بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ
اللهُم َّصلِّ علٰى سَيِّدنا مُحَمّدٍ عبدِكَ وَنبيِّكَ ورسولِكَ النَّبيِّ الاُمِيّ وَعلٰى اٰلهِ وَصَحْبِهِ وسَلِّم تسليماً بقدرِ عظمةِ ذاَتِكَ في كـُلِّ وَقتٍ وَحيـنٍ
Hikmah 264-265
264-265.
“BUAH DARI KETAATAN”
٭
وُجْدَانُ ثمَرَاتِ الطَّاعَاتِ عاَجِلاً بَشاَءرُالعَالميْنَ بِوُجوُدِالجزاَءِ
اٰجِلاً ٭
264. “ Bisa merasakan buah dari taat yang di lakukan
didunia ini, itu sebagai bukti dan kabar gembira bagi orang yang beramal, atas
adanya balasan besok di akhirat.”
Barang siapa mendapatkan
manis lezatnya permulaan mujahadah, maka itu sebagai berita gembira dengan
adanya musyahadah. Dan barang siapa menemukan buahnya amal didunia ini maka
bergembiralah dengan akan adanya balasan besok diakhirat.
Adapun bagian dari buah
amal didunia yaitu: bertambahnya keyakinan, merasa senang melakukan ibadah,
puas dan ridho menerima segala ajaran tuntunan Alloh dan rosul-Nya. Maka siapa saja yang bisa merasakan
manisnya ibadah itu sebagai tanda diterimanya amal tersebut.
Rosululloh saw. bersabda
: “Pasti akan dapat merasakan kelezatan iman, siapa yang benar-benar ridho
berTuhankan Alloh, dan bernabikan Nabi Muhammad dan beragama islam”.
كيفَ تَطلبُ العواضَ على عملٍ هومتصدقٌ به عليك. ام كيف تَطلبُ الجزا ٔ على صدقٍ مهديه اِليكَ ؟
265. “ Bagaimana engkau akan minta upah balasan
atas amal yang Alloh sendiri
yang bersedekah dengan amal itu kepadamu, atau bagaimana engkau akan minta
balasan atas suatu keikhlasan amalmu,
padahal Alloh sendiri
yang memberi hadiyah keikhlasan itu kepadamu.”
Amal/perbuatan yang
pantas meminta upah balasan itu apabila amal itu menguntungkan atau
menghindarkan kerugian terhadap siapa yang engkau beramal untuknya, sedangkan
amal ibadah itu semuanya tidak menguntungkan Tuhan dan tidak menolak mudhorot
terhadap Tuhan, bahkan amal itu akan kembali manfaatnya kepada yang beramal
sendiri.
Lebih-lebih amal
perbuatan itu sebagai sedekah dari Alloh, sedangkan keikhlasan itu suatu hadiah yang sangat berharga dari Alloh kepada hambanya.
Syeih Abul-Abbas bin
‘Atho’ ketika ditanya : Amal perbuatan
apa yang terdekat kepada murka Alloh? Jawabnya : Melihat diri dan perbuatannya, dan lebih dari itu menuntut
upah balasan atas kelakuan amalnya.
Syeih Alwasithy berkata
: Menuntut balasan atas amal taat itu disebabkan oleh karena lupa terhadap
fadhol/karunia pemberian Alloh.
Silahkan Bagikan Artikel ini
Mohon Maaf, Kepada Semua Sahabat, Atas Ketidak Nyamanannya, Dengan adanya Shortener Di Link Download. Mohon Keridhoannya. Terima Kasih.**** Apabila kesulitan Download Silahkan buka/klik gambar(Cara Download) dibawah postingan. Apabila masih kesulitan, silahkan copy paste link download yang ada, kebrowser anda.*** Apabila ada link Download yg rusak/mati, mohon beritahu kami lewat komentar dibawah ini.
Title : ( Al Hikam 264-265.) “BUAH DARI KETAATAN”
Description : Hikmah 264-265 264-265. “BUAH DARI KETAATAN” ٭ وُجْدَانُ ثمَرَاتِ الطَّاعَاتِ عاَجِلاً بَشاَءرُالعَالميْنَ بِوُجوُدِالجزاَءِ اٰج...
Artikel Terkait di Ppa
(Al-Hikam 217-218) “ANWAR SUPAYA MASUK DALAM HATI”

(Al-Hikam 214-215) “CARA MENGOBATI HAWA NAFSU”

(Al-Hikam 211-213) INGATLAH ANUGERAH NIKMAT ITU DARI ALLOH

(Al Hikam 210) “JANGAN MERENDAHKAN KEKUASAN ALLOH”

(Al Hikam 207-209) “ IBADAH MENJADI KEBUTUHAN HAMBA”

Download Terjemah Kitab Mudzakiraat fi Manazilis Shiddiqiin wa Robbaniyiin (Rambu-Rambu Jalan Ruhani)

Daftar kajian Al-Hikam

( Al Hikam 273-275)“KEISTIMEWAAN BERFIKIR”

( Al Hikam 270-272.) “PEMBAGIAN UMUR MANUSIA”

( Al Hikam 266-269.) “ NUR SEBAGAI BUAH DZIKIR”
