بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ
اللهُم َّصلِّ علٰى سَيِّدنا مُحَمّدٍ عبدِكَ وَنبيِّكَ ورسولِكَ النَّبيِّ الاُمِيّ وَعلٰى اٰلهِ وَصَحْبِهِ وسَلِّم تسليماً بقدرِ عظمةِ ذاَتِكَ في كـُلِّ وَقتٍ وَحيـنٍ
 
 
Kitab Ar-Rasul Al-Mu’allim 
 Karya Syaikh Abdul Fattah Abu Ghuddah
 
Metode Pendidikan Rasulullah
 
Ar-Rasul Al-Mu’allim wa Asalibuhu fi 
Ta’lim karya Syaikh Abdul Fattah Abu Ghuddah adalah kitab rujukan 
penting yang membahas metode pendidikan Rasulullah ﷺ secara rinci. 
Pendidikan merupakan pondasi utama kemajuan bangsa, namun di Indonesia 
masih menghadapi tantangan serius dalam kualitas pengajaran. Salah satu 
solusinya adalah dengan meneladani metode mengajar Nabi Muhammad ﷺ yang 
terbukti membentuk generasi sahabat yang berakhlak mulia dan berilmu 
tinggi. Kitab ini sangat relevan bagi guru, dosen, mahasiswa, dan 
praktisi pendidikan yang ingin menerapkan prinsip pengajaran Islami.
Syaikh Abdul Fattah Abu 
Ghuddah (1917–1997) adalah ulama besar asal Suriah yang dikenal sebagai 
pakar hadits dan peneliti kitab klasik. Dalam karya ini, beliau 
menyajikan 40 metode pendidikan Rasulullah ﷺ yang disusun secara 
sistematis. Setiap metode dilengkapi penjelasan mendalam, mulai dari 
etika mengajar, strategi komunikasi efektif, hingga cara menyesuaikan 
penyampaian materi sesuai karakter peserta didik. Keistimewaan kitab ini
 juga terlihat dari detail catatan kaki yang panjang dan akurat, 
sehingga meminimalkan kesalahpahaman pembaca.
Rasulullah
 ﷺ adalah teladan sempurna dalam segala aspek kehidupan, termasuk 
sebagai pendidik. Beliau mengajarkan ilmu dengan pendekatan yang penuh 
kasih sayang, memberikan contoh langsung dalam perilaku, serta 
menyesuaikan metode pengajaran dengan kondisi audiens. Cara ini membuat 
penyampaian ilmu lebih membekas dan mudah diamalkan. Inilah yang menjadi
 inti pembahasan dalam Ar-Rasul Al-Mu’allim—bahwa kesuksesan pendidikan 
bukan hanya soal materi, tetapi juga tentang cara dan akhlak dalam 
mengajar.
Metode
 pendidikan Rasulullah ﷺ yang dijabarkan dalam kitab ini sangat beragam,
 mulai dari penggunaan kisah dan analogi, pemberian pertanyaan untuk 
merangsang daya pikir, praktik langsung untuk memperkuat pemahaman, 
hingga membangun suasana belajar yang menyenangkan. Strategi-strategi 
ini terbukti efektif di masa lalu dan masih relevan untuk pendidikan 
modern, baik di sekolah, pesantren, maupun perguruan tinggi.
 
 
Silahkan Bagikan Artikel ini
 
 
Mohon Maaf, Atas Ketidak Nyamanannya, Dengan adanya Shortener Di Link Download. Mohon Keridhoannya. Terima Kasih. Apabila kesulitan Download Silahkan buka/klik gambar (Cara Download) dibawah postingan. apabila masih kesulitan, silahkan copy paste link download yang ada kebrowser anda.*** Apabila ada link Download yg rusak/mati, mohon beritahu kami lewat komentar dibawah ini. 
Related Posts :