بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ
اللهُم َّصلِّ علٰى سَيِّدنا مُحَمّدٍ عبدِكَ وَنبيِّكَ ورسولِكَ النَّبيِّ الاُمِيّ وَعلٰى اٰلهِ وَصَحْبِهِ وسَلِّم تسليماً بقدرِ عظمةِ ذاَتِكَ في كـُلِّ وَقتٍ وَحيـنٍ
Futuuhul ghoib
المقالة السابعة
عشرة
فـي
كـيـفـيـة الـوصـول إلـى الله بـواســطـة الـمـرشــد
قـال رضـي الله تـعـالى عـنـه و أرضـاه : إذا وصلت إلى الله قربت بتقريبه وتوفيقه، ومعنى
الوصول إلى الله عزَّ وجلَّ خروجك عن الخلق والهوى والإرادة والمنى, والثبوت مع
فعله ومن غير أن يكون منك حركة فيك ولا في خلقه بك، بل بحكمه وأمره وفعله, فهي
حالة الفناء يعبر عنها بالوصول، فالوصول إلى الله عزَّ وجلَّ ليس كالوصول إلى أحد
من خلقه المعقول المعهود }لَيْسَ كَمِثْلِهِ شَيْءٌ وَهُوَ السَّمِيعُ
البَصِيرُ{.الشورى11. جلَّ
الخالق أن يشبه بمخلوقاته أو يقاس على مصنوعاته, فالواصل إليه عزَّ وجلَّ معروف
عند أهل الوصول بتعريفه عزَّ وجلَّ لهم كل واحد على حدة لا يشاركه فيه غيره, وله
عزَّ وجلَّ مع كل واحد من رسله وأنبيائه وأوليائه سر من حيث هو لا يطلع على ذلك
أحد غيره, حتى أنه قد يكون للمريد سر لا يطلع عليه شيخه, وللشيخ سر لا يطلع عليه
مريده الذي قد دنا سيره إلى عتبة باب حالة شيخه, فإذا بلغ المريد حالة شيخه أفرد
عن الشيخ وقطع عنه، فيتولاه الحق عزَّ وجلَّ فيفطمه عن الخلق جملة, فيكون الشيخ
كالضئر والداية, لا رضاع بعد الحولين, ولا خلق بعد زوال الهوى والإرادة. الشيخ
يحتاج إليه ما دام ثم هوى وإرادة لكسرهما, وأما بعد زوالهما فلا, لأنه لا كدورة
ولا نقصان, فإذا وصلت إلى الحق عزَّ وجلَّ على ما بينا فكن آمناً أبداً من سواه عزَّ
وجلَّ فلا ترى لغيره وجوداً البتة, لا في الضر ولا في النفع, ولا في العطاء ولا في
المنع, ولا في الخوف ولا في الرجاء, هو عزَّ وجلَّ }أَهْلُ التَّقْوَى وَأَهْلُ
الْمَغْفِرَةِ{.المدثر56.
فكن أبداً ناظراً إلى فعله مترقباً لأمره. مشتغلاً بطاعته, مبايناً عن جميع خلقه
دنيا وأخرى.
لا
تعلق قلبك بشيء منهم واجعل الخليقة أجمع كرجل كَتَّفَهُ سلطان عظيم ملكه شديد
أمره, مهولة صولته وسطوته, ثم جعل الغل في رقبته ورجليه, ثم صلبه على شجرة الأرزة،
على شاطىء نهر عظيم موجه, فسيح عرضه, عميق غوره, شديد جريه, ثم جلس السلطان على
كرسيه, عظيم قدره, عال سماؤه, بعيد مرامه ووصوله, وترك إلى جنبه أحمالاً من السهام
والرماح والنبل وأنواع السلاح والقسى ومما لا يبلغ قدرها غيره, فجعل يرمي إلى
المصلوب بما شاء من ذلك السلاح, فهل يحسن لمن يرى ذلك أن يترك النظر إلى السلطان
والخوف منه والرجاء له وينظر إلى المصلوب ويخاف منه ويرجوه, أليس من فعل ذلك يسمى
في قضية العقل عديم العقل والحس مجنونا. بهيمة غير إنسان؟؟ نعوذ بالله من العمى
بعد البصيرة, ومن القطيعة بعد الوصول, ومن الصدود بعد الدنو والقرب, ومن الضلالة
بعد الهداية, ومن الكفر بعد الإيمان, فالدنيا كالنهر العظيم الجاري الذي ذكرناه كل
يوم في زيادة ماء وهي شهوات بني آدم ولذاتهم فيها, والدواهي التي تصيبهم منها,
وأما السهام وأنواع السلاح فالبلايا التي يجري بها القدر إليهم, فالغالب على بني
آدم في الدنيا البلايا والآلام والمحن, وما يجدون من النعم واللذات فيها فمشوبة
بالآفات إذا اعتبرها كل عاقل لا حياة له ولا عيش ولا راحة إلا في الآخرة إن كان
مؤمناً, لأن ذلك خصوصاً في حق المؤمن. قال النبي صلى الله عليه وسلم : (لا عيش إلا عيش الآخرة) وقال عليه الصلاة والسلام : (لا راحة للمؤمن دون لقاء ربه) ذلك في حق المؤمنين .
وقال صلى الله عليه وسلم : (الدنيا سجن المؤمن وجنة
الكافر) . وقال عليه الصلاة والسلام : (التقي
ملجم) فمع هذه الأخبار والعيان كيف يدعي طيب العيش في الدنيا. فالراحة كل
الراحة في الانقطاع إلى الله عزَّ وجلَّ وموافقته, والاستطراح بين يديه, فيكون
العبد بذلك خارجاً عن الدنيا، فحينئذ يكون الدلال رأفة ورحمة ولطفاً وفضلاً, والله
أعلم.
Risalah 17
Mutiara karya Syeikh Abdul Qadir Jailani
Bila 'bersatu' dengan Allah dan mencapai kedekatan dengan-Nya lewat
pertolongan-Nya, maka makna hakiki 'bersatu' dengan Allah ialah berlepas diri
dari makhluk dan kedirian, dan sesuai dengan kehendak-Nya, tanpa gerakmu, yang
ada hanya kehendak-Nya. Nah, inilah keadaan fana (peleburan), dan dengannya
itulah 'menunggal' dengan Tuhan. 'Bersatu' dengan Allah tentu tak sama dengan
bersatu dengan ciptaan-Nya. Bukanlah Ia telah menyatakan: "Tak ada sesuatu pun
yang serupa dengan-Nya, dan Dialah Yang Maha mendengar lagi Maha melihat." (QS.
42:11)
Allah tak terpadani oleh semua ciptaan-Nya. 'Bersatu' dengan-Nya
lazim dikenal oleh mereka yang mengalami kebersatuan ini. Pengalaman mereka
berlainan, dan khusus bagi mereka sendiri.
Pada diri setiap Rasul, Nabi
dan wali Allah, terdapat suatu rahsia yang tak dapat diketahui oleh orang lain.
Sering terjadi, seorang murid menyimpan suatu rahsia yang tak diceritakannya
kepada sang syaikh, dan sebaliknya sang syaikh kadang merahsiakan sesuatu yang
tak diketahui si murid, walaupun mungkin suluk si murid sudah mendekati ambang
pintu maqam ruhani sang syaikh, ia terpisah dari syaikh-nya, dan Allahlah yang
menjadi pembimbingnya. Allah memutuskan hubungannya dengan
ciptaan.
Dengan demikian, sang syaikh menjadi bagai seorang inang
pengasuh yang berhenti menyusui sang bayi setelah dua tahun. Tiada lagi baginya
hubungan dengan ciptaan, setelah lenyapnya kedirian. Sang syaikh diperlukan,
selama si murid masih terbelenggu kedirian, yang mesti dihancurkan. Tapi, begitu
kelemahan manusiawi ini musnah, maka pada dirinya tak ada lagi noda dan
kerosakan, dan ia tak lagi membutuhkan sang syaikh.
Jadi, bila sudah
'bersatu' dengan Allah sebagaimana yang digambarkan di atas, kau bersih dari
segala selain Allah. Tak kau lihat lagi sesuatu pun kecuali Allah, di kala suka
mahupun duka, ketakutan mahupun berharap, kau hanya menjumpai Dia, Allah SWT,
yang patut kau takuti, yang layak kau mintai perlindungan-Nya. Nah, perhatikan
senantiasa kehendak-Nya , dambakanlah perintah-Nya, dan patuhlah selalu
kepadanya-Nya, baik di dunia mahupun di akhirat. Jangan biarkan hatimu tertambat
pada salah satu ciptaan-Nya.
Pandanglah semua ciptaan bagai orang yang
ditahan oleh Raja sebuah kerajaan besar, lalu sang raja merantai leher dan kedua
lengannya, menyalibkannya pada sebatang pohon pinus yang berada di tebing sungai
berarus deras, bergelombang dan amat dalam. Sementara itu sang Raja duduk di
atas singgasana yang tinggi, bersenjatakan lembing, panah, dan berbagai senjata
bidik. Lalu mulailah sang raja mengarahkan dan membidikkan salah satu senjata
bidiknya kepada si tawanan. Dapatkah kita hargai orang yang melihat ini semua,
dan memalingkan penglihatannya dari sang raja, sama sekali tak takut kepada raja
itu, tak berharap kepadanya, tak iba kepada tawanan itu dan tak memohonkan
ampunan untuknya? Bukankah, menurut pertimbangan akal sehat, orang semacam ini
tergolong tolol, gila, tak berbudi, dan tak manusiawi?
Nah, berlindunglah
kepada Allah dari kebutaan hati, sesudah memiliki bashirah ( mata hati), dari
keterpisahan sesudah 'bersatu', dari keterasingan sesudah keakraban, dari
ketersesatan sesudah memperolehi petunjuk, dan dari kekufuran sesudah
beriman.
Dunia ini bak sungai besar berarus deras. Setiap hari airnya
bertambah, dan itulah perumpamaan nafsu hewani manusia dan segala kesenangan
duniawi. Sedang anak panah dan berbagai senjata bidik, melambangkan ujian hidup
manusia. Jelaslah, unsur-unsur yang menguasai kehidupan manusia iaitu berbagai
cobaan hidup, musibah, penderitaan, dan semua upaya mengatasinya. Bahkan semua
kurnia dan nikmat yang diterimanya, dibayang-bayangi oleh berbagai
musibah.
Oleh kerana itu, bila seorang cerdik sudi memperhatikan
masalah ini terus-menerus, maka ia akan memperoleh pengetahuan tentang hakikat,
bahawa tak ada kehidupan sejati kecuali kehidupan akhirat. Rasulullah saw.
Bersabda: "Tak ada kehidupan selain kehidupan di akhirat."
Ahwal semacam ini benar-benar terbukti bagi seorang Mukmin, sesuai dengan
sabda Nabi saw.: "Dunia ini adalah penjara bagi seorang Mukmin dan syurga bagi
seorang kafir."
Beliau juga bersabda: "Orang sholeh terkekang." Bagaimana
bisa hidup enak di dunia ini, bila diingat hal ini? Sesungguhnya, kenyamanan
hakiki terletak pada hubungan sempurna dengan Allah SWT, penyerahan diri
sepenuhnya kepada-Nya. Bila kau lakukan hal ini, niscaya kau terbebas dari dunia
ini, dan kepadamu dilimpahkan rahmat, kebahagiaan, kebajikan, kesejahteraan, dan
keredhaan-Nya.
Silahkan Bagikan Artikel ini
Mohon Maaf, Atas Ketidak Nyamanannya, Dengan adanya Shortener Di Link Download. Mohon Keridhoannya. Terima Kasih. Apabila kesulitan Download Silahkan buka/klik gambar (Cara Download) dibawah postingan. apabila masih kesulitan, silahkan copy paste link download yang ada kebrowser anda.*** Apabila ada link Download yg rusak/mati, mohon beritahu kami lewat komentar dibawah ini.
Related Posts :