan mereka yang benar-benar dekat kepada Alloh. dan penampilan
seperti itu menipu kalangan umum. Mereka menjadi hijab para ahli hakikat, dan
menjadi awan yang menutupi menutupi ahli Taufiq. Mereka menabuh genderang para
ahli hakikat, menyebarkan tanda pengenal mereka, serta memakai tameng mereka.
Namun ketika serangan datang, mereka berbalik seraya memutar lidah dan
berdalih. dan hati mereka kosong dari takwa. sesuai firman Alloh ta’ala, “Sehingga
Dia menanyakan kepada orang-orang yang benar akan kebenaran mereka”.
Mungkinkah Ketika Alloh bertanya kepada orang-orang yang benar, Dia membiarkan
para pendusta dengan tidak ditanya?. Tidakkah mereka mendengar firman Alloh, “Katakanlah,
Bekerjalah kalian. Alloh dan rosul-Nya serta orang yang beriman akan melihat
pekerjaan kalian. dan kalian juga akan dikembalikan kepada Alloh yang Maha
Mengetahui sesuatu yang tersembunyi dan yang nyata. lalu, Dia akan memberitakan
kepada kalian tentang apa yang telah kalian kerjakan”. Mereka tampil
dengan pakaian orang yang jujur dan benar. akan tetapi tingkah laku mereka
menyimpang dari jalan Alloh. sama seperti ungkapan syair berikut ini:
Kemahnya memang tampak
bagaikan kemah mereka**Namun kulihat wanitanya tidahlah sama dengan wanita
mereka. Demi Alloh yang rumah-Nya diziarahi orang Quraisy**Mereka tidaklah
menghadap kearah yang benar. Sepanjang
mataku melihat kemah para kabilah**Aku menangisi kepergian mereka yang kucinta.
فقد علمت رحمك الله أن رفع الهمة عن الخلق هو
زينة أهل الطريق وسيمة أهل التحقيق، ولنا
في هذا المعنى:
بكرت تلوم على زمان أجحفا *** فصدفت عنها علها أن تصدفا
لا تكثري عتبا لدهرك انه *** ما أن يطالب بالوفاء ولا الصفا
ما ضرني أن كنت فيه خاملا *** فالبدر بدر أن بدا أو إن خفا
الله يعلم أنني ذو همة ***
تأبى الدنايا عفة وتطرفا
لم لا أصون عن الورى ديباجتي *** واريهم عز الملوك واشرفا
أأريهم أني الفقير إليهم *** وجميعهم لا يستطيع تصرفا
أم كيف اسأل رزقه من خلقه *** هذا لعمري أن فعلت هو الجفا
شكوى الضعيف إلى ضعيف مثله *** عجز أقام بحامليه على شفا
فاسترزق الله الذي إحسانه *** عم البرية منة وتلطفا
والجأ إليه تجده فيما ترتجي *** لا تعد عن أبوابه متحرفا
Semoga
Alloh merahmatimu, Kau telah mengetahui bahwa tidak berharap kepada makhluk
merupakan perhiasan para salik dijalan Alloh dan ciri para ahli hakikat.
Dalam
hal ini ku ungkapkan sebuah syair, :
Kau mencela zaman yang
membinasakan**kau berpaling darinya berharap ia sirna.
Jangan banyak mencela
zamanmu** karena memang ia tak bisa dituntut untuk bersetia.
Zaman tak merugikanku
meskipun aku tak kenal**bulan purnama tetap purnama,tampak atau sirna .
Alloh mengetahui bahwa aku
punya tekad yang kuat**menolak kerendahan, menjaga diri dan kehormatan.
Mengapa aku tak boleh menjaga
muka dihadapan manusia**Kutampakkan kemuliaan para raja dan kehormatan mereka.
Haruskah aku menunjukkan
kefakiranku kepada semesta**sementara seluruh semesta tidak bisa melakukan
apa-apa.
Bagaimana mungkin aku minta
rizeki dari makhluk**sungguh, kalau kulakukan aku karam dalam keburukan.
Keluhan silemah kepada
silemah yang serupa dirinya**adalah kelemahan yang menggiringnya ketepi jurang.
Mintalah rizeki kepada
Alloh**yang kebaikan-Nya meliputi seluruh makhluk sebagai karuniadan kasihnya.
Mintalah kepada-Nya niscaya
kau dapatkan harapanmu**Jangan kembali berpaling dari haribaan pintu-Nya.
Silahkan Bagikan Artikel ini
Mohon Maaf, Kepada Semua Sahabat, Atas Ketidak Nyamanannya, Dengan adanya Shortener Di Link Download. Mohon Keridhoannya. Terima Kasih.**** Apabila kesulitan Download Silahkan buka/klik gambar(Cara Download) dibawah postingan. Apabila masih kesulitan, silahkan copy paste link download yang ada, kebrowser anda.*** Apabila ada link Download yg rusak/mati, mohon beritahu kami lewat komentar dibawah ini.