بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ
اللهُم َّصلِّ علٰى سَيِّدنا مُحَمّدٍ عبدِكَ وَنبيِّكَ ورسولِكَ النَّبيِّ الاُمِيّ وَعلٰى اٰلهِ وَصَحْبِهِ وسَلِّم تسليماً بقدرِ عظمةِ ذاَتِكَ في كـُلِّ وَقتٍ وَحيـنٍ
TERJEMAH KITAB
"At-Tibyaan fii Aadaabi Hamalatil Qur’an"
Abu
Zakariya Yahya Muhyiddin bin Syaraf bin Hizam An-Nawawi
Fasal 4
ADAB DAN ETIKA MEMBACA AL-QUR'AN
فصل ٤ في آداب القرآن
ويستحب أن تكون القراءة في مكان نظيف
مختار ولهذا استحب جماعة من العلماء القراءة في المسجد لكونه جامعا للنظافة وشرف
البقعة ومحصلا لفضيلة أخرى وهي الاعتكاف فإنه ينبغي لكل جالس في المسجد الاعتكاف
سواء أكثر في جلوسه أو أقل بل ينبغي أول دخوله المسجد أن ينوي الاعتكاف وهذا الأدب
ينبغي أن يعتني به ويشاع ذكره ويعرفه الصغار والعوام فإنه مما يغفل عنه وأما
القراءة في الحمام فقد اختلف السلف في كراهيتها فقال أصحابنا لا يكره ونقله الإمام
المجمع على جلالته أبو بكر بن المنذر في الأشراف عن إبراهيم النخعي ومالك وهو قول
عطاء وذهب إلى كراهته جماعات منهم علي بن أبي طالب رضي الله عنه رواه عنه ابن أبي
داود وحكى ابن المنذر عن جماعة من التابعين منهم أبو وائل شقيق بن سلمة والشعبي
والحسن البصري ومكحول وقبيصة بن ذؤيب ورويناه أيضا عن إبراهيم النخعي وحكاه
أصحابنا عن أبي حنيفة رضي الله عنهم أجمعين قال الشعبي تكره القراءة في ثلاثة
مواضع في الحمامات والحشوش وبيوت الرحى وهي تدور وعن أبي ميسرة قال لا يذكر الله
إلا في مكان طيب وأما القراءة في الطريق فالمختار أنها جائزة غير مكروهة إذا لم
يلته صاحبها فإن التهى عنها كرهت كما كره النبي القراءة للناعس مخافة من الخلط
وروى أبو داود عن أبي الدرداء رضي الله عنه أنه كان يقرأ في الطريق وروى عمر بن
عبدالعزيز رحمه الله أنه أذن فيها قال ابن أبي داود حدثني أبو الربيع قال أخبرنا
ابن وهب قال سألت مالكا عن الرجل يصلي من آخر الليل فيخرج إلى المسجد وقد بقي من
السورة التي كان يقرأ فيها شيء قال ما أعلم القراءة تكون في الطريق وكره ذلك وهذا
إسناد صحيح عن مالك رحمه الله
Fasal 4
ADAB DAN ETIKA MEMBACA AL-QUR'AN
Membaca Al-Qur'an
disunahkan di tempat yang bersih dan terpilih. Justru, sejumlah ulama
menganjurkan membaca Al-Qur'an di masjid kerana ia meliputi kebersihan dan
kemuliaan tempat serta menghasilkan keutamaan lain, yaitu I'tikaf. Maka setiap
orang yang duduk di masjid patut ber-i'tikaf, sama saja duduknya lama atau
sebentar. Bahkan pada awal masuknya ke masjid sepatutnya dia berniat i'tikaf.
Adab ini patut diperhatikan dan disebarkan agar dikatahui oleh anak-anak
ataupun orang awam kerana ia selalu diabaikan.
Manakala membaca
Al-Qur'an di tempat mandi, maka para ulama salaf berlainan pendapat berkenaan
dengan makruhnya. Sahabat-sahabat kami berpendapat, tidak dihukumkan makruh.
Imam yang mulia Abu Bakar Ibnu Mundzir menukilnya dalam Al-Ayaraaf dari Ibrahim
An-Nakho'i dan Malik dan itu jugalah pendapat Atho'.
Beberapa jamaah
diantaranya Ali bin Abu Tholib ra. menghukuminya makruh. Ibnu Abi Dawud
meriwayatkan pendapat ini daripadanya. Ibnu Mundzir menceritakan dari sejumlah
tabi'in, diantaranya Abu Wail Syaqiq bin Salamah, Asy-Sya'bi, Hasan Al-Bashri,
Makhul dan Qabishah bin Dzuaib. Kami meriwayatkannya pula dari Ibrahim
An-Nakha'i. Para sahabat kami meriwayatkannya dari Abu Hanifah ra
Asy-Sya'bi berkata,
makruh membaca Al-Qur'an di tiga tempat: Di tempat mandi, tempat buang air dan
tempat penggilingan gandum.
Diriwayatkan dari Abi
Maisarah, katanya: "Tidaklah disebut nama Alloh s.w.t, kecuali di tempat
yang baik."
Sementara membaca
Al-Qur'an di jalan, maka pendapat yang terpilih adalah boleh dan tidak makruh,
jika pembacanya tidak lalai. Jika lalai, maka dihukumkan makruh sebagaimana
Nabi s.a.w tidak menyukai membaca Al- Qur'an oleh orang yang mengantuk kerana
takut keliru. Diriwayatkan oleh Abu Dawud dari Abu darda' ra bahawa dia membaca
Al-Qur'an di jalan. Diriwayatkan oleh Umar bin Abdul Aziz rohimahulloh bahawa
dia mengizinkan membaca Al-Qur'an di jalan.
Ibnu Abi Dawud berkata,
diceritakan kepadaku oleh Abu Ar'Robi', katanya: Diberitahukan kepada kami oleh
Ibnu Wahab, katanya: "Aku bertanya kepada Malik tentang orang yang
sembahyang di akhir malam, kemudian keluar ke masjid dan masih tertinggal
sedikit lagi dari surah yang dibacanya. Malik menjawab, "Aku tidak tahu
pembacaan yang berlangsung di jalan. Hal itu makruh dan ini adalah isnad yang
sahih dari Malik rohimahulloh.
Silahkan Bagikan Artikel ini
Mohon Maaf, Kepada Semua Sahabat, Atas Ketidak Nyamanannya, Dengan adanya Shortener Di Link Download. Mohon Keridhoannya. Terima Kasih.**** Apabila kesulitan Download Silahkan buka/klik gambar(Cara Download) dibawah postingan. Apabila masih kesulitan, silahkan copy paste link download yang ada, kebrowser anda.*** Apabila ada link Download yg rusak/mati, mohon beritahu kami lewat komentar dibawah ini.
Title : (Fasal 4)Membaca Al-Qur'an di tempat yang suci (At-Tibyan)
Description : TERJEMAH KITAB "At-Tibyaan fii Aadaabi Hamalatil Qur’an" Abu Zakariya Yahya Muhyiddin bin Syaraf bin Hizam An-Nawawi...