بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ
اللهُم َّصلِّ علٰى سَيِّدنا مُحَمّدٍ عبدِكَ وَنبيِّكَ ورسولِكَ النَّبيِّ الاُمِيّ وَعلٰى اٰلهِ وَصَحْبِهِ وسَلِّم تسليماً بقدرِ عظمةِ ذاَتِكَ في كـُلِّ وَقتٍ وَحيـنٍ
KH. AHMAD BASYIR KAUMAN JEKULO KUDUS
Pengasuh ponpes Darul falah
Kauman jekulo Kudus
Ulama’ adalah pewaris para nabi. Ia mamainkan peran yang tidak
sedikit dalam masyrakat. Sebagai center of attention in Islamic civilization
(figure sentral dalam masyarakat Islam ) ulama’ tak ubahnya pengayom masyarakat
yang perannya selalu dirindukan. Dalam lokalitas masyarakat manapun keberadan ulama’ menjadi unsur yang
paling menentukan bagi nafas hidup wilayah itu. Kudus, eksistensinya sebagai
kota santri tetap survive karena keberadaan para ulama’ yang selalu mengayomi.
Maka tak heran jika Kudus menjadi simpul keilmuan para santri baik dari dalam,
maupun luar daerah. Tak ubahnya Kudus menjadisurga bagi santri mengapa? Karena
Kudus adalah gudang ulama’ khos. Banyak ulama’ di Kudus yang menjadi simpul
peraduan masyarakat salah satu diantaranya adalah KH. Ahmad Basyir.
Masa kecil
30 november 1924 M silam adalah hari yang paling indah bagi
pasutri Kyai Muhammad Mubin dan Nyai Dasireh. Hari itu, lahir seorang bayi
mungil yang kelak menjadi orang besar, ulama’yang berpengaruh di tengah masyarakat,
menjadi rujukan banyak orang dari berbagia penjuru tanah air. Oleh kedua orang
tuanya, bayi itu dititihkan nama Ahmad Basyir, orang yang menyuguhkan nafas
kebahagian bagi umat. Kelahiran beliau adalah “anugerah” terindah, bukan hanya
bagi kedua orang tuanya, namun juga banyak kaum muslimin diseluruh tanah air.
Memburu ilmu
Saat usia kanak-kanak, KH. Ahmad Basyir mengenyam pendidikan
formal di Veer Folex Schooll (sekarang SD) dan menamatkan jenjang kelas V. Pada
saat itu belum ada jenjang kelas VI. Sekolah tempat KH.Ahmad Basyir mengenyam
pendidikan formal itu sekarang menjadi SD Negeri 1 Jekulo. Selama mengenyam
pendidikan di sana, beliau acapkali menjadi juara kelas. Karena prestansinya
yang begitu gemilang, beliau pernah ditawari untuk diambil anak oleh gurunya di
sekolah itu. Tujuannya akan dididik untuk jadi guru di sekolah itu.
Usai menamatkan
pendidikan di Veer FolexSchooll, beliau melanjutkan pendidikan non formal di
madrasah Diniyyah yang sekarang bernama Tarbiyatus Sibyan. Di madrasah ini
beliau dididik oleh para Kyai sepuh, diantaranya adalah KH.Dahlan. di luar
aktifitas belajar di madrasah Diniyyah, beliau mengaji kepada KH. Mansyur
Kaelani, KH. Yasin, K. Hudlori dan KH. Zainuddin.
Dalam bidang Al-Qur’an, masa muda beliau berguru kepada Kyai
Muhammad Mubin (ayahnya sendiri) dan Kyai Mukhib, dan pentashihan Al-Qur’an
kepada KH. Mansyur Jekulo.
Selain rasa haus beliau terhadap ilmu, ketika masih remaja,
beliau juga mulai gemar berziarah kemakam-makam para wali, seperti Sunan Kudus,
Sunan Muria, makam mbah Ahmad Mutamakkin Kajen, dan makam para wali di Jekulo,
diantaranya, Mbah Abdul Jalil, Mbah Abdul Qohhar, Mbah Sewonegoro, Mbah Sanusi,
Mbah Yasin, Mbah Ahmad, Mbah Rifa’I dan Mbah Suryo Kusumo (Mejobo), yang tidak
pernah beliau tinggalkan hingga sekarang. Itu adalah perwujudan rasa ta’dzim
beliau kepada para Masyayeh dan Auliya’.
Termasuk tradisi beliau
saat masa mudanya adalah silaturrahim kepada para Ulama’, seperti KH. Hamid
Pasuruan. Beliau juga sering mengikuti khataman Al Qur’an bersama Mbah Arwani
Kudus, baik di Kudus maupun di luar daerah.
Sebelum betul-betul menetap dalam menimba ilmu di PP. Bareng
1923 (sekarang PP. Al Qaumaniyah), pada tahun 1940 M beliau juga sempat nyantri
dan menghatamkan Alfiyah di PP.Kenepan Langgar Dalem Kudus, waktu itu beliau
berguru dengan KH. Ma’mun Ahmad, menghatamkan Al Qur’an kepada KH. Arwani Amin
serta berguru kepada para Masyayeh di sekitar Kudus, diantaranya adalah KH.
Irsyad danKH. Khandiq, kakak dari KH. Turaichan Adjhuri Kudus.
Saat beliau masih usia remaja, Mbah basyir seringmengikuti
Romonya mengajar di Pesantren, oleh ibunya Nyai Dasireh Kyai Basyir kecil juga
sering diajak sowan kepada Mbah Yasin saat itulah beliau diwejangi oleh Mbah
Yasin agar beliau mengurungkan niatnya menjadi guru sekolah. Beliau diajak oleh
mbah Yasin agar nyantri pada mbah beliau, si mbah yasin itulah yang mengukir
jiwa mbah Basyir.
Mulai saat itu mbah Basyir mengabdi pada mbah Yasin mulai dari
abdi dalem hingga jadi qori’, menjadi badal mbah Yasin mengajar para santri.
Sejak saat itu, terkenal tiga serangkai ulama’ yang termasyhur, yaitu Kyai
Muhammad, putra mbah Yasin, Kyai Hanafi menantunya, dan mbah Basyir sebagai
lurah pondoknya. Pada waktu nyantri pada mbah Yasin beliau juga menimba ilmu
pada KH. Muhammadun Pondohan Tayu.
Aktivis
Semasa mudanya sekitar
tahun 1944-1945 M. beliau bergabung dalam BPRI ( badan perjuangan republic
Indonesia) sebuah organisasi pemuda yang gigih memperjuangkan kemerdekaan RI
saat itu BPRI dipimpin oleh bapak karmain dan bapak mulyadi jekulo. Sebelum
masuk BPRI beliau masuk organisasi GPII ( gerkan pemuda islam Indonesia)
Masa perjuangan kemerdekaan saat itu, beliau faham betul,
karena beliau adalah pelaku sejarah. Saat itu, kiayi basyir menjabat ketua
pondok. Setiap ada pejuang yang ditahan direndenga, beliau bergegas
mengupayakan sesuatu untuk membebaskannya.
Dalam pengembaraannya untuk tolabul ilmi pada tahun 1949 M.
beliau kembali ke daerah jekulo dan kembali nyantri di popes bareng jekulo
asuhan kyai H yasin. Sembari menimba ilmu, beliau mengabdi kepada kh. Yasin.
Semua urusan mbah yasin beliau yang mengurusi. Bahkan, menyimpan uang sekalipun
dipercayakan kepada mbah basyir. Suatu ketika mbah yasin waktu itu menderita
penyakit bawasir. Dalam kondisi ini, mbah basir selalu ada untuk merawat beliau.
Kiayi basir dapat banyak mendapatkan pelajaran berharga dari
pengabdiannya pada simbah yasin. Beliau tidak hanya mengaji riwayah, tetapi
juga mengaji dirayah.
Sembari mengaji dan
mengabdi, beliau melakukan riyadhah puasa tahunan, ijazah dari mbah yasin. Adab
beliau pada sang guru begitu luar biasa. Konon, setiap merampungkan riyadah
puasa berliau tidak berani meminta khizib ibi atau itu. Beliau matur kepada
simbah yasin,” kulo sampun ba’do siyam”, tidak “nyuwun niki niku”
“Ini rasa ta’dhim kepada
guru” inilah cara orang dahulu dalam ta’dhgim kepada guru, bagaimana mereka
merasakan ilmunya,” ujuar kiayi KH. Ahmad badawi (putra kiayi basyir).
KH basyir menghabiskan masa mudanya sebagai santri, abdi
kiayi, hari beliau dipenuhi dengan rutinitas berlajar, pekerjaan keseharian
danpuasa. Rutin dengan riyadha selama puluhan thahun, pada th 1958 M oleh KH
yasin beliau diserahi ijaZah dalail khoiroit beserta khizib-khizibnya.
Mendirikan pesantren
Pada tahun 1969M. bersama dengan kiayi lain, beliau mendirikan
madrasah diniyah Nurul Ulum Jekulo Kudus. Nama nurul ulum merupakan pemberian
KH. Cholil. Madrasah tersebut dipimpin kyai Khalimi dengan guru-gurunya adalah
K. Cholil, KH. Khalimi, KH. Ahmad Basyir, dan K Mahin
Tahun 1970 M. beliau mendirikan pesantren Darul Falah yang
bertempat disebelah utara masjid kauman jekulo. Cikal pesantren ini merupakan
wakaf dari H. Basyir. H. Basyir memberi wakaf bangunan kuno kepada K
AhmadBasyir. Kemudian bangunan itu dijadikan pondok pesantren yang diberi nama
DARUL FALAH, tepatnya pada tanggal 1 januari 1970 M.
Berkeluarga
KH. Ahmad Basyir menikah
dengan Hj. Sholikhah binti KH. Abdul Ghoni yang lahir didesa Hadiwarno Mejobo
Kudus pada tanggal 31 desember 1946 M. pernikahannya dengan Nyai Hj. Sholihah
ini dikaruniai Sembilan anak.
Dimata keluarga, kyai
Basyir adalah sosok ayah yang penyanyang. Beliau selalu memberi teladan kepada
keluaganya. Keuletan dan kesabaran beliau menjadi inspirasi bagi putra
putrinya. Sosok K Basyir di tengah keluarga tidak sekedar kepala rumah tangga,
tetapi juga sosok idola yang menjadi inspirasi teladan putra-putrinya.
K. Basyir adalah sosok
ayah yang bertanggung jawab, penuh dedikasi dan berfikir progresif. Perjuangan
beliau untuk keluarga tak pernah letih, apalagi putus asa. Tidak sedikit
perjuangan beliau untuk anak anaknya. Pada saatitu dibareng tidak ada tradisi
sekolah. Sekolah formal di mata masyarakat bareng adalah tabu. Kendati demikian
K Basyir menyurau anaknya sekolah. Setiap pagi beliau menggayuh sepeda hingga
kudus kulon untuk mengantarkan putrinya sekolah. Saat itu beliau menyekolahkan
putrinya dimadrasah Mualimat. Di mata masyarakat. KH. Ahmad Basyir , sosok yang
moderat dan menjadi pembaharu.
Menghadapi masyarakat
beliau tampil khas dan kharismatik. Kedatangan tamu yang beragam jenis dari
berbagai penjuru, dengan karakte masing masing, dengan membawa masalah yang
kompleks, beliau menghadapinya dengan santun dan hormat tanpa membedakan.
Beliau orang yang tidak pemarah, dikerutan wajahnya yang
bersinar itu, beliau selalu tersenyum segar. Senyum itu menjadi siraman rohani
bagi orang yang beliau temui. Di mata santri dan masyarakat beliau adalah
dermawan. Komitmen beliau jangan sampai santri rekoso dalam belajar. Beliau
menangisi (memperjuangkan) anak dan santri (sungguh) luar biasa. Ujar KH. Badawi.
KH. Ahmad Basyir memegang falsafah ilmu itu harus diamalkan walau hanya satu
kali, kalau ingin manfaat.
Teladan
KH. Ahmad Basyir adalah
teladan yang patut kita contoh. Beliau adalah seorang ulama’ yang mentradisikan
riyadhoh (laku prihatin) sejak mudanya hingga sekarang. Tradisi itu masih
beliau pegangi hingga usia ke 88 tahun ini. Keseharian beliau dihabiskan untuk
beribadah, berjama'ah, ngucal kitab kuning, ziarah, menyuguh tamu serta
selebihnya untuk keluarga dan masyrakat.
Saat malam hari sehabis mendidik santri beliau istirahat
sesaat. Disaat orang tertidur lelep beliau dipastikan bangun ba’da nisfu lail
beliau melakukan rutinitas beliau seperti wirid, sholat malam dan ibadah
lainnya hingga waktu subuh tiba. Saya tidak pernah melihat mbah Basyir tidur setelah
jam dua belas malam. Ujar KH M. Jazuli.
Sehabis menjadi imam
jamaah sholat subuh di Masjid baitussalam, rutinitas beliau adalah berziarah ke
makam masyayeh dan auliaya' sebagai guru beliau, yang sampai saat ini tidak
pernah beliau tinggalkan. Itu adalah bentuk ta’dhim beliau tehadap para ulama’
yang telah mewariskan ilmu kepada beliau. Pada masa muda beliau terbiasa dengan
puasa Dalail Khairat dan riyadhah lainnya, sampai akhirnya beliau diutus
menjadi mujiz Dalail Khairat.
Enome riyalat, tuwo nemu
derajat, riyalat kuwi jiret weteng nyengkal moto demikian beliau memberi
penyegaran rohani kepada para santri yang hendak mengamalkan tradisi riyadhah.
Baik puasa dalail maupun riyadhah lainnya. Menurut KH. Jazuli ungkapan itu
diartikan sebagai bentuk usaha yang sungguh ketika masih muda baik dalam
menuntut ilmu dan riyadhoh, ketika sampai waktunya orang tersebut akan mendapat
kesuksesan baik dunia maupun akhirat. Rasa ta’dhim yang beliau agungkan saat
ini juga merupakan suri teladan yang niscaya kita teladani. Yang beliau
tradisikan hingga saat ini adalah berziarah ke makam para auliya di lingkungan
Jekulo, yang merupakan guru guru beliau. Disinilah simpul hubungan guru dan
murid yang tak pernah putus, terus berkesinambungan.
Wafat
Beliau
wafat hari selasa 18 maret 2014 pukul 00.05 wib dan di makamkan di pemakaman
belakang masjid kauman Jekulo Kudus.
Banyak hal kita dapat teladani dari beliau, mulai dari
kegigihan menuntut ilmu, kreatifitas hidup, perjuangan hingga akhlaqul karimah
yang menjadi tempat kita berkiblat.
Silahkan Bagikan Artikel ini
Mohon Maaf, Atas Ketidak Nyamanannya, Dengan adanya Shortener Di Link Download. Mohon Keridhoannya. Terima Kasih. Apabila kesulitan Download Silahkan buka/klik gambar (Cara Download) dibawah postingan. apabila masih kesulitan, silahkan copy paste link download yang ada kebrowser anda.*** Apabila ada link Download yg rusak/mati, mohon beritahu kami lewat komentar dibawah ini.
Related Posts :