بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ
اللهُم َّصلِّ علٰى سَيِّدنا مُحَمّدٍ عبدِكَ وَنبيِّكَ ورسولِكَ النَّبيِّ الاُمِيّ وَعلٰى اٰلهِ وَصَحْبِهِ وسَلِّم تسليماً بقدرِ عظمةِ ذاَتِكَ في كـُلِّ وَقتٍ وَحيـنٍ
Biografi Singkat as-Sayyid Ja'far
al-Barzanji
As-Sayyid Ja’far bin Sayyid Hasan bin Sayyid Abdul Karim bin Sayyid Muhammad
bin Sayyid Rasul al-Barzanji adalah seorang ulama besar keturunan Nabi Muhammad
Saw. dari keluarga Saadah al-Barzan
ji yang masyhur berasal dari Barzanj
di Iraq. Beliau dilahirkan di Kota Madinah al-Munawwarah pada tahun 1126 H.
Leluhur Sayyid Ja'far semuanya merupakan ulama terkemuka yang terkenal dengan
ilmu dan `amal, keutamaan dan kesholehan. Prof. Dr. al-Muhaddits al-‘Alim
al-‘Allamah as-Sayyid Muhammad bin ‘Alwi bin ‘Abbas al-Maliki dalam Haul
Ihtifaal bi Dzikra al-Maulid an-Nabawiy asy-Syarif menulis pada halaman 99:
Al-‘Allaamah al-Muhaddits al-Musnid as-Sayyid Ja’far bin Hasan bin Abdul Karim
al-Barzanji adalah Mufti Syafi’iyyah di Kota Madinah al-Munawwarah. Terjadi
perselisihan tentang tahun kewafatannya. Sebagian ulama menyebutkan bahwa
Sayyid Ja’far meninggal pada tahun 1177 H.
Al-Imam az-Zubaidi dalam al-Mu'jam al-Mukhtash menuliskan bahwa beliau wafat
tahun 1184 H, dimana Imam az-Zubaidi pernah berjumpa dengan beliau dan
menghadiri majlis pengajiannya di Masjid Nabawi yang mulia.
Beliau adalah pengarang kitab maulid yang masyhur dan terkenal dengan nama
Maulid al-Barzanji. Sebagian ulama mengatakan bahwa nama karangannya tersebut
adalah ‘Iqd al-Jauhar fi Maulid an-Nabiyyi al-Azhar. Maulid karangan beliau ini
adalah diantara kitab maulid yang paling populer dan paling luas tersebar ke
pelosok negeri 'Arab dan Islam, baik di Timur maupun di Barat. Bahkan banyak dari
mereka yang menghafalnya.
Kandungannya merupakan khulashah (ringkasan) Sirah Nabawiyyah yang meliputi
kisah kelahiran Rasulullah Saw., diutusnya beliu Saw. sebagai Rasul, hijrah,
akhlak, peperangan hingga kewafatan beliau Rasulullah Saw.
Kitab Maulid al-Barzanji ini telah disyarahi oleh al-‘Allamah al-Faqih
asy-Syaikh Abu Abdillah Muhammad bin Ahmad yang terkenal dengan panggilan
Ba’ilisy dengan kitab syarah yang dinamakan al-Qaul al-Munji 'ala Maulid
al-Barzanji yang telah berulang kali dicetak di Mesir. (Beliau Syekh Ba`ilisy
adalah seorang ulama besar jebolan al-Azhar asy-Syarif, bermazhab Maliki lagi
Asy`ari dan menjalankan Thoriqah asy-Syadziliyyah. Beliau lahir pada tahun 1217
H/1802 M dan wafat pada tahun 1299 H/1882 M. Karyanya antara lain adalah;
Hidayat al-Murid li 'Aqidat Ahl at-Tauhid, Syarh al-'Aqa’id al-Kubra li
as-Sanusi, Hasyiyah 'ala Syarhi ash-Shoghir li ad-Dardir, Minhu al-Jalil 'ala
Mukhtashar Khalil dan Hidayat as-Salik ila Aqrab al-Masalik fi Furu` al-Fiqh
al-Maliki).
Selain Syekh Ba’ilisy, ulama kita kelahiran Banten Pulau Jawa, yang terkenal
sebagai ulama dan penulis yang produktif dengan banyak karangannya yaitu
Punggawa Ulama Hijaz, an-Nawawi ats-Tsani, Syaikh Muhammad Nawawi al-Bantani
al-Jawi turut menulis syarah dari kitab Maulid al-Barzanji yang diberi judul
Madarij ash-Shu’ud ila Iktisa’ al-Buruud.
Begitu juga dari salah satu cucu Sayyid Ja'far al-Barzanji yang bernama sama
dengan kakeknya yaitu Sayyid Ja’far bin Sayyid Isma’il bin Sayyid Zainal
‘Abidin bin Sayyid Muhammad al-Hadi bin Sayyid Zain al-Barzanji, telah menulis
syarah dari kitab Maulid al-Barzanji tersebut yang diberi judul al-Kaukab
al-Anwar ‘ala ‘Iqd al-Jauhar fi Maulid an-Nabiy al-Azhar. Sayyid Ja'far ini
juga adalah seorang ulama besar keluaran al-Azhar asy-Syarif. Beliau juga
merupakan seorang Mufti Syafi`iyyah. Karangan-karangan beliau banyak,
diantaranya; Syawahid al-Ghufran ‘ala Jaliy al-Ahzan fi Fadhail Ramadhan,
Mashabih al-Ghurar ‘ala Jaliy al-Kadar dan Taj al-Ibtihaj ‘ala Dhau’ al-Wahhaj
fi Isra’ wa al-Mi’raj. Beliau juga telah menulis sebuah manaqib yang
menceritakan perjalanan hidup dan ketinggian kakeknya Sayyid Ja'far al-Barzanji
dengan judul ar-Raudh al-‘Athar fi Manaqib as-Sayyid Ja’far.
Sayyid Ja'far al-Barzanji, selain dikenal sebagai mufti, beliau juga menjadi
khatib di Masjid Nabawi dan mengajar di masjid yang mulia tersebut. Beliau
terkenal bukan saja karena ilmu, akhlak dan takwanya, tapi juga dengan
kekeramatan dan kemakbulan doanya. Penduduk Madinah sering meminta beliau
berdoa untuk hujan pada musim-musim kemarau.
Diceritakan bahwa satu ketika di musim kemarau, di saat beliau sedang
menyampaikan khutbah Jum’at, seseorang meminta beliau beristisqa’ (memohon
hujan). Maka dalam khutbahnya itu, beliau pun berdoa memohon hujan, dengan
serta merta doanya terkabul dan hujan terus turun dengan lebatnya hingga
seminggu lamanya, persis sebagaimana yang pernah terjadi pada zaman Rasulullah
Saw. Menyaksikan peristiwa tersebut, maka sebagian ulama pada zaman itu telah
memuji beliau dengan bait-bait syair yang berbunyi:
“Dahulu al-Faruuq dengan al-‘Abbas beristisqa’ memohon hujan
Dan kami dengan Ja’far pula beristisqa’ memohon hujan
Maka yang demikian itu wasilah mereka kepada Tuhan
Dan ini wasilah kami seorang Imam yang ‘arif.”
Sayyid Ja'far al-Barzanji wafat di Kota Madinah dan dimakamkan di Jannatul
Baqi’, tepatnya di sebelah bawah maqam nenek moyang beliau dari kalangan
anak-anak perempuan Rasulullah Saw.
Sungguh karya-karya Sayyid Ja'far telah membawa umat untuk selalu mengingat
Rasulullah Saw. Menjadikan umat lebih mencintai Rasulullah Saw. Menenggelamkan
umat dalam lautan rindu kepada Rasulullah Saw. Setiap kali karangannya dibaca,
sholawat dan salam selalu terlantunkan atas Baginda Nabi Agung Muhammad Saw.
Kegigihan Sayyid Ja’far dalam Menuntut Ilmu
Semasa kecilnya beliau telah belajar al-Quran dari Syeikh Ismail al-Yamani, dan
belajar tajwid serta memperbaiki bacaan dengan Syeikh Yusof as-Su’idi dan
Syeikh Syamsuddin al-Misri.
Diantara guru-guru beliau dalam ilmu agama dan syariat adalah:
• Sayyid Abdul Karim Haidar al-Barzanji
• Syeikh Yusuf al-Kurdi
• Sayyid Athiyatullah al-Hindi.
Beliau kemudian berhijrah dan menetap di Makkah selama lima tahun. Di sana
beliau belajar kepada para ulama besar, diantaranya:
• Syeikh Athallah ibn Ahmad al-Azhari
• Syeikh Abdul Wahab ath-Thanthowi al-Ahmadi
• Syeikh Ahmad al-Asybuli
Beliau juga telah mendapatkan ijazah dari para ulama besar, diantaranya:
• Syeikh Muhammad ath-Thoyib al-Fasi
• Sayyid Muhammad ath-Thobari
• Syeikh Muhammad ibn Hasan al-‘Ajimi
• Sayyid Musthofa al-Bakri
• Syeikh Abdullah asy-Syubrawi al-Misri
Penguasaannya dalam Ilmu Agama
Beliau banyak menguasai cabang-cabang ilmu agama diantaranya ialah Shorof,
Nahwu, Manthiq, Ma’ani, Bayan, Adab, Fiqh, Ushul Fiqh, Faraidh, Hisab,
Ushuluddin, Hadits, Ushul Hadits, Tafsir, Hikmah, Handasah, ‘Arudh, Kalam,
Lughat, Sirah, Qiraat, Suluk, Tasawwuf, Kutub Ahkam, Rijal, Mustholahul Hadits.
Karya-karya Beliau
Karangan beliau cukup banyak diantaranya adalah:
• Al-Birr al-‘Ajil bi Ijabat asy-Syeikh Muhammad al-Ghafil
• Jaliyat al-Kadr bi Asmai Ashshab Sayyid al-Malaik wa al-Basyar
• Jaliyat al-Kurb wa al-Ahadiyyin bi Asma’ Sayyid al-‘Ajam wa al-‘Arab fi Asma’
al-Badriyyin
• Al-Lujjainiy ad-Daniy fi Manaqib asy-Syeikh Abdil Qadir al-Jailaniy
• Ar-Raudh al-Mu’thar fi Maa Yuhaddi as-Sayyid Muhammad min al-Asy’al
• Asy-Syiqaq al-Atrijiyyah fi Manaqib al-Asyraf al-Barzanjiyyah
• Ath-Thawali’ al-As’adiyyah min al-Mathali’ al-Masyriqiyyah
• Al-‘Ariyn li Asma’ ash-Shabat al-Badriyyin
• Fath ar-Rahman ‘ala Ajwibat as-Sayyid Ramdhan
• Al-Faidh al-Lathif bi Ijabat Naib as-Sar’ asy-Syarif
• Nuhudh al-Laits li Jawab Abi al-Ghaits
• ‘Iqd al-Jauhar fi Maulid an-Nabiyyi al-Azhar (Maulid al-Barzanji).
Kemasyhuran Beliau
Beliau telah diakui banyak kalangan dan mendapat kedudukan yang dekat di sisi
pembesar Makkah dan Madinah, serta para menteri Kerajaan Utsmaniah. Kemasyhuran
dan kehebatan beliau telah menyebar ke seluruh pelosok dunia Islam.
Karangan-karangan beliau telah diterima dan dipuji oleh para ulama yang sezaman
denganya sehingga tersebarlah tulisan-tulisan beliau di kalangan para penuntut
ilmu.
Sifat-sifat Beliau
Beliau mempunyai akhlak yang terpuji, jiwa yang bersih, sangat pemaaf dan
pengampun, zuhud, amat berpegang dengan al-Quran dan as-Sunnah, wara’, banyak
berdzikir, senantiasa bertafakkur, mendahului dalam berbuat kebajikan, gemar
bersedekah, dan sangat pemurah.
Penutup
Dari biografi singkat Sayyid Ja’far Al-Barzanji di atas, jelaslah bagi kita
bahwa beliau bukanlah orang biasa. Bahkan beliau menjabat sebagai Mufti Madinah
al-Munawwarah cukup lama yang mana hal ini menunjukkan akan ketinggian ilmu
beliau dan kesalehan beliau.
Refferensi
• Al-Kawakib al-Anwar Syarh al-Maulid an-Nabawiy, karangan Sayyid Ja’far ibn
al-Barzanji (keturunan Sayyid Ja’far al-Barzanji) yang wafat pada tahun 1317
H/1899 M. Ditahqiq oleh Syeikh Nada Farj Darwisy, dan disimak oleh Institut
Pengkajian Akademik Universitas al-Azhar, cetakan Markaz ibn al-Athar li
at-Turats, halaman 647-650.
• Kasyf az-Zunun ‘an Asam al-Kutub wa al-Funun, karangan Haji Khalifah, cetakan
Dar al-Fikr, Beirut, tahun 1999 M, bab jim “Ja’far”, jilid 5, halaman 211.
• Al-Asybah wa an-Nadzair, karangan al-Imam Jalaluddin as-Suyuthiy, cetakan
ketiga Dar al-Kutub al-Ilmiah, Beirut, tahun 2005 M, jilid 2, halaman 225.
• Haul Ihtifaal bi Dzikra al-Maulid an-Nabawiy asy-Syarif, karangan Prof. Dr.
al-Muhaddits al-‘Alim al-‘Allamah as-Sayyid Muhammad bin ‘Alwi bin ‘Abbas
al-Maliki, cetakan al-Fithrah, Surabaya, halaman 99.
Sanad Maulid Barzanji
Maulid Barzanji merupakan kitab yang memuji dan menceritakan kehidupan
Rasulullah Saw., selalu dibaca dan dilantunkan orang ketika datangnya bulan
Rabi`ul Awwal di berbagai daerah dan negara seperti Indonesia, Malaysia,
Brunai, Singapura dan Thailand. Maulid Barzanji sangat terkenal dan populer di
Asia Tenggara, bahkan di sebagian tempat Maulid Barzanji dibaca ketika acara
perkawinan, acara khitanan, dan acara-acara lainnya.
Kitab Maulid Barzanji diserang dan diperangi oleh sebagian orang yang
menganggap acara Maulid Nabi Muhammad Saw. adalah salah satu perbuatan bid`ah,
tetapi permasalahan ini adalah masalah khilafiyah yang kebanyakkan umat islam
berpegang teguh dengan bolehnya mengadakan Maulid Nabi selama acara tersebut
tidak terdapat unsur atau hal-hal yang haram dan dilarang oleh Allah Swt. dan
Nabi Saw.
Maulid Barzanji adalah karangan dari seorang ulama besar terkemuka di masa
beliau, telah berhasil memberikan jasa dan peninggalan yang berharga bagi umat
islam. Nama lengkap pengarang Barzanji adalah Sayyid Ja`far bin Sayyid Hasan
bin Sayyid Abdul Karim bin Sayyid Muhammad bin Abdurrasul al-Barzanji al-Madani
asy-Syafi`i.
Beliau dilahirkan di kota Madinah. Beliau berasal dari golongan ulama besar
yang memiliki keilmuan yang tinggi, dan dari keturunan Rasulullah Saw. Beliau
memiliki sifat yang soleh dan penyantun, suka menolong orang lain, rajin
beribadah dan beramal soleh.
Syeikh Muhammad Khalil al-Muradi pengarang kitab Silku ad-Durar memuji beliau
dengan ungkapan sebagai berikut: “Beliau seorang Syeikh yang mulia lagi alim,
satu-satunya orang yang hebat di dalam segala bidang ilmu, Mufti madzhab
Syafi`iyyah di kota suci Madinah.” Selanjutnya Syeikh Muhammad Khalil al-Muradi
memuji lagi: “Beliau hebat di dalam berpidato dan membuat karangan, sehingga
beliau menjadi seorang Imam dan Khatib Masjid Nabawi, dan beliau juga seorang
tenaga pengajar di Masjid Nabawi. Menulis berbagai macam kitab yang bermanfa`at
dan karangan yang indah.”
Beliau meninggal dunia pada tahun 1177 hijriyyah sebagaimana yang telah
disebutkan di dalam kitab Silku ad-Durar. (Lihat dalam Silku ad-Durar fi A`yani
al-Qarni ats-Tsani ‘Asyar juz 13 halaman 2 karangan Syeikh Muhammad Khalil
al-Muradi al-Hanafi, terbitan Dar Sodir Bairut, cetakkan pertama tahun
1422-2001).
Sanad kepada Imam Ja`far al-Barzanji adalah, berkata al-Ustadz Muhammad Husni
Ginting bin Muhammad Hayat Ginting al-Langkati: “Saya meriwayatkan kitab Maulid
Barzanji dari Syeikh Saya al-Alim as-Syeikh Ahmad Damanhuri bin Arman
al-Banteni (w. 1426 H), beliau meriwayatkan dari gurunya al-Allamah
al-Muhaddits ast-Syeikh Umar Hamdan al-Mahrisi at-Tunisi al-Madani (w. 1368 H),
beliau meriwayatkan dari al-Allamah Syeikh Sayyid Ahmad bin Ismail al-Barzanji
Mufti madzhab Syafi`i di Madinah, beliau meriwayatkan dari ayahandanya Sayyid
Ismail bin Sayyid Zainal Abidin al-Barzanji, beliau meriwayatkan dari ayahnya
al-Allamah Sayyid Zainal Abidin bin Sayyid Muhammad Abdul Hadi al-Barzanji,
beliau meriwayatkan dari ayahandanya al-Allamah Sayyid Muhammad Abdul Hadi
al-Barzanji, beliau meriwayatkan dari pamannya al-Allamah al-Faqih Syeikh
Sayyid Ja`far bin Sayyid Hasan bin Sayyid Abdul Karim al-Barzanji pengarang
kitab Maulid al-Barzanji.”
Saya (al-Ustadz Muhammad Husni Ginting bin Muhammad Hayat Ginting al-Langkati)
al-Faqir al-Langkati mengijazahkan sanad khusus ini bagi siapa saja yang ingin
menerimanya, semoga berkat dan kita termasuk orang yang menyampaikan ilmu dan
amanat kepada umat islam.
Zaqaziq, Syarqia Mesir 12 Rabi`ul Awwal 1432 H. —
http://chemot-marley.blogspot.com/
Silahkan Bagikan Artikel ini
Mohon Maaf, Atas Ketidak Nyamanannya, Dengan adanya Shortener Di Link Download. Mohon Keridhoannya. Terima Kasih. Apabila kesulitan Download Silahkan buka/klik gambar (Cara Download) dibawah postingan. apabila masih kesulitan, silahkan copy paste link download yang ada kebrowser anda.*** Apabila ada link Download yg rusak/mati, mohon beritahu kami lewat komentar dibawah ini.
Related Posts :