بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ
اللهُم َّصلِّ علٰى سَيِّدنا مُحَمّدٍ عبدِكَ وَنبيِّكَ ورسولِكَ النَّبيِّ الاُمِيّ وَعلٰى اٰلهِ وَصَحْبِهِ وسَلِّم تسليماً بقدرِ عظمةِ ذاَتِكَ في كـُلِّ وَقتٍ وَحيـنٍ
At-Tanwir fi-Isqothi at-Tadbir
Syeikh Ibn ‘Atho’illah as-Sakandary ra.
ضمان الله للعباد
انعطاف: لما قال تعالى: {وما
خلقت الجن والإنس إلا ليعبدون} علم سبحانه وتعالى،
أن لهم بشريات تطالبهم بمقتضاها تشوش عليهم صدق التوجه إلى العبودية، فضمن لهم
الرزق، كي يتفرغوا لخدمته، وكي لا يشتغلوا بطلبه عن عبادته، فقال: {ما أريد منهم من رزق}. أي ما أريد منهم أن يرزقوا أنفسهم، فقد كفيتهم ذلك
بحسن كفايتي، وبوجود ضماني. وما أريد أن يطعمون لأني أنا القوي الصمد، الذي لا
يطعم، ولذلك عقبه بقوله تعالى: {أن الله هو الرزاق ذو
القوة المتين}. أي: ما أريد منهم أن
يرزقوا أنفسهم. لأني أنا ذو القوة، ومن له القوة في ذاته غني عن أن يطعم. فتضمنت هذه الآية: الضمان للعبد بوجود أرزاقهم، بقوله
تعالى: أن الله هو الرزاق. وألزم المؤمنين أن يوحدوه في رزقه، وان لا يضيفوا شيئا
منه إلى خلقه، وان لا يضيفوا ذلك إلى أسبابهم، وان لا يسندوه إلى اكتسابهم. وقد
قال الراوي: أصبح رسول الله صلى الله عليه وسلم في اثر سماء كانت من الليل، فقال:
أتدرون ماذا قال ربكم؟ قلنا:
لا يا رسول الله. قال: قال
ربكم: أصبح من عبادي مؤمن بي وكافر بي. فأما من قال: مطرنا بفضل الله وبرحمته، فذاك مؤمن بي
كافر بالكوكب. وأما من قال: مطرنا بنوء كذا أو بنجم كذا فذاك كافر
بي، مؤمن بالكوكب. ففي
هذا الحديث فائدة عظمى للمؤمنين، وبصيرة كبرى للموقنين وتعليم الأدب مع رب
العالمين.
ولعل هذا الحديث يكون
أيها المؤمن ناهيا له عن التعرض إلى عالم الكواكب واقتراناتها، ومانعا لك أن تدعى،
وجود تأثيراتها. واعلم
أن لله تعالى فيك قضاء لا بد أن ينفذه، وحكما لا بد أن يظهره، فما فائدة التجسس
على علم علام الغيوب؟ وقد نهانا سبحانه أن نتجسس على عباده فقال: ولا
تجسسوا، فكيف لنا أن نتجسس على غيبه. ولقد أحسن من قال:
خبرا عني المنجم أنني *** كافر بالذي قضته
الكواكب
عالم أن يكون وما كان *** قضاء من المهيمن واجب
Alloh Menjamin Rizeki Hamba-Nya
Ketika Alloh berfirman, “Dan Aku
tidak menciptakan jin dan manusia melainkan untuk beribadah kepada-Ku”.
Alloh mengetahui mereka mempunyai pelbagai kebutuhan sebagai manusia yang
jikatidak terpenuhi bisa mengotori ketulusan mereka dalam mengabdi. Karena itu,
Alloh menjamin rizeki mereka, agar mereka bisa berkonsentrasi mengabdi
kepada-Nya, dan agar mereka tidak sibuk mencarinya sehingga lalai dari ibadak
kepada-Nya. Alloh swt. berfirman, “Aku tidak menginginkan rizeki sedikitpun dari
mereka”.
Artinya, Aku tidak ingin mereka memberi rizeki kepada diri mereka
sendiri. Aku telah mencukupinya untuk mereka. Dan Aku tidak menghendaki supaya
mereka memberi-Ku makan. Sebab Aku dzat yang Maha Kuat dan tempat Bergantung
yang tidak diberimakan. Karena itu, Alloh melanjutkan dengan firman-Nya,
“Allohlah Yang Maha Memberi Rizeki dan memiliki Kekuatan yang sangat Kokoh”.
Artinya, aku tidak ingin mereka memberi rizeki untuk diri mereka sendiri,
karena Akulah yang akan memberi rizeki. Karena Akulah Pemilik Kekuatan. Dan
Dzat yang mempunyai kekuatan tidaklah membutuhkan makan. Dengan demikian, ayat diatas memberikan
jaminan kepada para hamba bahwa mereka akan senantiasa diberi rizeki, yang
kemudian ditegaskan oleh firman-Nya, “Allohlah Yang Maha Memberi Rizeki”.
Alloh
mewjibkan orang yang beriman untuk meng-Esakan-Nya dalam urusan rizeki, tidak
mengaitkan rizeki mereka kepada makhluk-Nya, atau kepada sebab usaha dan kerja
mereka. Seorang perowi menuturkan bahwa ketika datang pagi Rosululloh saw.
masih mengingat firman Alloh yang disampaikan dimalam hari, beliau bertanya
kepada para sahabat, “Tahukah kalian apa yang telah dikatakan Tuhanmu? para
sahabat menjawab, “Alloh dan Rosul-Nya yang lebih mengetahui”. Tuhan berfirman.
“Di antara hamba-hamba-Ku ada yang beriman kepada-Ku dan ada yang kafir
kepada-Ku. Siapa yang berkata, “Kami diberihujan berkat karunia dan rahmat
Alloh, ia iman kepada-Ku dan kafir kepada bintang-bintang. sementara siapa yang
berkata, “Kami diberi hujan karena sebab ini atau bintang ini, berarti ia kafir
kepada-Ku dan iman kepada bintang”. (Hadits ini di riwayatkan oleh Imam
Malik dalam Al-Muwattho’).
Dalam hadits diatas mengandung pelajaran penting
bagi orang yang beriman, Argumen utama bagi ahlul yaqin, serta pelajaran adab
kepada Tuhan semesta alam. hadits diatas menyiratkan larangan Tuhan untuk
bersandar pada bintang dansejenisnya, dan melarang menganggap bahwa
bintang-bintang memiliki pengaruh atas dirimu.
Ketahuilah. Alloh swt. telah menetapkan ketentuan-Nya atas dirimu, dan
semua pasti terlaksana dan terjadi. Lalu apa gunanya mencari tahu tentang ilmu
Tuhan yang Maha Mengetahui segala yang ghoib?. Mencari tahu aib hamba-Nya saja
dilarang untuk kita, “Jangan kalian mencari aib dan kesalahan”. apalagi mencari
tahu tentang hal ghoib-Nya. Sungguh bagus dan tepat ungkapan syair berikut ini:
Kukatakan pada para ahli nujum**Aku takpercaya pada
ketetapan bintang.
Aku tahu apa yang akan dan telah terjadi**adalah
ketentuan Yang Maha Berkuasa.
فائدة: اعلم أن مجيء هذه الصيغة على بقاء فعال
يقتضي المبالغة فيما سيقت له، فرزاق ابلغ من رازق، لان فعال في باب المبالغة ابلغ
من فاعل فيمكن أن تكون هذه المبالغة، لتعداد أعيان المرزوقين، ويمكن أن تكون
لتعداد الرزق، ويحتمل أن يكون المراد هما جميعا.
فائدة أخرى ترجع إلى علم البيان: اعلم أن الدلالة
على المعنى المقصود به، وجود الثناء بالصفة أبلغ من الدلالة عليه بالفعل. فقولك
زيد محسن، أبلغ من قولك زيد يحسن، أو قد أحسن، وذلك لان الصفة تدل على الثبوت
والاستقرار والأفعال أصل وضعها التجدد والانقراض فلذلك كان قوله تعالى:{إن الله هو الرزاق}
أبلغ من قوله (إن الله هو يرزق). ولو قال: إن الله هو يرزق لم يفد إلا إثبات الرزق له،
ولم يفد حصر ذلك فيه، فلما قال: {إن الله هو
الرزاق} أفاد ذلك انحصار الرزق فيه، فكأنه لما
قال: {إن الله هو الرزاق}
فقد قال: لا رازق: إلا الله.
Faidah. Ketahuilah, bahwa dalam ayat diatas
(Q.S. al-Dzariyyat.58) Alloh disebut dengan sifat Ar-Rozzaq (yang Maha Memberi
Rizeki), yang mengandung makna “Sangat”. Kata Rozzaq lebih kuat dari pada kata
Roziq(yang memberi rizeki). baik jumlah yang diberi rizeki atupun jumlah rizeki
yang diberikan, atau mungkin kata itu mengandung kedua arti itu. dan apabila
merujuk pada ilmu al-bayan, seperti
perkataan Zaid orang yang berbuat kebaikan itu lebih kuat dari pada kata zaid
berbuat kebaikan. karena kata tersebut mengandug sifat dan pujian, dengan kata
lain Zaid benar-benar berbuat kebaikan. begitu juga Firman Alloh, “Sesungguhnya Allohlah Yang Maha Memberi Rizeki” itu
lebih kuat dari pada “Sesungguhnya Allohlah yang memberi rizeki. seakan akan Alloh mengatakan Tidak ada Dzat
yang memberi Rizeki kecuali Alloh.
Kembali ke babTujuh
Silahkan Bagikan Artikel ini
Mohon Maaf, Kepada Semua Sahabat, Atas Ketidak Nyamanannya, Dengan adanya Shortener Di Link Download. Mohon Keridhoannya. Terima Kasih.**** Apabila kesulitan Download Silahkan buka/klik gambar(Cara Download) dibawah postingan. Apabila masih kesulitan, silahkan copy paste link download yang ada, kebrowser anda.*** Apabila ada link Download yg rusak/mati, mohon beritahu kami lewat komentar dibawah ini.
Title : (At Tanwir bab 7 d) Alloh Menjamin Rizeki Hamba-Nya
Description : At-Tanwir fi-Isqothi at-Tadbir Syeikh Ibn ‘Atho’illah as-Sakandary ra. ضمان الله للعباد انعطاف : لما قال تعالى: { وما خلقت ...